Penyakit Gudik Kambing (Scabies) "Obat Gudik Kambing Alternatif"


Pengertian Penyakit Gudik Pada Kambing

Ternakkambing.com-Salah satu dari beberapa penyakit ternak kambing yang sering menyerang adalah penyakit gudik kambing. Penyakit gudik kambing adalah penyakit kulit yang terdapat pada kambing yang disebabkan oleh serangga Sarcoptes Scabiei yang menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit dan menimbulkan gejala gatal-gatal.  Penyakit gudik pada kambing dapat menyebar kepada kambing lainnya dengan sangat mudah secara langsung melalui sentuhan langsung maupun melalui perantara kandang atau benda-bedan lain yang menempel pada kambing yang memungkinkan menjadi perantara berpindahnya tungau tersebut. 
Baca juga: Penanganan Kambing Pasca melahirkan

Dampak Penyakit Gudik Kambing

Penyakit gudik kambing dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar karena mengganggu pertumbuhan kambing. Beberapa kerugian yang ditimbulkan akibat penyakit gudik kambing ini adalah:
  • Penurunan berat badan kambing secara berkala
  • Penurunan produksi daging
  • Penurunan jumlah produksi susu kambing
  • Rontok bulu pada kambing
  • Dapat menjangkit dan menulari ke manusia
  • Harga kambing yang turun daripada harga normal
  • Dapat menyebabkan kematian jika kambing yang terkena gudik kambing tidak diobati dalam waktu selama tiga bulan

Baca juga:
  1. Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)
  2. Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing
  3. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Obat Gudik Kambing

Beberapa obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter hewan adalah sebagai berikut:

Ivermectin

Ivermectin merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh cacing atau parasit salah satunya adalah kudis. Ivermectin bekerja dengan cara melumpuhkan dan membunuh parasit yang menempel pada kulit kambing.

Caumaphos

Caumaphos merupakan obat yang berfungsi membunuh parasit yang menyerang bagian luar tubuh kambing dan hewan ternak lainnya. caumaphos memang merupakan obat gudik kambing yang sangat efektif. Akan tetapi harga obat tersebut cukup mahal dan sulit untuk diperoleh di toko-toko.
Baca juga:
  1. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya
  2. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi

Benzilikus

Benzilikus merupakan obat obat luar untuk mengobati maslah kutu yang menyerang hewan seperti anjing, kucing, kelinci dan juga kambing. Penggunaan benzilikus dilakukan dengan cara pengelapan cairan benzilikus pada luka gudik kambing atau dengan cara menyemprotkan ke bagian kulit kambing yang terkena gudik.

Dianzinon

Dianzinon merupakan obat parasit luar seperti serangga, cacing dan juga belatung pada hewan-hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan juga kambing. Penggunaan dianzinon dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan benzilikus dengan cara penyemprotan. 
Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa


Keempat obat ini sebenarnya sangat efektif untuk mengobati gudik pada kambing. akan tetapi, harga ketiga obat ini cukup mahal di kallangan peternak karena masih merupakan produk impor. Selain itu, untuk mendapatkan obat ini cukup sulit. Tidak semua kota menyediakan obat-obat jenis ini. 

Alternatif Pengobatan Gudik Kambing

Untuk mengatasi permasalahan harga dan sulitnya mendapatkan obat gudik kambing, ada beberapa alternatif yang bisa digunakan oleh peternak. Beberapa alternatif berikut ini merupakan salah satu hasil kajian dari Program Studi Peternakan univertsitas Muhammadiyah Malang.

Campuran Oli, Cuka dan Bawang

Obat alternatif kambing untuk mengobati gudik kambing ini mampu bekerja dengan cara membunuh tungau Sacroptes. Cara kerja ramuan ini adalah dengan memutus pola daur hidup tungau. Penerapan obat alternatif gudik kambing ini dengan cara mengoleskan pada kulit yang terkena gudik dan sekitarnya sekali sehari selama lebih kurang dua minggu. Dengan cara ini, maka telur-telur tungau yang terdapat di lapisan kulit akan mati karena kekurangan oksigen. Selain itu, kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah dapat mengobati kudis kambing.


Cara Mencegah Penyakit Kudis/ Gudik Kambing

Beberapa hal yang dapat diterapkan untuk mencegah kudi pada kambing adalah sebagai berikut:
  • Pengobatan pada kambing yang terkena kudis dan pemisahan kambing yang sakit
  • Mencegah kontak fisik antara kambing sehat dengan kambing yang terkena gudik kambing
  • Menjaga kebersihan kandang agar tetap kering dan bersih
  • Memberi pakan ternak dengan komposisi yang komplit dan bernutrisi
  • Membuat kandang kambing panggung untuk menghindarkan kutu
  • Melakukan karantina kambing yang baru didatangkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah berbagai bibit penyakit yang dibawa oleh kambing dari daerah asalnya menular kepada ternak kambing miliki kita.

Baca juga:
  1. Cara Mengatasi Induk Kambing Yang Tidak Keluar Air Susu
  2. Cara Menangani kelahiran Kambing
  3. Cara Mempermudah Kambing Melahirkan

Pengobatan gudik pada kambing paling efektif dilakukan dengan cara menggunakan injeksi invermectin. Akan tetapi, dari beberapa pengobatan alternatif ,pengobatan dengan menggunakan campuran oli, bawang merah dan juga cuka terbukti paling efektif untuk mengobati gudik pada kambing. Pengobatan alternatif tersebut juga mudah diterapkan di daerah pedesaan yang jauh dari toko obat hewan.

Berbagai alternatif untuk menghindarkan ternak yang kita pelihara dapat dilakukan dengan berbagai macam. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi para peternak khususnya peternak kambing untuk dapat juga menguasai pengetahuan tentang Jenis Penyakit Kambing dan Cara Pengobatannya karena akan sangat membantu peternak dalam usaha ternak kambing. Akan tetapi, hal yang terbaik adalah mencegah kambing kita terkena penyakit daripada mengobatinya.

Itulah bahasan kali ini mengenai pengobatan Gudik atau kudis (Scabies) pada kambing. Semoga tulisan tentang Obat Gudik Kambing Alternatif yang kami sajikan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada masukan maupun pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah tulisan ini. Mohon maaf jika dalam penulisan masih ada kesalahan. Terima kasih.
Tulisan terkait:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Gudik Kambing (Scabies) "Obat Gudik Kambing Alternatif""

Posting Komentar