Penanganan Kambing Pasca melahirkan


Kondisi Induk dan Anak Kambing Yang Baru Lahir

Ternakkambing.com-Kambing yang baru melahirkan anaknya biasanya langsung menjilati anaknya untuk mengeringkan tubuh anak kambing. kondisi induk dan anak kambing yang baru lahir sangat lemah. Biarkanlah induk kambing menjilati anaknya sampai selesai dan kering. Setelah anak kambing lahir, tunggu sampai kambing mengeluarkan ari-arinya. Setelah ari-ari keluar dari kambing sebaiknya dibuang untuk menghindari kambing keracunan. 
Baca juga: Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)

Cara Menangani Kambing Yang Baru Melahirkan

Karena kambing yang baru melahirkan memiliki kondisi yang lemah begitu pun dengan anak kambing tersebut. Untuk menjaga keselamatan dan keamanan anak kambing dan juga induk kambing, peternak sebaiknya melakukan beberapa hal sebagai berikut:


Memisahkan induk kambing dan anaknya dari kawanan kambing lainnya. 

Tujuan dari pemisahan ini adalah agar anak kambing dan induk kambing tidak terinjak-injak atau terjepit kambing-kambing lainnya. selain itu, tujuan pemisahan ini adalah agar induk kambing tidak perlu berebut makanan dengan kambing lainnya karena induk kambing yang baru melahirkan membutuhkan pakan yang bernutrisi dalam jumlah banyak untuk memacu keluarnya air susu induk kambing.
Baca juga:
  1. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  2. Efek Negatif Gedebok Fermentasi Pakan Kambing
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi

Menempatkan anak kambing pada boks

Anak kambing yang baru lahir memiliki kondisi yang sangat lemah. Penempatan anak kambing di dalam boks tidak perlu jauh-jauh dari induknya. Setelah lahir, anak kambing biasanya akan kesulitan untuk mencari puting induknya untuk menyusu. Sebelum bisa berdiri dengan sempurna, anak kambing perlu dibantu dengan memberikan susu kambing induknya melalui dot. Susu dari induk kambing diperah terlebih dahulu dan ditempatkan pada wadah dot bayi, kemudian peternak yang memberikan susu kambing kepada anak kambing melalui dot tersebut. Setelah anak kambing benar-benar kuat berdiri maka bisa dicampurkan dengan induk kambing.

Menempatkan Anak Kambing dengan Induk selama satu atau dua minggu

Selama masa satu minggu, induk kambing akan memproduksi susu yang mengandung kolostrum. Kolostrum susu adalah zat yang dikandung susu selama masa produksi satu minggu dan berguna untuk membentuk sistem alami kekebalan tubuh. Anak kambing yang baru lahir sangat membutuhkan kolostrum.
Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa

Pemisahan anak kambing dari induknya

Anak kambing kemudian dipisahkan dari induknya setelah satu atau dua minggu. Pemberian susu pada anak kambing harus dilakukan sampai anak kambing berusia tiga bulan. Pemisahan anak kambing dengan induk kambing ini bertujuan agar susu induk kambing masih bisa diperah oleh peternak karena tujuan utama pemeliharaan kambing etawa adalah susu kambing secara ekonomi. Pemberian susu pada anak kambing tetap perlu dilakukan. Pencampuran anak kambing dengan induknya dapat dilakukan setelah pemerahan susu dilakukan peternak. 

Pemberian susu sapi formula tambahan untuk anak kambing

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kambing, anak kambing tetap perlu mengkonsumsi makanan dalam bentuk susu. Untuk menjaga agar tidak terjadi kekurangan nutrisi pada anak kambing karena sebagian susu induknya kita pers, maka pemberian susu sapi formula sebagai pengganti susu induk kambing tersebut. Secara ekonomi, pembelian susu formula dengan harga jual susu kambing adalah lebih tinggi harga jual susu kambing.
Baca juga:
  1. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya
  2. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya

Pemisahan atau Sapih Anak Kambing

Setelah usia anak kambing sudah mencapai tiga bulan, maka sudah saatnya anak kambing benar-benar dipisah dari induk kambing. Tujuan pemisahan ini adalah untuk merangsang induk kambing tadi segera berahi kembali. Kambing betina sebenarya sudah bisa dikawinkan saat usia anak yang dilahirkan menginjak satu bulan. Akan tetapi, jika induk betina dikawinkan pada usia tersebut maka akan mempengaruhi jumlah dan kualitas susu kambing.

Pemberian pakan Induk Kambing

Kambing yang baru melahirkan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk dapat memacu produksi susu kambing. berikut ini komposisi pakan yang dibutuhkan oleh kambing untuk memacu produksi susu paska melahirkan.

Pakan yang diberikan mengandung protein kasar dengan persentase 14-16%

Pakan kambing yang sedang menyusui sebaiknya diberikan hijauan dengan jumlah yang tidak terbatas agar produksi susu lancar. Pakan tambahan berupa konsentrat yang mengandung protein sebanyak 16% dari total pakan diberikan sehari sekali dengan ukuran 0,5 kg per hari per ekor

Penyediaan Air Yang Cukup dan Sepanjang Waktu

Ketersediaan air penting untuk memenuhi kebutuhan induk dalam memproduksi susu. Sebaiknya pemberian air menggunakan selang atau alat kran otomatis guna mencegah terjangkitnya air oleh bakteri maupun virus yang terpapar melalui debu dan kotoran lainnya.

Pemberian Mineral

Pemberian mineral pada induk kambing mutlak diperlukan. Pemberian kambing bisa bersamaan dengan konsentrat maupun air minum. Tujuan pemberian mineral adalah untuk mencukupi kekurangan mineral yang tidak tersedia dalam pakan hijauan.

Itulah ulasan mengenai cara menangani kambing paska melahirkan. Semoga tulisan tentang Cara Penanganan Kambing Pasca Melahirkan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada pertanyaan dan juga saran silahkan tulis pada kolom di bawah tulisan ini. Mohon maaf jika masih terdapat kekurangan pada tulisan ini. Terima kasih.
Tulisan lainnya:
  1. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  2. Cara Kawin Suntik Kambing
  3. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  4. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  5. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Penanganan Kambing Pasca melahirkan"

  1. Kambingku habis melahirkan kok roso2 makan kenapa ya ma

    BalasHapus
  2. Tolong beri solusi bagi peternsk yg tahu

    BalasHapus