Ternak Kambing Etawa Kaligesing Tahap demi Tahap


Kambing Etawa Kaligesing

Ternakkambing.com-Kambing etawa kaligesing memiliki ukuran tubuh yang tinggi dan besar. Kambing etawa kaligesing memiliki rekor yang bagus dalam kontes kambing nasional di Indonesia. Kambing etawa kaligesiang adalah jenis kambing peranakan etawa atau jamnapari dari India yang dulunya oleh dinas peternakan Kaligesing kambing tersebut dikembangkan di wilayah kaligesing. Kambing etawa kaligesing secara umum masih memiliki garis keturunan yang sangat dekat dengan kambing Jamnapari India sehingga kambing etawa kaligesing mampu memproduksi susu yang tidak kalah jauh dari nenek moyangnya yaitu kambing Jamnapari.
Baca juga:
  1. Penyebab Kematian Pada Anak Kambing
  2. Penyakit Yang menyerang Ambing Kambing Peranakan Etawa

Ciri-ciri Kambing Etawa Kaligesing

Kambing Etawa kaligesing memiliki ciri-ciri yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan kambing etawa di luar kaligesing yang sudah mengalami persilangan dengan jenis kambing lainnya yang bukan dari jalur keturunan kambing etawa atau jamnapari. Berikut ini ciri-ciri yang terdapat pada kambing etawa kaligesing:

  • Kambing etawa kaligesing memiliki bentuk dahi yang cembung atau cunong. Bentuk dahi kambing etawa kaligesing hampir seperti lengkungan setengah bentuk bola.
  • Kambing etawa kaligesing memiliki bentuk mata yang terlihat kecil dan sempit dan tersembunyi oleh pipi kambing yang cembung.
  • Kambing etawa kaligesing memiliki gumba yang lebar seperti gumba yang terdapat pada sapi.
  • Kambing etawa kaligesing memiliki telinga yang panjang dan menggantung ke bawah dengan panjang mencapai 25cm – 30cm.
  • Kambing etawa kaligesing memiliki bentuk mulut yang cadil seperti bentuk mulut yang dimiliki nenek moyangnya kambing jamnapari India.
  • Kambing etawa kaligesing memiliki hidung yang sangat oesek bahkan hampir seperti tidk memiliki hidung jika kita perhatikan dari samping kambing.
  • Warna kambing etawa kaligesing hanya terdapat dua warna yang menjadi ciri khas kambing etawa kaligesing. Warna yang terdapat pada kambing etawa kaligesing yaitu warna putih di bagian tubuh dan warna hitam di bagian kepala atau warna merah kecoklatan di bagian kepala sementara tubuhnya berwarna putih.
  • Kambing etawa kaligesing memiliki bulu yang panjang yang terdapat pada bagian paha kambing. panjangnya rata-rata adalah 24 cm.
  • Bentuk kaki kambing etawa kaligesing tinggi dan lulus serta terlihat kuat dan besar. Kaki ini berfungsi untuk menopang badan kambnig etawa yang besar.


Produktifitas Kambing Etawa Kaligesing

Kambing etawa kaligesing memiliki masa produktifitas yang tergolong tinggi. Kambing etawa kaligesing mampu berproduksi hingga 6 bulan setelah melahirkan. Dari lamanya waktu inilah kambing etawa kaligesing memiliki rekor yang bagus sebagai kambing penghasil susu.
Baca juga:
  1. Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)
  2. Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing
  3. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Perawatan Kambing Etawa Kaligesing

Perawatan kambing etawa kaligesing sebenarnya tidak begitu sulit. Peternak kambing etawa kaligesing hanya perlu untuk membuat manajemen peternakan kambing dengan langkah manajemen yang tepat dan juga benar. Berikut ini beberapa perawatan yang perlu dilakuakn dalam pemeliharaan kambing etawa kaligesing.

Pemberian Vaksin kambing etawa kaligesing

Pemberian vaksin bagi kambing etawa kaligesing sangat penting mengingat adanya ancaman penyakit mematikan seperti antraks, PMK dan ngorok. Penyuntikan vaksin terhadap kambing etawa kaligesing hendaknya dilakuakn di awal kambing etawa kaligesing didatangkan agar kambing etawa kaligesing yang dalam kondisi kelelahan tidak mudah terserang berbagai penyakit berbahaya.

Pemberian Obat Cacing dan Antibiotik pada kambing etawa kaligesing

Pemberian obat cacing dan antibiotik sebaiknya diberikan pada kambnig etawa kaligesing pada awal kambing etawa kaligesing didatangkan. Pemberian obat cacing ini berfungsi untuk membunuh bibit cacing yang dapat menghambat pertumbuhan dan produksi kambing etawa kaligesing. Pemberian antibiotik juga penting dilakukan pada kambing etawa kaligesing untuk emncegah kambing etawa kaligesing mengalami stres dan sakit.
Baca juga:
  1. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya
  2. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi

Pemotongan kuku kambing etawa kaligesing

Pemotongan kuku kambing etawa kaligesing bertujuan untuk menjaga kesehatan kambing etawa kaligesing. Pemotongan kuku kambing etawa kaligesing memungkinkan kambing terjaga kesehatannya karena kuku kambing etawa kaligesing tidak menjadi tempat bersarang bakteri dan organisme penyebab penyakit kambing etawa kaligesing.

Pemberian pakan kambing etawa kaligesing

Pemberian pakan kambing etawa kaligesing sebaiknya memperhatikan jenis kelamin kambing etawa kaligesing, umur kambing etawa kaligesing dan juga kondisi kambing etawa kaligesing. Secara umum untuk pemberian pakan kambing etawa kaligesing adalah dengan memberikan rumput atau hijauan seperti rumput odot, rumput gajah, daun nangka, daun jambu biji dan hijauan yang yang ditambahkan konsentrat sebanyak 0,5 kg per ekor kambing etawa kaligesing dewasa.


Pencatatan Kambing Etawa Kaligesing

Mengingat kambing etawa kaligesing merupakan jenis kambing etawa yang memiliki rekor yang bagus di antara jenis-jenis kambing etawa di Indonesia maka penting sekali bagi para peternak untuk dapat mencatat identitas kambing etawa kaligesing. Dengan pencatatan ini maka akan dengan mudah diketahui riwayat keturunan kambing etawa kaligesing sehingga tidak terjadi perkawinan sedarah atau inbreeding yang akan menurunkan kualitas genetik kambing etawa kaligesing. Dengan pencatatan identitas kambing etawa kaligesing juga akan memudahkan peternak untuk emmbuat jadwal perkawinan indukan sehingga tidak terjadi masa menganggur kambing tidak memproduksi susu kambingetawa kaligesing.
Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa
Itulah ulasan ternak kambing etawa kaligesing. Semoga tulisan tentang Ternak Kambing Etawa Kaligesing Tahap demi Tahap dapat bermanfaat bagi para pembaca. Mohon maaf jika tulisan yang kami buat ini masih ada banyak kesalahan dan kekurangan. Silahkan tulis masukan dan pertanyaan jika ada hal yang ingin disampaikan. Terima kasih telah membaca tulisan ini.
Tulisan terkait:
  1. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  2. Cara Kawin Suntik Kambing
  3. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  4. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  5. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa
  6. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap
  7. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternak Kambing Etawa Kaligesing Tahap demi Tahap"

Posting Komentar