Ukuran Kandang Kambing Untuk Penggemukan Lengkap


Kandang Kambing

Ternakkambing.com-Kandang kambing merupakan tempat berteduh dan berkembang biak kambing serta sebagai tempat kambing untuk melakukan segala aktifitasnya. Kandang kambing hendaknya memiliki ukuran yang tepat sesuai jenis, umur dan kebutuhannya. Dalam tulisan kali ini akan kita bahas mengenai ukuran kandang kambing penggemukan lengkap. Kandang kambing yang baik harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut ini:
  • Kandang kambing hendaknya memiliki ventilasi udara yang baik
  • Lantai kandang kambing tidak menyentuh atau menempel tanah. Jarak lantai kandang dengan tanah sebaiknya sekitar 50 cm dari permukaan tanah yang dibuat panggung
  • Terdapat lubang antar kayu reng untuk memudahkan terjatuhnya kotoran kambing dan kencing ke bawah kandang
  • Kandang kambing hendaknya memiliki lubang pada lantai dasar kandang sebagai penampung kotoran dengan kedalaman 10-15 cm
  • Lantai dasar kandang kambing dibuat miring dengan kemiringan 10-30 derajat untuk memudahkan pembersihan kotoran kambing di bawah kandang (Mulyono dkk, 2002: 26).

Baca juga: Lantai Kandang Kambing Yang Baik

Jenis-jenis Kandang Kambing

Berikut ini jenis-jenis kandang kambing yang perlu ada dalam usaha ternak kambing.

Kandang Pejantan

Kandang pejantan diperuntukkan sebagai tempat mengawinkan kambing secara teratur dan terarah. Kandang pejantan memiliki ukuran 2,5-3m persegi per ekor. Masing-masing pejantan perlu dipisahkan satu sama lain untuk menghindari terjadinya perkelahian antar pejantan.

Kandang Indukan

Kandang indukan berfungsi untuk memisahkan indukan kambing yang sedang bunting dari kambing lainnya. Induk kambing dipisahkan dari kambing lainnya supaya indukan bunting terlindungi dari tandukan atau desakkan dari kambing lainnya. Kandang indukan memiliki ukuran lantai seluas 1,0 m x 1,5 m, dan anaknya 0,2 m x 0,2 m per ekor.

Ukuran Kandang Kambing Penggemukan atau Kandang Pembesaran

Kandang pembesaran berfungsi untuk memlihara kambing lepas sapih sampai usia remaja. Pemeliharaan kambing usia lepas sapih sampai remaja dilakukan secara berkelompok atau secara sendiri-sendiri. Kambing hanya melakukan aktifitas makan, minum dan tidur sepuasnya di kandang ini. Kandang pembesaran atau penggemukan ini juga memiliki fungsi sebagai kandang koloni artinya untuk memisahkan kambing pejantan dengan betina dan membesarkannya sampai kambing siap jual atau sampai bunting. Kandnag kambing untuk pembesaran adalah berukuran 1-2 meter persegi per ekor. Maksimal jumlah kambing dalam kandang pembesaran ukuran 100 meter – 120 meter persegi adalah 50 hingga 60 ekor. Itulah ukuran ideal kambing penggemukan usia lepas sapih sampai remaja.

Itulah bahasan mengenai ukuran kandang kambing yang perlu kita ketahui. Semoga tulisan tentang Ukuran Kandang Kambing Untuk Penggemukan Lengkap dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Daftar Pustaka
Mulyono, Subangkit dkk. 2002. Penggemukan Kambing Potong. Bogor: Penebar Swadaya.

Tulisan lainnya:
  1. Konsentrat Kambing Pedaging Bernutrisi
  2. Pakan Kambing Etawa Super 2
  3. Pakan Kambing Etawa Super 1
  4. Jenis Kambing Jawa Super
  5. Cara Ternak Kambing Modern Yang Benar
  6. Tips ternak Kambing Agar Sukses



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ukuran Kandang Kambing Untuk Penggemukan Lengkap"

Posting Komentar