Ternak Kambing Modal 5 Juta


Peluang Usaha Ternak

Ternakkambing.com-Saat ini, banyak sekali orang bingung untuk membuat usaha atau bisnis. Beberapa orang mengeluhkan terbatasnya modal untuk menjalankan usaha dengan modal kecil. Atau terkadang orang bingung untuk memulai suatu usaha karena takut akan mengalami kesulitan dalam memasarkan usahanya. Padahal, banyak sekali usaha yang dapat dijalankan dengan modal yang kecil terlebih dahulu dan masih memiliki peluang pasar yang luas. Salah satu usaha yang masih memiliki peluang pasar adalah ternak kambing. Ternak kambing modal 5 juta bisa dilakukan jika kita mempunyai niat yang kuat dan juga ketekunan untuk menjalankan usaha ternak kambing.

Ternak kambing bisa dijalankan dengan berbagai cara, dan tentunya dengan modal 5 juta pun kita bisa menjalankan usaha ternak kambing. Ternak kambing modal 5 juta harus dijalankan dengan beberapa ketentuan. Ketentuan ini bertujuan untuk menjaga kemajuan usaha sehingga usaha ternak kambing 5 juta bisa berkembang menjadi lebih besar lagi.


Syarat Usaha Ternak Kambing Modal 5 Juta

Beberapa syarat untuk memulai usaha ternak kambing modal 5 juta adalah sebagai berikut:

Memiliki Tempat atau Kandang Kambing

Untuk menjalankan usaha ternak kambing modal 5 juta hendaknya anda sudah memiliki kandang kambing dengan ukuran minimal 2 m x 10 m. Hal ini di luar modal 5 juta untuk menjalankan usaha ternka kambing. Ada berbagai cara untuk memiliki kandang dengan modal kecil pada awal usaah ternak kambing. Beberapa cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang memiliki harga murah tapi masih memiliki kualitas tahan lama dan tidak membahayakan ternak yang kita pelihara. Bahan-bahan tersebut di antaranya adalah dengan menggunakan bambu jika kita memiliki tanaman bambu atau dengan membeli kayu bekas rumah yang sudah dibongkar. Dengan cara ini, kita masih bisa membuat kandang dengan biaya yang cukup murah.

Terdapat Perkebunan di Sekitar Anda

Tersedianya perkebunan di sekitar kita akan memudahkan kita untuk mendapatkan sumber pangan bagi ternak kambing. Bahkan, kita bisa mendapatkan makanan untuk ternak kita dengan gratis. Beberapa perkebunan yang dapat mendukung usaha ternak adalah kebun nangka, kebun kakao, kebun kayu akasiah, kebun kayu albasiah dan perkebunan lain yang menghasilkan dedaunan yang disukai oleh kambing.

Memiliki Pengetahuan Dasar Tentang Ternak

Pengetahuan dasar tentang ternak sangat penting karena hal ini akan sangat mendukung anda untuk menjalankan usaha ternak kambing modal 5 juta. Dengan pengetahuan dasar tentang pakan dan teknologi pakan, maka kita bisa memanfaatkan segala sumberdaya dan limbah pertanian yang ada di sekitar kita untuk digunakan sebagai pakan ternak.
Baca juga : Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Dengan EM4 Secara Tepat


Ketekunan dan Kesabaran

Hal ini memang seperti tidak ada kaitannya dengan apa yang akan kita lakukan. Akan tetapi, tidak ada usaha yang berhasil tanpa dijalankan dengan ketekunan dan kesabaran. Sama halnya dengan usaha ternak kambing modal 5 juta akan berhasil jika kita menjalankannya dengan ketekunan dan kesabaran.

Putar Lagi Keuntungan Yang Didapat

Beberapa hal yang harus dilakukan setelah kita mendapatkan keuntungan daru usaha yang kita jalankan adalah jangan lupa untuk mengembalikan modal pada usaha yang kita mulai. Lebih baik lagi jika keuntungan yang kita dapatkan kita tambahkan sebagai modal supaya usaha yang kita jalankan bertambah maju.


Langkah-langkah Usaha Ternak Kambing Modal 5 Juta

Beberapa langkah usaha ternak kambing modal 5 juta adalah sebagai berikut.
  • Belilah pejantan kambing dengan harga rata-rata per ekor adalah 600 ribu sampai 700 ribu. Dengan modal sebanyak 5 juta kita bisa mendapatkan 7 sampai 8 ekor kambing. Usahakan untuk mengawali usaha ternak kambing modal 5 juta pada sekitar 6 bulan sebelum idul adha. Hal ini untuk menyiasati agar anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dan mudah memasarkan kambing.
  • Peliharalah kambing di kandang dengan memberikan sekat sehingga kambing tidak berkelahi ataupun berebut makanan yang bisa menghambat pertumbuhan kambing.
  • Pemeliharaan dilakuakan seperti pembesaran kambing pada umumnya. Kita bisa menggunakan pakan fermentasi untuk menghemat penggunaan konsentrat dan juga untuk menyediakan pakan secara kotinyu.
  • Setelah kambing berusia sekitar 12 bulan, kita bisa menjualnya sebagai kambing kurban dengan kisaran harga yang sudah mencapai 1,4 juta sampai 1,7 juta rupiah per ekor.

Itulah sedikit bahasan mengenai usaha ternak kambing dengan modal 5 juta. Semoga tulisan tentang Usaha Ternak Kambing Modal 5 Juta dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.
Tulisan lain:
  1. Manfaat Susu Kambing Etawa Lengkap
  2. Pakan Ternak Kambing Alternatif Yang Baik
  3. Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Kambing Jawa Efektif
  4. Ukuran Kandang Kambing Untuk Penggemukan Lengkap
  5. Lantai Kandang Kambing Yang Baik
  6. Konsentrat Kambing Pedaging Bernutrisi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternak Kambing Modal 5 Juta"

Posting Komentar