Ternak Kambing Etawa Pemula Tahap Demi Tahap


Ternak Kambing Etawa

Ternakkambing.com-usaha ternak kambing etawa adalah usaha yang menjanjikan saat ini. Selain kita bisa menjual kambing dari anakan yang kita hasil dari budidaya, kita juga bisa mendapatkan unung dari hasil penjualan susu kambing etawa yang memiliki harga yang tinggi mencapai Rp 50.000,- per liternya. Ternak kambing etawa saat ini sedang populer terbukti dengan adanya kontes kambng etawa yang memperebutkan juara kambing dengan postur dan ukuran yang besar dan juga tinggi.
Baca juga:
  1. Penyebab Kematian Pada Anak Kambing
  2. Penyakit Yang menyerang Ambing Kambing Peranakan Etawa

Alasan memilih jenis kambng etawa sebagai ternak

Alasan utama memilih kambing etawa sebagai jenis kambing yang dikembangbiakkan adalah karena kambing etawa lebih menguntungkan daripada jenis kambing lainnya. beberapa sebab kambing etawa dikatakan lebih menguntungkan daripada jenis kambing lainnya adalah karena beberapa hal berikut ini.
  • Kambing etawa mampu memproduksi susu dalam jumlah yang tinggi per harinya mencapai 5 liter
  • Susu kambing etawa memiliki harga yang lumayan tinggi mencapai Rp 50.000,- per liter. Maka dari satu ekor kambing saja kita bisa mendapatkan pemasukan sebesar Rp 50.000,-.
  • Harga kambing etawa yang tinggi. Dengan harga kambing etawa yang sedang tinggi maka kita tidak perlu megkhawatirkan nilai jual dari kambing pejantan yang tidak termasuk mampu memproduksi susu kambing. harga kambing etawa jantan bisa mncapai 7 juta sampai puluhan juta rupiah.
  • Kambing etawa merupakan kambing yang dicari-cari para peternak saat ini. Kebutuhan kambng etawa begitu tinggi karena semakin banyak orang yang mencari pejantan maupun betina kambing etawa untuk dijadikan indukan
  • Pasar ekspor kambing etawa terbuka lebar. Malaysia menjadi salah satu negara yang selalu membutuhkan kambing etawa. Di malaysia sendiri jumlah kambing tidak mencukupi kebutuhan pasar yang ada di negara tersebut.
  • Selain mendapatkan keuntungan dari penjualan kambing dan susu, saat ini pupuk kandanga atau pupuk dari kotoran ternak kambing masih sangat banyak pencarinya. Alasannya adalah karena para petani organik membutuhkan pupuk organik yang berkualitas bagus.


Tahapan Ternak Kambing Etawa Pemula

Bagi para peternak pemula yang ingin mencoba peruntungan ternak kambing etawa maka ada baiknya untuk membaca tahapan-tahapan yang ada di sini.
Baca juga:
  1. Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)
  2. Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing
  3. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Pemilihan Kambing etawa

Saat ini banyak juga jenis kambing etawa yang sudah terlalu banyak terjadi perkawinan silang dengan jenis kambing lokal atau kambing kacang. Persilangan ini menimbulkan penurunan kualitas genetik kambing etawa sehingga kemungkinan akan terjadi penurunan jumlah produksi susu kambing etawa. Penurunan jumlah produksi susu kambing etawa sangat berpengaruh terhadap penghasilan yang didapatkan karena tujuan utama pemeliharaan kambing etawa adalah produksi susu tersebut. Untuk mendapatkan jenis kambing etawa yang berkualitas lebih baik jika peternak pemula  berlonsultasi dan mencari bibit di peternak yang sudah sukses dan berpenghasilan.

Pembuatan Kandang Kambing Etawa

Pembuatan kandang kambing etawa bagi para peternak kambing etawa pemula hendaknya memperhatikan efisiensi dan keselamatan kambing etawa. Tidak masalah jika biaya awal pembuatan kandang kambing etawa memrlukan biaya yang tinggi karena harus membuat kandang kambing dengan sistem panggung yang tentunya membutuhkan jumlah kayu yang banyak dengan harga yang tinggi. Untuk jenis kandang kambing etawa bagi pemula disarankan untuk membuat kandang sistem panggung dengan membuat kandang baterai berukuran 2 x 1,5 untuk satu  ternak kambing betina menyusui.
Baca juga:
  1. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya
  2. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi

Pemberian Pakan Kambing Etawa pemula

Pemberian pakan kambing etawa bagi pemula cukup dengan mengikuti apa yang ada di buku panduan ternak kambing etawa. Atau dengan cara yang saya paparkan di sini yaitu dengan memberikan hijauan tanpa di batasi terutama bagi kambing menyusui dan ditambah konsentrat sebanyak 0,5 kg per ekor per hari.

Pemberian vaksin

Pemberian vaksin pada kambing hendaknya diberikan pada kambing yang belum memasuki usia bunting, hal ini bertujuan untuk membuat kambing tidak stres dan tidak didahului masuknya virus yang menyebabkan janin kambing mengalami kecacatan.

Pemberian obat cacing

Pemberian obat cacing ternak kambing etawa pemula dilakukan secara rutin selama setengah tahun sekali sebelum kambing bunting. Hal ini bertujuan untuk membuat kambing tidak cacingan yang akan berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan kambing etawa.
Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa

Pemerahan susu kambing etawa pemula

Prosedur pemerahan susu kambing etawa pemula hendaknya selalu memperhatikan kebersihan tangan dan wadah serta tempat pemerahan. Pemerahan susu kambing etawa dilakukan secara rutin pada pagi dan sore hari. 

Pemisahan anak kambing dengan induk kambing etawa

Pemisahan atau penempatan anak kambing pada usia 1 bulan ke atas dari induknya bertujuan untuk memudahkan peternak melakukan pemerahan susu kambing. jika anak kambing terus-menerus dicampurkan dengan induk kambing maka susu yang dihasilkan akan dihabiskan oleh anak kambing tersebut.

Penggantian susu sapi formula untuk anak kambing

Anak kambing yang masih berusia satu sampai empat bulan masih membutuhkan asupan susu untuk kebutuhan pertumbuhan tulang dan otot. Oleh karena itu sebaiknya peternak membelikan susu sapi formula kemasan untuk anakan kambing agar tidak terjadi defisiensi nutrisi yang menghambat pertumbuhan anak kambing.

Itulah ulasan mengenai ternak kambing etawa bagi pemula. Semoga tulisan tentang Ternak Kambing Etawa Pemula Tahap demi Tahap dapat bermanfaat bagi para pembaca. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan tulisan ini. Silahkan tuliskan masukan dan pertanyaan dengan menuliskannya pada kolom di bawah tulisan ini. Terima kasih.
Tulisan terkait:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternak Kambing Etawa Pemula Tahap Demi Tahap"

Posting Komentar