Manfaat dan Kandungan Gizi Daging Domba

manfaat dan gizi daging domba


Ternakkambing.com-Daging Domba | Daging domba di Indonesia belum sepopuler seperti daging kambing. Jika daging kambing memiliki aroma yang khas yaitu berbau prengus, maka daging domba tidak memiliki aroma yang sama seperti daging kambing.

Beberapa faktor yang menyebabkan daging domba tidak sepopuler daging kambing adalah karena harga atau nilai daging domba yang tidak semahal daging kambing. selain itu, harga domba hidup yang lebih rendah daripada harga kambing.

Sebenarnya daging domba memiliki beragam manfaat yang hampir sama dengan daging kambing. akan tetapi, daging domba yang belum populer seperti daging kambing.
Baca juga: 5+ Manfaat [Daging Kambing] Untuk Kesehatan Terutama Bagi Pasangan Muda

Kandungan Gizi Daging Domba


Jumlah energi atau kalori


Daging domba memiliki jumlah energi yang cukup tinggi. Dari 100 gram daging domba terkandung energi atau kalori sebanyak 206 kkal.

Protein daging domba


Kandungan protein hewani yang terdapat pada daging domba cukup tinggi, dari 100 gram daging domba segar memiliki kandungan protein sebesar 17,1 gram.

Fosfor


Kandungan fosfor yang terdapat pada daging domba adalah 1,91 mg dari 100 gram daging domba segar.

Vitamin B


Salah satu vitamin yang terdapat pada daging domba adalah vitamin B1. Dari 100 gram daging domba, terdapat vitamin B1 sebanyak 0,15 gram. Selain vitamin B1, di dalam daging domba  terdapat juga vitamin B2 dan vitamin B12.

Selenium


Di dalam daging domba juga terdapat selenium yang memiliki beberapa manfaat bagi manusia. Selenium bagi tubuh memiliki manfaat sebagai salah satu antioksidan.

Kolesterol


Daging domba dan daging kambing sama-sama memiliki jumlah kolesterol yang tinggi. Akan tetapi ada perbedaan jenis kolesterol yang terkandung pada daging domba dan daging kambing.

Daging domba memiliki kandungan kolesterol baik yang memiliki manfaat cukup baik bagi tubuh. Jenis kolesterol yang terkandung dalam daging domba adalah HDL.

Manfaat Daging Domba


Beberapa manfaat daging domba bagi tubuh manusia adalah sebagai berikut:

  • Memberikan asupan energi yang tinggi bagi tubuh manusia karena kandungan kalori daging domba yang cukup tinggi. Kalori ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan jumlah kalori yang cukup tinggi per harinya.
  • Membantu pembentukan otot karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.
  • Membantu dalam pembentukan dan memperkuat tulang karena memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.
  • Daging domba bermanfaat untuk membantu mencegah osteoporosis. Kandungan fosfor yang terdapat cukup banyak pada daging domba dapat mencegah osteoporosis jika dikonsumsi dengan seimbang.
  • Daging domba juga dapat membantu mencegah terjadinya anemia. Daging domba bisa menambah jumlah sel darah merah karena memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.
  • Daging domba mampu menjadi antioksidan bagi tubuh karena mengandung vitamin B1, B2, dan B12 serta selenium.


Itulah tadi seputar Manfaat dan Kandungan Gizi Daging Domba yang perlu diketahui. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika masih ada hal yang perlu ditanyakan, silahkan tuiskan pertanyaan dan masukkan Anda pada kolom komentar di bawah ini.
Terima kasih.
Tulisan lainnya:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan Kandungan Gizi Daging Domba"

Posting Komentar