Ukuran Kandang Kambing Etawa Efektif


Fungsi Kandang

Ternakkambing.com-Kandang adalah tempat dimana ternak bertumbuh dan berkembang. Kandang menjadi tampat bagi kambing untuk beraktifitas. Desain Kandang perlu dibuat dengan secermat mungkin dengan memperhatikan aturan-aturan kandang kambing. desain kandang kambing seharusnya memiliki tempat sirkulasi untuk aliran udara guna memberi oksigen bagi kambing. ukuran kandang kambing juga tidak boleh terlalu sempit dan terlalu pada. Ukuran kandang kambing yang baik harus memperhatikan resiko yang ditimbulkan oleh aktifitas kambing itu sendiri. Berikut ini merupakan fungsi kandang kambing terkait dengan ukuran kandang kambing etawa.
Baca juga:
  1. Ternak Kambing Etawa Pemula Tahap Demi Tahap
  2. Ternak Kambing Etawa Kaligesing Tahap demi Tahap
  3. Penyebab Kematian Pada Anak Kambing


  • Ukuran kandang kambing etawa ditentukan oleh jumlah dan besarnya kambing etawa yang kita pelihara. Kandang kambing berfungsi sebagai tempat kambing berada dan beraktifitas. Oleh karena itu ukuran kandang kambing hendaknya sesuai dengan ukuran tubuh kambing etawa.

  • Kandang kambing menjadi tempat bagi kambing untuk beristirahat. Oleh karena itu ukuran kandang kambing hendaknya dibuat agar mencukupi kebutuhan kambing untuk istirahat. Jangan sampai ukuran kandang kambing etawa yang terlalu sempit membuat kambing susah beristirahat karena berhimpitan dengan kambing lainnya.
Baca juga:
  1. Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)
  2. Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing
  3. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya

  • Fungsi kandang kambing berikutnya adalah untuk melindungi kambing dari berbagai parasit seperti cacing, ulat, srangga dan sebagainya. Ukuran kandang kambing etawa sebaiknya dibuat tinggi antara lantai panggung dengan lantai dasar kandang kambing karena difungsikan untuk menghindarkan kambing dari serangan parasit-parasit tersebut.


Itulah fungsi dari kandang kambing etawa yang perlu diperhatikan ukuran kandang kambing etawa untuk memperlancar aktifitas dan perkembangan kambing etawa.


Ukuran Kandang Kambing

Ukuran kandang kambing sebenarnya berbeda-beda. Ukuran kandang kambing tergantung dari jenis kambing yang dipelihara, usia kambing, dan jenis kelamin kambing. selain itu ukuran kandang kambing juga tergantung sekali dengan tujuan peternakan itu sendiri. Jika tujuan peternakan adalah penggemukan maka ukuran kandang kambing yang tepat adalah 2 kali 1 meter atau jenis kandang baterei.
Baca juga:
  1. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya
  2. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi

Untuk lebih mengerti tentang ukuran kandang kambing etawa marilah kita baca sedikit tentang gambaran ukuran kandang kambing etawa yang tepat.

Ukuran kandang kambing etawa jantan

Kandang kambing etawa jantan umumnya dikandangkan dengan sistem  baterei. Kandang baterei memungkinkan kambing etawa jantan tidak tercampur dengan kambing pejantan etawa lainnya. selain itu ukuran kandang kambing etawa dengan model baterei memungkinkan tidak terjadinya perkawinan sedarah atau inbreeding antara kambing etawa jantan dengan betina yang katurunannya atau saudaranya. Ukuran kandang kambing etawa jantan adalah 2m x 1m. Ukuran kandang kambing etawa jantan tersebut adalah ukuran normal yang sudah dipertimbangkan berkaitan dengan aktifitas kambing etawa janta di kandang bateri tersebut.
Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa

Ukuran kandang kambing etawa betina

Ukuran kandang kambing etawa betina tergantung dari kondisinya. Jika kambing etawa betina masih dalam masa pertumbuhan dan belum saatnya untuk dikawinkan atau belum bunting, maka ukuran kambing etawa betina yang tepat adalah berukuran 2m x 4m. Sedangkan ukuran kandang kambing etawa betina yang sedang buntinga adalah 2m x 2m. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang gerak kambing bunting yang dikhawatirkan akan mengalami stres dan berakibat buruk bagi anak yang dikandung kambing etawa betina.

Itulah ulasan mengenai ukuran kandang kambing etawa baik jantan maupun betina. Semoga tulisan tentang Ukuran Kandang Kambing Etawa Efektif ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Mohon maaf jika masih terdapat banyak kekurangan dalam tulisan ini. Jika ada pertanyaan dan masukan silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah tulisan ini. Terima kasih.
Tulisan terkait:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ukuran Kandang Kambing Etawa Efektif"

Posting Komentar