Pakan Ternak Kambing Alternatif Yang Baik


Ternak Kambing

Ternakkambing.com-Usaha ternak kambing merupakan suatu usaha untuk membudidayakan, membesarkan, dan menambah nilai suatu ternak agar menghasilkan keuntungan. Untuk menjalankan usaha ternak kambing perlu beberapa hal persiapan agar peternakan bisa berjalan dengan lancar. Salah satu persiapan yang bisa dilakukan oleh para peternak adalah dengan melakukan persiapan pakan ternak kambing alternatif. Pakan ternak kambing alternatif yang semestinya disiapkan oleh para peternak adalah pakan yang bermutu, memiliki nilai nutrisi yang baik dan juga bisa tersedia sepanjang waktu.

Beberapa hal yang terkadang menjadi hambatan bagi para peternak untuk memnuhi kebutuhan pakan kambing adalah musim. Di Indonesia memeiliki dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau. Pada saat musim hujan, jumlah sumber pakan kambing tersedia melimpah. Akan tetapi sebaliknya pada musim kemarau jumlah sumber pakan kambing berkurang hampir 60 persen. Hal ini perlu disiasati dengan beberapa langkah di antaranya teknologi pakan ternak kambing alternatif yang baik. 
Baca juga:  Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Dengan EM4 Secara Tepat

Pakan Ternak Kambing Alternatif

Pakan ternak kambing alternatif adalah suatu teknologi untuk menghasilkan pakan yang memiliki nilai nutrisi yang baik, tahan lama dan juga disukai oleh kambing. Pakan alternatif untuk kambing dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan pertanian atau merupakan limbah pertanian yang ada di sekitar kita. Pakan alternatif untuk kambing hendaknya aman dikonsumsi oleh ternak kambing dan tidak mudah rusak.


Syarat Pakan Alternatif Untuk Ternak Kambing

Beberapa syarat yang harus dipenuhi pakan ternak kambing alternati adalah sebagai berikut:

Memiliki Kandungan Nutrisi

Pakan ternak kambing alternatif haruslah berasal dari bahan atau limbah yang memiliki nilai nutrisi yang baik sehingga mampu mendorong pertumbuhan ternak kambing.

Aman

Arti aman dalam hal ini adalah hendaknya pakan ternak kambing alternatif tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Pakan alternatif tidak bersifat racun dan tidak berjamur sehingga tidak merugikan kesehatan dan kehidupan ternak.

Mudah

Arti mudah dalam hal ini adalah pakan alternatif untuk ternak kambing hendaknya mudah untuk diproses atau dibuat dan juga mudah untuk disimpan dalam waktu yang lama sesuai kebutuhan ternak kambing.

Ekonomis

Arti ekonomis dalam pakan ternak kambing alternatif adalah pakan alternatif untuk kambing ini masih bisa diperoleh dengan harga yang tidak begitu mahal sehingga malah merugikan peternak. Pakan alternatif untuk kambing hendaknya memanfaatkan limbah pertanian yang ada.

Itulah beberapa syarat pakan ternak kambing alternatif yang baik pada bahasan kali ini. Semoga tulisan tentang Pakan Ternak Kambing Alternatif Yang Baik dapat bermanfaat bagi para pembaca. Untuk mengetahui cara pembuatan pakan ternak kambing alternatif, bisa baca tulisan ini Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Kambing Jawa Efektif.
Tulisan Lainnya:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pakan Ternak Kambing Alternatif Yang Baik"

Posting Komentar