Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap


Ternak Kambing Etawa

Ternakkambing.com-Kambing Etawa adalah jenis kambing yang berasal dari daerah India bernama Jamnapari sehingga kambing etawa disebut juga sebagai kambing jamnapari. Di India sendiri, kambing etawa memiliki  fungsi ganda atau sering juga disebut dengan fungsi dwiguna. Fungsi dwiguna kambing etawa yaitu sebagai kambing penghasil susu dan juga sebagai penghasil daging. Kambing etawa memiliki ukuran tubuh yang sangat besar atau jumbo. Hal ini yang membuat kambing etawa sangat diminati oleh masyarakat saat ini. Dalam tulisan ini kita akan membahas mengenai pakan ternak kambing etawa lengkap.

Kambing etawa, sejatinya adalah kambing penghasil susu. Mengapa disebut demikian? Kambing Etawa betina mampu memproduksi susu dalam jumlah yang banyak jika dirata-ratakan dengan jenis kambing lainnya. kambing etawa betina mampu memproduksi susu sebanyak 235 kg per masa laktasi (261 hari). Ada banyak manfaat susu kambing etawa di antaranya untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam masa produksinya, kambing etawa membutuhkan pakan yang lengkap sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini kita akan membahas tentang pakan ternak kambing etawa.

Bahan Pakan Kambing Etawa

Kambing etawa merupakan hewan ternak yang termasuk hewan ternak ruminansia. Kambing membutuhkan pakan berupa hijauan dan konsentrat. Kambing membutuhkan hiajuan sebagai serat untuk membantu proses pencernaan agar berjalan optimal. Oleh karena itu, untuk budidaya kambing etawa tetap membutuhkan hijauan dalam pemeliharaannya. Pemberian konsentrat yang terlalu banyak tidak akan ekonomis walaupun harga konsentrat rendah. Beberapa bahan pakan ternak kambing etawa terdiri dari dua jenis yaitu bahan pakan konvensional dan bahan pakan pengganti. 

Pakan konvensional adalah pakan yang bisa diberikan langsung ada ternak dan juga memiliki nutrisi yang cukup dan disukai ternak kambing. Bahan pakan ternak kambing etawa konvensional diantaranya adalah jagung kuning, bungkil kedelai, pollard (dedak gandum), tepung ikan, dedak padi, dan bahan lainnya.

Berikut ini akan diuraikan lebih jelas tentang bahan pakan ternak kambing etawa:

Hijauan

Hijauan dalam pakan ternak kambing etawa bermanfaat sebagai serat. Serat pada hijauan pakan ternak berfungsi untuk membantu pencernaan di dalam rumen. Pakan ternak kambing etawa memerlukan minimal 80% hijauan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produksi susu kambing etawa karena susu kambing etawa terdiri dari 90% air. jenis hijauan yang sangat disukai oleh kambing etawa adalah daun turi, lamtoro, akasia, dadap, kembang sepatu, pisang, nangka, gamal, putri malu, dan rerumputan. 


Rumput Raja

Rumput raja adalah rumput hasil dari persilangan rumput hawai dengan rumput gajah. Rumput raja memiliki daun yang tajam, tumbuh tegak dengan ketinggian bisa mencapai 7 meter, berbatang kuat. Rumput raja sangat adaptif terhadap kondisi wilayah indonesia bahkan dalam kondisi kering saat kemarau. 


Daun Angsana

Daun angsana merupakan hijauan berkualitas dan segar. Daun angsana berwarna hijau, memiliki rasa yang hambar, berbau khas dan memiliki zat antinutrisi berupa oxalate.

Daun kaliandra

Kaliandra bermnfaat sebagai sumber protein dalam pakan ternak kambing etawa. Daun kaliandra biasanya juga dapat dikeringkan dan digunakan sebagai tepung pakan ternak kambing etawa. Kandungan nutrisi daun kaliandra adalah 22,4% PK, lemak 4,1%, energi kasar 46,30 kkal/kg, TDN 24,0%, 19,5% Lignin, Ca 1,6%, dan P 0,2%.

Daun Turi

Daun Turi bermanfaat untuk eningkatkan bobot badan kambing yang dipelihara. Daun turi mengandung jumlah protein yang cukup tinggi sehingga mampu menyuplai bahan untuk membentuk otot kambing. Daun turi tidak cocok diberikan pada cempe kambing etawa karena dapat menyebabkan diare.


Daun Gamal

Daun Gamal merupakan tanaman leguminosa yang mengandung protein dalam jumlah banyak. Daun gamal termasuk jenis leguminosa. Daun gamal memiliki jumlah protein yang lebih tinggi saat berusia masih muda dibandingkan saat usianya sudah mulai menua. Akan tetapi sangat tidak baik jika daun gamal diberikan terlalu banyak pada kambing saat kambing masih usia muda.

Konsentrat

Konsentrat merupakan pakan campuran dari berbagai sereal dan bahan-bahan bernutrisi tinggi lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak tersedia atau tersedia terlalu sedikit pada hiajauan. Konsentrat sendiri pada pakan ternak kambing berguna untuk memberi energi tambahan pada ternak. Pada penerapannya, pemberian konsentrat pada kambing etawa tidak boleh terlalu banyak. Hal ini berhubungan dengan jumlah produksi susu kambing etawaa. Akan lebih baik jika pencamuran konsentrat pada kambing etawa tidak melebihi 20% dari total pakan perharinya.

Pollard

Pollard merupakan limbah hasil pengolahan gandum. Pollard berbentuk serbuk dan berwarna putih, memiliki harum yang khas, dan juga mengandung zat antinutrisi bernama mimiosin.

Ampas tahu

Ampas tahu adalah sisa hasil pengolahan kedelai menjadi tahu. Ampas tahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Ampas tahu dapat digunakan menjadi sumberprotein pengganti legum. Ampas tahu sangat baik jika diberikan pada kambing yang sedang dalam masa penggemukkan.

Itulah ulasan mengenai berbagai pakan ternak kambing etawa. Semoga tulisan tentang Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap dapat bermanfaat bagi saudara. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap"

Posting Komentar