Penyakit Kambing Yang Mematikan


Penyakit Kambing

Ternakkambing.com-Berbagai penyakit sering sekali menyerang ternak kambing yang kita pelihara mulai dari penyakit ringan sampai penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian pada kambing. Banyak kasus kematian kambing secara mendadak yang tidak kita ketahui penyebabnya dan masalahnya. Beberapa kejadian di Indonesia bahkan sering menggemparkan warga Indonesia. Kasus kematian kambing yang baru-baru ini terjadi adalah kematian kambing secara mendadak dan secara massal tanpa sebab yang jelas. Banyak orang  mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan oleh serigala jadi-jadian, fampir dan sebagainya. 
Baca juga: Penyakit Gudik Kambing (Scabies) "Obat Gudik Kambing Alternatif"

Adapun berbagai penyakit pada kambing ada yang dapat ditangani dan disembuhkan dan ada juga yang dapat membawa kematian secara cepat dalam hitungan hari. Dalam artikel ini kita akan coba membahas mengenai penyakit kambing yang mematikan yang harus dihindari oleh peternak. 
Baca juga:
  1. Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)
  2. Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing
  3. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Penyakit Mematikan Pada Kambing

Beberapa penyakit kambing yang mematikan yang sangat sulit ditangani apabila kambing sudah terlanjur terjangkit adalah sebagai berikut:

Antraks

Antraks adalah penyakit menular yang menyerang binatang seperti kambing, domba sapi dan juga kerbau. Penyakit antrak adalah penyakit kambing yang mematikan nomor satu di dunia. Telah tercatat di dunia ribuan sapi dan kambing mati secara masal terkena penyakit ini pada tahun 80-an. Di Indonesia sendiri penyakit antraks sempat menyerang peternakan kambing warga. Puluhan ekor kambing mati secara masal dalam hitungan hari. 

Penyakit antraks disebabkan oleh Bakteri yang sangat berbahaya bernama Bacillus anthracis. Penayit antraks tidak bisa menular dari manusia ke manusia lainnya. akan tetapi penyakit antraks dapat menular dari kambing ke manusia melalui sentuhan dan benda-benda kandang dan juga daging dan darah kambing. oleh karean itu, kambing dan hewan ternak lainnya yang sudah terkena penyakit antraks tidak boleh dikonsumsi dan harus dimusnahkan dengan cara dibakar dan dikubur.
Baca juga:
  1. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya
  2. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi

Penyakit Kuku dan Mulut (PMK)

Penyakit kuku dan mulut pada hewan ternak terutama ternak kambing adalah penyakit yang menyerang bagian mulut dan kuku. Penyakit kuku dan mulut ditularkan oleh virus dari famili Picornaviridae. Penyakit ini sering menyerang ternak berkaki empat dan berkuku dua seperti kambing, sapi, domba, babi, kuka, kerbau dan juga rusa. Di Indonesia sendiri telah terjadi beberapa kasus penyakit PMK yang mematikan banyak ternak dan tak dapat dikendalikan. Penyakit PMK yang meledak di indonesia terjadi di tahun 1887 di daerah Jawa Timur tepatnya di Malang yang kemudian merebak dan menyebar ke daerah lainnya seperti sulawesi, Sumatera, dan juga Kalimantan. 
Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa

Kambing yang terkena penyakit PMK akan mengalami demam dengan kenaikan suhu yang sangat tinggi mencapai 41 derajat celsius. Pada lidah kambing biasanya akan terjadi melepuh. Selain itu gejala melepuh juga akan terjadi pada bagian bibir dan sekiitar mulut kambing. kambing yang terkena penyakit ini biasanya akan kehilangan nafsu makan dan hanya ingin berbaring. Sementara pada kasus yang menimpa kambing muda akan berkibat pada kematian kambing.


Penyakit Jembrana

Penyakit Jembarana merupakan penyakit berbahaya yang menyerang kambing dan hewan ternak lainnya yang berkaki empat seperti sapi, domba dan juga kerbau. Penyakit jembarana disebabkan oleh virus mematikan bernama Jembrana. Virus jembrana menyerang organ dalam kambing dan merusaknya. Kambing yang terkena penyakit jembrana akan lemas, kehilangan nafsu makan dan akhirnya bisa meninggal dalam hitungan hari. 
Baca juga:
  1. Cara Mengatasi Induk Kambing Yang Tidak Keluar Air Susu
  2. Cara Menangani kelahiran Kambing
  3. Cara Mempermudah Kambing Melahirkan

Gejala kambing yang mengalami penyakit jembrana adalah kambing mengalami demam tinggi, terjadi pembengkakan pada kelenjar limfa, terjadi luka pada mulut dan selaput lendir, terjadi diare yang hebat. Pencegahan penyakit ini adalah dengan pemberian vaksin secara rutin dan pemberian ransum yang tepat serta mencukupi kebutuhan nutrisi kambing. 

Itulah ulasan mengenai penyakit mematikan kambing. Semoga tulisan tentang Penyakit Mematikan Yang Menyerang Kambing dapat menambah wawasan saudara. Jika ada pertanyaan dan masukan silahkan tulis di kolom komentar di bawah tulisan ini. Terima kasih.
Tulisan terkait:
  1. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  2. Cara Kawin Suntik Kambing
  3. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  4. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  5. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa
  6. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap
  7. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Kambing Yang Mematikan"

Posting Komentar