Penyakit Kambing Yang Sering Menyerang


Penyakit Kambing

Ternakkambing.com-berbagai kendala yang sering dihadapi peternak dalam menjalankan usaha ternak kambing adalah penyakit. Ada banyak penyakit kambing yang bisa menyerang kambing yang kita pelihara. Jenis-jenis penyakit ada yang bersifat bisa disembuhkan dan juga ada yang bersifat sangat ganas atau mematikan ternak kambing dengan cepat. Beberapa hal yang menjadi penyebab beberapa penyakit pada kambing adalah serangga, virus, bakteri, cacing dan bahkan malnutrisi. 
Baca juga: Penyakit Kambing Yang Mematikan
Mengingat kondisi tersebut di atas, maka penting rasanya jika peternak kambing juga mengetahui dasar-dasar ilmu kesehatan hewan ternak terutama para peternak kambing. ternak kambing memiliki kerentanan terhadap perubahan cuaca ekstrim, pola makan dan juga kondisi pakan. Kambing juga memiliki resiko lebih besar terserang penyakit ternak karena kambing memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap perubahan cuaca, pakan, bakteri dan juga virus. Dalam tulisan kali ini kita akan membahas mengenai Penyakit Kambing yang sering terjadi.
Baca juga:
  1. Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)
  2. Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing
  3. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Penyakit Kambing Yang Sering terjadi

Beberapa jenis penyakit kambing ada yang sifatnya epidemic dan tahunan, ada yang sifatnya tidak tergantung cuaca, dan ada juga yang sifatnya tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Pada bahasan tuisan ini, kita akan menguraikan beberapa penyakit yang sering terjadi dalam peternakan kambing dan sifatnya tidak tergantung waktu atau musim.

Penyakit Mencret

Penyakit mencret pada kambing adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada pencernaan kambing. penyakit mencret pada kambing bisanya disebabkan oleh bakteri yang merugikan di dalam usus. Penyakit diare pada kambing dapat  menyebabkan kambing mengalami kekurangan cairan sehingga kambing menjadi lesu dan tidak mau berdiri. Jenis bakteri yang biasa menyebabkan diare pada kambing adalah bakteri Escericira coli.
Baca juga:
  1. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya
  2. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi

Selain terjadi karena bakteri, diare pada kambing biasanya terjadi karena manajemen pemberian pakan yang kurang baik. Pemberian pakan yang kurang baik seperti pemberian pakan yang terlalu muda dan juga mengandung banyak air. biasanya kambing yang mengalami diare karena terlalu banyak memakan hijauan yang terlalu muda seperti bagian pucuk rumput dan daun. selain itu, pemberian hijauan yang masih basah terkena hujan juga bisa menyebabkan kambing mengalami diare. 

Pemberian hijauan yang terlalu muda menyebabkan pencernaan berlangsung lebih cepat, akibatnya terjadi peningkatan asam di dalam rumen yang menyebabkan radang pada dinding usus kambing dan terjadilah mencret kambing. beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit diare pada kambing adalah mengurangi pemberian pakan yang terlalu muda dan basah. Jika memang terlalu muda, maka sebaiknya pakan diangin-anginkan atau dijemur terlebih dahulu.
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa

Kambing kembung

Penyakit kambing selain diare yang juga sering terjadi adalah penyekit kembung  kambing. penyakit kembung kambing disebabkan oleh aktifitas pencernaaan dalam rumen yang tidak berjalan dengan normal. Pemberian hijauan yang terlalu basah, komposisi konsentrat terlalu tinggi dalam pakan dan juga hiajaun yang mengandung tanin tinggi dapat menyebabkan kembung kambing. tanin adalah zat antinutrisi seperti terkandung pada daun singkong dan daun teh. 

Kandungan tanin yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kambing mengalami keracunan. Untuk menghindari kembung kambing, maka hal yang sebaiknya dilakukan adalah mengeringkan pakan terlebih dahulu untuk mengurangi kandungan air dan menghindari jenis pakan yang mengandung tanin dalam jumlah tinggi. 
Baca juga:
  1. Cara Mengatasi Induk Kambing Yang Tidak Keluar Air Susu
  2. Cara Menangani kelahiran Kambing
  3. Cara Mempermudah Kambing Melahirkan
Untuk mengatasi kembung kambing, hal yang dapat dilakukan adalah memberikan air soda yang dicampurkan dengan telur dan dicekokkan pada kambing. selain cara tersebut, kita juga bisa memberikan kambing minyak goreng dengan cara dicekoki dan mengurut perut kambing menggunakan minyak angin atau minyak tanah sampai kambing bersendawa atau mengeluarkan gas melalui anus. Ajak jalan-jalan kambing supaya aliran darah kembali normal dan gas mau keluar.

Cacingan pada Kambing

Cacingan pada kambing sering menyerang kambing muda. Cacingan pada kambing juga kerapkali terjadi pada kambing yang dipelihara dengan cara digembalakan, kandang nglemprak dan diberikan pakan yang dipotong terlalu pagi atau terlalu sore. Telur cacing yang ada di dalam tanah biasanya terbawa oleh pakan dan air yang dikonsumsi oleh kambing. Telur cacing tersebut kemudian menetas dan tubuh serta berkembang biak di dalam tubuh kambing dengan menyerap sari-sari makanan dan darah dalam tubuh kambing. kambing yang mengalami cacingan akan mengalami kondisi kurus dan juga bulu kusam. Jarang terjadi kematian pada kambing yang terkena cacingan. Akan tetapi kejadian ini akan sangat merugikan karena kambing mengalami keterlambatan pertumbuhan.

Segala upaya bisa kita lakukan untuk mencegah maupun mengobati ternak kambing kita. Akan tetapi, hal terpenting yang perlu kita lakukan agar kambing kita tidak terkena penyakit adalah dengan memperbaiki manajemen pemeliharaan kambing. jika kita hanya asal-asalan dalam memelihara kambing, maka bukanlah keuntungan yang didapatkan malah kerugian karena kambing juga mahluk hidup yang tentunya sangat rentan terhadap beberapa jenis penyakit.

Itulah ulasan mengenai berbagai penyakit yang sering terjadi dan sering menyerang ternak kambing. semoga tulisan tentang Penyakit Kambing Yang Sering Menyerang dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada pertanyaan maupun masukan, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah tulisan ini. Mohon maaf jika dalam penulisan ini masih terdapat banyak kesalahan. Terima kasih. 
Tulisan Lainnya:
  1. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  2. Cara Kawin Suntik Kambing
  3. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  4. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  5. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa
  6. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap
  7. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Kambing Yang Sering Menyerang"

Posting Komentar