Pakan Kambing Etawa Super 2


Pakan Kambing Etawa

Ternakkambing.com-Budidaya atau ternak kambing etawa merupakan usaha yang gampang-gampang susah. Hal ini dikarenakan untuk membudidayakan ternak kambing etawa perlu pengaturan pakan kambing etawa supaya kambing etawa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta mampu memproduksi susu secara optimal. Pakan kambing etawa yang seharusnya diberikan secara rutin adalah berupa hijauan dan juga pakan tambahan. Hijauan kambing etawa terdiri dari jenis rerumputan dan juga jenis dedaunan. Sedangkan pakan tambahan sering disebut juga sebagai konsentrat. Pada tulisan kali ini penulis akan membahas mengenai pakan kambing super 2 untuk melengkapi tulisan sebelumnya tentang pakan kambing etawa super 1 yang lebih fokus membahas hijauan pakan ternak kambing etawa.
Baca juga : Pakan Kambing Etawa Super 1

Komposisi  Pakan Kambing Etawa

Pemberian pakan kambing etawa terdiri dari dua komposisi yaitu pakan hijauan dan pakan tambahan atau konsentrat. Pemberian hijauan pakan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan serat dan energi kambing. Seperti pada artikel sebelumnya bahwa hijauan yang digunakan untuk pakan kambing etawa super berupa rumput gajah, rumput tailan, daun singkong, daun nangka, daun akasiah, daun albasiah dan sebagainya. Sedangkan pemberian konsentrat bertujuan untuk memnuhi kebutuhan nutrisi kambing yang tidak tersedia pada rumput dan daun-daunan seperti protein, kalsium dan sebagainya.

Menurut Mc Donald dalam Martawidjaja menyebutkan bahwa protein di dalam ransum memegang peranan penting untuk ternak muda karena dibutuhkan untuk pertumbuhan. Namun penggunaan protein ini perlu diimbangi dengan energi yang cukup. Bila kekurangan energi, sebagian protein akan digunakan sebagai energi dalam proses pertumbuhannya. Selanjutnya sebagian protein yang masuk ke dalam rumen akan didegradasi oleh mikroorganisme rumen, dan menghasilkan amonia yang diperlukan untuk mensintesa protein mikroorganisme. Mikroorganisme tersebut menjadi sumber protein untuk ternak. Namun demikian, pemanfaatan amonia untuk mensintesa protein mikroorganisme ini perlu cukup energi (Martawidjaja, 1997: 599).

Pemberian protein yang terkandung di dalam konsentrat sangatlah penting bagi pertumbuhan ternak. Akan tetapi perlu dipertimbangkan juga komposisi antara jumlah konsentrat dan hijauan pakan ternak. Untuk membuat kambing dapat tumbuh secara optimal, dan dapat berproduksi dengan baik maka perlu pemberian pakan kambing etawa dengan komposisi yang cukup. Perhitungan komposisi ransum pakan kambing etawa bisa menggunakan 90% hiauan dan 10% konsentrat atau 85% hijauan dan 15% konsentrat. Pemberian konsentrat sebanyak 3% akan sangat membantu kambing untuk tumbuh dan berproduksi secara optimal. Hal ini seperti disebutkan oleh Martawidjaja (1997: 600) yang mengatakan bahwa pemberian konsentrat sebanyak 3% dari bobot hidup merupakan taraf pemberian yang optimal karena selain meningkatkan konsumsi pakan dan pertambahan bobot hidup (PBH) tertinggi juga paling efisien dalam penggunaan pakan.

Itulah ulasan mengenai komposisi pakan kambing etawa super. Semoga tulisan tentang Pakan  Kambing Etawa Super 2  dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Daftar Pustaka

Martawidjaja, Muchji dkk. 1997. Pengaruh Taraf Pemberian Konsentrat Terhadap Keragaman Kambing Kacang Jantan Sapihan. Bogor: Balai Penelitian ternak.

Tulisan lain:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pakan Kambing Etawa Super 2"

Posting Komentar