Vaksin Kambing dan Kegunaannya


Fungsi Vaksin Bagi Kambing

Ternakkambing.com-Kambing merupakan salah satu hewan ternak ruminansia pemakan rumput dan hijauan. Kambing diternak untuk diambil manfaat daging, susu, kulit dan juga bulunya. Dalam usaha budidaya kambing, tentunya tidak terlepas dari berbagai masalah terkait masalah kesehatan kambing. untuk mencegah berbagai penyakit pada kambing baik yang disebabkan oleh bakteri maupun virus, perlu dilakukan penanganan secara pasti dengan melakukan vaksin.
Baca juga : Ternak Kambing Etawa Pemula Tahap Demi Tahap
Vaksin adalah antibiotik buatan bagi mahluk hidup yang digunakan untuk mencegah serangan virus dan juga bakteri. Pemberian vaksin dilakukan dengan cara suntik. Selain vaksin, kambing juga biasanya membutuhkan antibiotik lainnya seperti vitamin B1, B2, maupun B complex untuk mencegah kambing mengalami sakit.
Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa

Penyuntikan Vitamin B pada Kambing

Vitamin B diberikan pada kambing sebanyak 3cc per ekor. Penyuntikan vitamin B dilakukan satu kali dalam satu bulan secara ideal. Vitamin B pada kambing memiliki fungsi berbagai macam. Vitamin B yang diberikan pada kambing secara umum menjaga kekebalan tubuh kambing dari serangan bakteri dan virus sehingga kambing tidak mudah sakit. Apabila kambing mengalami kekurangan vitamin B maka kambing akan menderita kelumpuhan. Kambing yang mengalami kelumpuhan biasanya akan lama disembuhkan bahkan bisa mengalami kematian.
Baca juga:
  1. Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)
  2. Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing
  3. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Vaksin Antraks

Untuk mencegah terjadinya serangan antraks yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang sistem organ tubuh ternak kambing, maka penyuntikan vaksin antraks sangatlah dianjurkan. Penyuntikan vaksin antraks dilakukan dengan menyuntikkan vaksin Septihamia Epizootika atau SE. Vaksin ini berfungsi mencegah penyakit ngorok pada ternak kambing dan ternak ruminansia lainnya. Pemberian vaksin antraks sangat penting karena sifat dari penyakit antraks yang sangat mematikan.

Kambing dan hewan ternak lainnya seperti domba, sapi, kerbau dan rusa yang terkena penyakit antraks akan mati dalam hitungan hari. Selain itu penyakit antraks juga bisa menular kepada manusia melalui daging kambing atau hewan ternak yang terkena antraks atau melalui kotoran, sentuhan dan peralatan kandang hewan ternak yang terkena penyakit antraks. Pemberantasan penyakit antraks dilakukan dengan memusnahkan kambing dan kandang serta alat-alat ternak kambing dengan cara dibakar dan dikubur.
Baca juga:
  1. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya
  2. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi

Suntik Cacing

Suntik Cacing pada kambing bertujuan untuk membunuh cacing yang terdapat pada tubuh cacing. Cacing di dalam tubuh ternak sangat merugikan karena menghambat pertumbuhan hewan ternak. Beberapa merk obat cacing yang diberikan dengan cara disuntikkan adalah Wormectin.

Itulah ulasan mengenai vaksin pada kambing yang perlu diberikan secara rutin guna mencegah timbulnya berbagai penyakit mematikan. Semoga tulisan tentang Vaksin Kambing dan Kegunaannya dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada pertanyaan atau masukan, silahkan tuliskan di kolom di bawah tulisan ini. Mohon maaf jika tulisan yang kami buat kurang lengkap. Terima kasih sudah membaca tulisan ini.
Tulisan terkait:
  1. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  2. Cara Kawin Suntik Kambing
  3. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  4. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  5. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa
  6. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap
  7. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Vaksin Kambing dan Kegunaannya"

Posting Komentar