Penyebab Kematian Pada Anak Kambing


Faktor-faktor Kematian Kambing

Ternakkambing.com-Ternak kambing adalah suatu usaha yang menjanjikan dan dapat menghibur bagi peternak kambing yang memang hobi umtuk menggeluti peternakan kambing. Akan tetapi banyak juga kendala yang kadang membuat para peternak kambing tersandung dengan kendala-kendala tersebut. Salah satu contoh kendala yang kerap kali diderita oleh para peternak kambing adalah adanya kematian ternaknya seperti kematian anak kambing. Tentunya hal ini akan sangat memukul perasaan peternak kambing sehingga menjadi kecewa dan terkadang sampai putus asa dan akhirnya berhenti untuk ternak kambing. 
Baca juga: Penyakit Yang menyerang Ambing Kambing Peranakan Etawa
Sebetulnya untuk menghindari atau mengurangi resiko kematian kambing dan anak kambing dapat kita lakukan dengan pemahaman yang mendalam tentang ilmu ternka kambing terutama masalah pakan dan penyakit kambing. apabila kedua hal tersebut sudah sangat dikuasai, maka kejadian kematian kambing dan anak kambing akan sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi. 
Baca juga:
  1. Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)
  2. Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing
  3. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya
Masalah yang ada di lapangan bagi para peternak kambing sendiri sebenarnya adalah tentang pengetahuan dalam budidaya kambing. sudah sepatutnya para peternak kambing menggali lebih jauh pengetahuan tentang ternak kambing untuk menjalankan usaha ternaknya sehingga dapat berjalan dengan optimal. Berbagai faktor yang sering menjadi penyebab kematian kambing maupun anak kambing bermacam-macam mulai dari penyakit, nutrisi makanan dan bahkan hal yang paling mendasar yakni masalah kandang. Berikut ini akan kita bahas mengenai faktor-faktor penyebab kematian anak kambing pra sapih.


Faktor-faktor Penyebab Kematian Anak Kambing Pra Sapih

Salah satu penyebab kematian kambing pra sapih adalah indukan kambing yang tidak bisa melahirkan. Banyak faktor yang  menyebabkan indukan kambing mengalami kesulitan dalam melahirkan anaknya yakni:

Indukan memiliki tulang pinggul yang kecil

Indukan memiliki kesulitan melahirkan biasanya karena indukan baru pertama bunting. Bobot lahir kambing yang terlalu besar yang disebabkan karena nutrisi yang terlalu tinggi protein dan hasil persilangan dengan pejantan besar.


Posisi janin saat akan dilahiran tidak normal atau sungsang

Posisi janin kembar yang tidak normal yang mengganggu kelahiran kambing. Indukan kambing yang mengalami kesulitan melahirkan jika tidak mendapatkan pertolongan dari peternak atau tenaga medis akan mengalami kematian karena terjadi kehabisan tenaga saat melahirkan.


Jumlah anakan yang dilahirkan

Beberapa kasus kematian kambing baik pada anakan maupun indukan disebabkan oleh meningkatnya jumlah anakan yang dilahirkan oleh kambing. hal yang menjadi penyebab kematian kambing adalah rendahnya bobot lahir anakan karena harus berbagi nutrisi dengan kembarannya. Selain itu, jika anakan berhasil dilahirkan maka ada kemungkinan induk kambing tidak bisa memproduksi jumlah susu yang cukup untuk anaknya. Hal ini sering terjadi pada kambing tipe pedaging yang tidak bisa memproduksi susu dalam jumlah banyak. Salah satu upaya untuk menghindari kematian pada anakan kambing ini adalah dengan memberikan nutrisi yang cukup bagi indukan kambing yag sedang bunting.
Baca juga:
  1. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya
  2. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi

Sifat Keindukan Kambing (Mothering ability)

Beberapa kambing ada yang kurang memiliki sifat keindukan sehingga tidak mau menyusui anakannya. Pada kasus seperti ini sering ditemukan anakan kambing akan mati dalam dua atau tiga hari karena induk kambing tidak mau membiarkan anaknya menyusu. Padahal, fase minggu pertama kambing melahirkan membutuhkan banyak susu dari induknya karena mengandung kolostrum yang berkhasiat untuk membantu anak kambing memiliki daya imun sampai dibawa ke dewasa.

Faktor Inbreeding

Seringkali peternak yang tidak memiliki pengetahuan dasar tentang ternak mengawinkan kambing betinanya dengan pejantan yang masih emmiliki kekerabatan yang erat seperti dengan kembarannya ataupun dengan saudaranya yang lebih tua. Dengan perlakuan inbreeding ini dapat menyebabkan kambing mengalami decresi sifat unggul. Perkawinan yang masih sedarah pada kambing akan memunculkan sifat buruk pada anakan seperti mudah terserang penyakit dan sebagainya.


Kondisi Iklim

Kondisi iklim yang terlalu ekstrim dapat menyebabkan anak kambing pra sapih mengalami kematian. Hal ini terjadi karena anak kambing secara fisik belum bisa menyesuaikan dengan baik kondisi atau cuaca yang ekstrim sehingga anak kambing akan sakit sampai mengalami kematian. Banyak beberapa kasus yang terjadi karena suhu udara yang terlalu dingin menyebabkan anak kambing mati kedinginan.


Bobot Lahir Anakan Kambing Terlalu Tinggi

Anak kambing yang terlalu besar sulit keluar saat dilahirkan. Hal ini akan berakibat pada kematian anak kambing dan juga induknya. Beberapa hal yang mengakibatkan bobot lahir terlalu tinggi adalah komposisi protein yang sangat tinggi yang terkandung pada ransum. Komposisi protein yang terlalu tinggi menyebabkan pertumbuhan janin kambing terlalu besar saat di dalam rahim induknya.
Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa

Tata Laksana Pemberian Pakan Kambing

Kekurangan nutrisi pada pakan seperti kekurangan protein maupun energi dan juga serat pada pakan kambing juga dapat berdampak buruk pada kambing. hal tersebut akan berpengaruh terhadap induk kambing yang melemah karena harus berbagi nutrisi dengan janinnya. Selain itu, anak kambing yang baru dilahirkan akan mengalami kondisi lemah karena nutrisi yang didapat saat di dalam perut induknya kurang. Susu yang dihasilkan oleh induk kambing juga akan sangat sedikit. Hal tersebut bisa membawa anak kambing maupun induk kambing mengalami kematian.

Perawatan

Kondisi kandang nglemprak dan tidak terjaga kebersihannya serta ventilasinya akan sangat berdampak buruk bagi kambing. hal ini karena kandang yang tidak bersih akan menjadi sarang bakteri, virus dan binatang penyebab penyakit. Beberapa laporan menyebutkan bahwa hampir 70% dari kematian anak kambing disebabkan oleh perawatan kambing buruk.

Infeksi penyakit

Berbagai penyakit dapat dengan mudah menyerang anak kambing yang masih dalam masa pra sapih. Hal ini dikarenakan anak kambing masih rentan terhadap bakteri dan virus. Penyakit kambing yang sering terjadi pada anak kambing seperti mencret dan juga cacingan. Tanda-tanda anak kambing yang terkena cacingan adalah meemiliki bulu yang kusam dan berdiri, feses encer dan terdapat kotoran di pantat kambing akibat feses yang cair dan mengotori kambing.

Itulah tadi ulasan mengenai penyebab kematian anak kambing. Semoga tulisan tentang Penyebab Kamtian Anak Kambing dapat Bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada pertanyaan dan masukan, silahkan tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah tulisan ini. Mohon maaf jika dalam penulisan ini masih banyak terdapat kekurangan. Terima kasih.
Tulisan lainnya:
  1. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  2. Cara Kawin Suntik Kambing
  3. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  4. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  5. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa
  6. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap
  7. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Kematian Pada Anak Kambing"

Posting Komentar