Penyakit Yang menyerang Ambing Kambing Peranakan Etawa


Penyakit Pada Kambing Etawa

Ternakkambing.com-Berbagai penyakit bisa saja menyerang ternak kambing yang kita pelihara seperti pada kambing etawa. Berbagai penyakit kambing etawa mulai dari kembung kambing, mencret, PMK, antraks, Mastitis dan lain-lain bisa menyebabkan kerugian yang besar terhadap peternakan kambing yang kita jalani. Peternakan kambing etawa adalah usaha untuk membudidayakan kambing etawa yang mamapu mengahsilkan susu yang bermanfaat bagi kesehatan. 
Baca juga:  Penyakit Kambing Yang Mematikan

Akan tetapi, banyaknya hambatan berupa penyakit pada kambing etawa perlu diwaspadai dan diantisipasi oleh peternak kambing etawa. Salah satu contoh penyakit kambing etawa yang dapat dengan mudah menyerang kambing etawa adalah penyakit mastitis atau penyakit pada kambing etawa yang menyerang dan merusak organ bagian puting kambing den sekitar ambing. 
Baca juga:
  1. Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)
  2. Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing
  3. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Mastitis Kambing Etawa

Mastitis pada kambing etawa adalah suatu penyakit yang menyerang kambing etawa tepat di bagiang puting atau ambing kambing. mastitis pada kambing sering terjadi pada kambing yang masih dalam masa produksi susu atau masih dalam masa pasca melahirkan. Mastitis yang terjadi pada kambing memiliki ciri-ciri terjadi pembengkakan ambing karena jaringan yang terdapat pada ambing mengalami infeksi. Kambing yang baru melahirkan biasanya memiliki kondisi yang sanagt lemah karena masih pemulihan. Pada saat kondisi inilah biasanya kambing rawan sekali terkena penyakit mastitis.

Mastitis yang terjadi pada kambing sendiri sebenarnya diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri dan jamur. Jamur yang menginfeksi puting kambing biasanya masuk melalui mulut anak kambing yang menyusu, tangan yang tidak steril saat memerah atau peralatan yang tidak steril. Pencegahan infeksi bakteri dilakukan dengan cara mencelupkan ambing atau menyemprot ambing dengan menggunakan antiseptik pembunuh mikroba.
Baca juga:
  1. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya
  2. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi

Kerugian Penyakit Mastitis

Mastitis sendiri dapat menimbulkan kerugian terhadap produksi susu yang dihasilkan oleh kambing. apa saja kerugian yang akan timbul akibat infeksi ini? Berikut ini merupakan kerugian yang ditimbulkan akibat terjadinya mastitis pada ambing kambing:
  • Penurunan produksi susu kambing
  • Penurunan kualitas susu kambing yang dihasilkan
  • Meningkatnya biaya perawatan kambing


Pencegahan Penyakit Mastitis

Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi datangnya mastitis adalah sebagai berikut:
  • Meningkatkan sanitasi kandang. Peningkatan sanitasi kandang dapat dilakukan dnegan cara pembersihan kandang dan penyemprotan kandang untuk membunuh jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan mastitis.
  • Melakukan pemerahan susu dengan cara yang baik dan juga higienis. Pemerahan dilakukan dengan cara yang baik sehingga bakteri tidak memiliki kesempatan untuk masuk dan menginfeksi ambing kambing.
  • Pemberian pakan yang cukup dan memiliki nutrisi yang berkualitas. Tujuan pemberian pakan ini adalah agar ternak kambing tidak mudah terserang penyakit mastitis.

Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa

Pengobatan Mastitis pada kambing

Pengobatan mastitis pada kambing dapat dilakukan dengan pemberian antibotik terhadap kambing. pemberian antibiotik yang paling efektif adalah dengan menggunakan Amoxycillin.

Itulah uraian mengenai penyakit mastitis yang dapat menurunkan produksi susu kambing. semoga tulisan tentang Penyakit Yang Menyerang Ambing Kambing Etawa dapat menambah wawasan para pembaca. Silahkan komentar di kolom bawah artikel ini jika ada hal ingin ditanyakan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman anda. Terima kasih.
Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Yang menyerang Ambing Kambing Peranakan Etawa"

Posting Komentar