Pakan Kambing Etawa Super 1


Pakan Kambing Etawa Yang Bagus


Ternakkambing.com-Pakan kambing etawa yang bagus sebagai pakan kambing etawa super 1 adalah pakan kambing yang senantiasa mengkombinasikan antara jenis pakan hijauan dan pakan racikan. Pakan hijauan sendiri di dalam ilmu peternakan disebut sebagai Hijauan Pakan Ternak (HPT). Sedangkan pakan racikan di dalam dunia peternakan disebut sebagai konsentrat. Hijauan Pakan Ternak atau makanan hijauan adalah seluruh bahan pakan yang berasal dari tanaman dalam bentuk daun-daunan. Yang termasuk kelompok hijauan pakan ternak ini adalah bangsa rumput (gramineae), leguminose atau daun kacang-kacangan, daun lain seperti daun nangka, aur, daun waru, daun akasia dan sebagainya (AAK, 1983: 5). Sedangkan pengertian konsentrat yaitu berupa satu bahan pakan atau terdiri dari campuran beberapa bahan pakan yang mengandung serat kasar atau bahan yang tak tercerna relatif rendah ( Siregar, 2008: 67).

Pada tulisan tentang pakan kambing etawa super akan coba diulas mengenai hijauan pakan ternak yang dibutuhkan kambing etawa. Pakan kambing etawa yang baik terutama dalam hal ini hijauan pakan ternak haruslah mengandung nutrisi yang dibutuhkan ternak untuk tumbuh dan berkembang. Berikut ini akan kami coba jelaskan mengenai jenis-jenis hijauan pakan ternak kambing etawa.
Baca juga: Contoh Konsentrat Kambing Pedaging

Rumput Taiwan

Rumput taiwan adalah jenis rumput yang biasa diberikan untuk ternak sapi. Rumput taiwan termasuk jenis rumut yyang memiliki ukuran jumbo yakni bisa mencapai ukuran 4 hingga 5 meter. 
Beberapa ciri-ciri yang dimiliki rumput taiwan adalah:
  • Berbatang lunak
  • Daunnya lebar dan memiliki bulu lembut
  • Memiliki jumlah utrisi yang baik
  • Dan memiliki pangkal batang berwarna merah yang dekat tanah
  • Tingkat produktivitas yang tinggi mencapai 300 ton/hektar per tahun
  • Mampu berproduksi sampai 7 kilogram per rumpun dalam kondisi segar

Rumput ini berasal dari Taiwan, sangat cocok digunakan sebagai pakan kambing etawa agar cepat gemuk. Jenis rumput ini juga cocok sebagai pakan kambing etawa kaligesing. 

Rumput Gajah

Rumput gajah adalah jenis rumput yang memiliki ukuran tinggi bisa mencapai 7 meter dan bisa digunakan untuk pakan ternak seperti kambing, sapi dan kuda. Rumput gajah banyak dibudidayakan peternak karena rumput gajah memiliki ketahanan terhadap cuaca panas. Ada dua varietas rumput gajah di dunia. Ada dua varietas rumput gajah di dunia yaitu varietas Hawai dan varietas Afrika. Berikut ini ciri-ciri rumput gajah adalah:
  • Tumbuh dengan tegak dan lurus
  • Memiliki rumpun yang lebat
  • Bisa tumbuh mencapai tinggi 7 meter
  • Berbatang tebal dan keras seukuran 0.5 inchi
  • Memiliki daun yang panjang dan juga tajam
  • Memiliki kandungan nutrisi berupa 19,9% bahan kering, 10,2% protein kasar,  16% lemak, 34% serat kasar, 11,7% berupa abu, dan 42,3% berupa bahan ekstrak tanpa nitrogen.


Daun Jagung

Daun jagung memiliki kandungan nutrisi yang bagus bagi ternak kambing. Daun jagung biasanya bisa diperoleh dari hasil panen jagung manis. Panen jagung manis biasanya dilakukan pada usia dua bulan, hal ini menyisakan limbah jagung berupa daun dan batang jagung yang masih hijau sehingga bisa digunakan sebagai hijauan pakan ternak.

Daun Singkong

Daun Singkong adalah daun yang berasal dari lembah perkebunan singkong. Daun singkong biasanya dipanen bersamaan dengan pemanenan singkong di kebun. Daun singkong baik untuk digunakan sebagai hijauan pakan ternak karena mengandung nutrisi yang tinggi. Selain itu daun singkong juga dapat berbahaya bagi ternak karena memiliki kandungan asam sanida (HCN) yang berbahaya bagi ternak kambing maupun sapi. Oleh karena itu perlu pertimbangan dan perhitungan sebelum memberikan daun singkong pada ternak kambing.


Daun Nangka

Daun nangka merupakan jenis hijauan pakan ternak yang sangat disukai oleh ternak kambing. Daun nagka bisa kita peroleh dari perkebunan nangka yang ada di sekitar peternakan. Biasanya nangka dimanfaatkan untuk memproduksi buah konsumsi dan buah sayur. Dan sisanya berupa limbah daun nangka bisa kita manfaatkan sebagai hijauan pakan ternak kambing etawa.

Daun Mahoni

Pohon Mahoni merupakan jenis tanaman yang sering dibudidayakan oleh masayarakat sebagai tanaman penghasil kayu. Pohon mahoni sangat digemari oleh masyarakat karena kayunya termasuk jenis kayu kualitas unggulan berkelas sedang. Sementara bagi peternak sendiri, limbah kayu mahoni berupa daunnya bisa dimanfaatkan untuk pakan kambing etawa.


Daun Waru

Pohn waru juga jenis kayu yang sering dibudidayakan oleh masyarakat untuk dimanfaatkan kayunya. Hasil limbah kayu waru berupa daun waru sangat digemari oleh kambing terutama kambing etawa.


Daun Akasiah

Kayu akasiah merupakan jenis kayu yang sangat digemari oleh orang. Kayu kasiah merupakan jenis kayu keras yang sangat diminati oleh orang sebagai bahan bangunan dan bahan mebel. Limbah kayu akasiah berupa daun akasiah yang juga sangat digemari oleh kambing etawa.

Daun Albasiah

Daun albasiah merupakan hasil limbah dari jenis kayu tipe 3 yang sering dibudiayakan oleh para pekebun. Daun albasiah berbentuk seperti daun sengon. Daun albasiah aman digunakan sebagai pakan ternak kambing.

Itulah ulasan mengenai hijauan pakan ternak kambing etawa. Semoga tulisan tentang Pakan Kambing Etawa Super 1 dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Daftar Pustaka
AAK. 1983. Hijauan Makanan Ternak, Potong, Kerja & Perah. Yogyakarta: Kanisius.
Siregar, Sori Basya. 2002. Penggemukan Sapi (Revisi). Bogor: Penebar Swadaya.

Tulisan lain


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pakan Kambing Etawa Super 1"

Posting Komentar