Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)


Sakit Mata Pada Kambing

Ternakkambing.com-Ada berbagai macam penyakit pada kambing yang menjadi masalah bagi peternak. Salah satu dari sekian banyak penyakit kambing adalah sakit mata kambing atau dalam istilah kesehatan hewan disebut Pink Eye. Pink Eye merupakan suati penyakit yang bersifat meradang pada mata dan menular ke ternak lainnya yang menyerang jenis ternak kambinng, sapi dan juga domba. Pink eye merupakan penyakit yang bersifat epidemik karena biasa terjadi tiap tahun di tempat yang sama. Peyakit pink eye dapat timbul secara tiba-tiba terutama pada hewan yang mengalami kelelahan (Blood dkk, 1983).
Baca juga: Manfaat Susu Kambing Etawa Lengkap
Penyakit pink eye dapat dengan cepat menular pada ternak lain apabila salah satu ternak kita telah terjangkit penyakit ini. Angka kematian diakibatkan oleh pink eye sebenarnya tidak tinggi, tetapi dapat menimbulkan keriguian ekonomi. Ternak kambing yang terserang penyakit pink eye biasanya akan mengalami penurunan berat badan dan juga produksi susu karena kambing tidak nafsu makan dan susah untuk melihat.
Baca juga:
  1. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  2. Efek Negatif Gedebok Fermentasi Pakan Kambing
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi
Penyakit pink eye lebih mudah menyerang kambing muda daripada kambing dewasa. Perubahan cuaca yang ekstrim juga terkadang sering menjadi penyebab terjadinya penyakit mata kambing ini. Penyakit mata pada kambing disebabkan oleh rickettsia colesiota.
Faktor lain selain perubahan cuaca ekstrim yang menyebabkan penyakit mata pada kambing adalah infeksi lalat, udara, debu, benda asing hewan pembawa dan trauma serta kekurangan vitamin A.

Tanda-Tanda Kambing Terkena Sakit Mata

Ternak kambing yang mengalami sakit pink eye akan memiliki gejala-gejala seperti berikut ini:
Demam tinggi selama 2-3 hari
Kambing mengalami penurunan nafsu makan
Mata mengalami kabur dan biasanya ditandai sedikit buram pada bola matanya
Kambing terlihat kebingungan dan sedikit mengalami kesulitan untuk melihat

Penularan Penyakit Mata Kambing

Penyakit mata kambing dapat menular melalui berbagai media seperti lalat, makanan, air, sentuhan langsung dan benda-benda lain seperti perlengkapan kandang. Kambing yang mengalami sakit mata kambing akan terlihat keluar cairan dari mata dan terjadi pembendungan pembuluh darah di mata. Hal ini terjadi 2-3 hari. Setelah dua hari berikutnya, mata kambing akan mengalami kekeruhan dari tengah mata dan kemudian menyebar ke samping bola mata.
Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa
Apabila hal ini dibiarkan, maka bintik putih yang timbul pada mata kambing akan bertambah dan semakin melebar sehingga menutupi pupil mata dan hampir seluruh bagian mata kambing. cairan yang agak kental akan lengket pada kelopak mata kambing dan dapat menimbulkan rasa yang sakit pada mata. Infeksi lebih lanjut penyakit mata kambing akan berakibat mata kambing buta.


Pencegahan Sakit Mata Kambing

Beberapa hal dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit mata pada kambing. umumnya pencegahan penyakit mata kambing agak sulit karena banyak faktor pembawa yang menjadi perantara penularan penyakit mata pada kambing. Akan tetapi, upaya yang terbaik adalah melakukan pencegahan daripada pengobatan sehingga tidak menimbulkan kerugian secara ekonomi akibat kambing terkena sakit mata kambing. berikut ini upaya untuk melakukan pencegahan sakit mata pada kambing.

  • Mengkarantina dan memisahkan kambing yang terkena penyakit mata kambing atau memusnahkannya
  • Kambing yang diisolasi dipisahkan jauh dari kandang kambing lainnya supaya mencegah lalat, udara dan benda lain menjadi perantara penularan penyakit sakit mata kambing
  • Membersihkan kandang dan juga sanitasi kandang supay terbebas dari genangan air yang bisa menjadi sumber berbagai penyakit kambing terutama penyakit mata kambing
  • Memlihara kambing dangan rasio kepadatan yang normal serta mengurangi jumlah kambing jika dalam kandang tersebut ada yang terkena penyakit mata kambing
  • Pemberian formulasi pakan kambing yang memiliki cukup nutrisi dan energi terutama vitamin  A untuk menjaga kesehatan kambing.

Baca juga:
  1. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya
  2. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya

Pengobatan Sakit Mata Kambing

Beberapa hal dapat menjadi alternatif pengobatan sakit mata kambing. pemberian antibiotik bagi kambing yang mengalami sakit mata kambing cukup efektif jika memang kondisi sakit mata masih tahap ringan. Akan tetapi, untuk pengobatan sakit mata kambing yang sudah akut akan membutuhkan waktu yang lama.  Berikut ini beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan pada kambing yang mengalami sakit mata:

  • Pemberian salep mata langsung pada mata kaambing yang sakit. Pemberian salep mata pada kambing bisa menggunakan sulfathiazole 5%, zinc sulfat 2,5%, salep bacitrasin (R282), atau campuran anti bakterial lokal dan anestesial lokal. 
  • Mengobati dengan pemberian salep tetracycline atau salep oritromycin yang diberikan sebanyak 3-4 kali sehari.
  • Pemberian obat secra injeksi yang dpat dilakukan dengan memakai oxytetracycline dengan dosis 10-20 mg per kg berat kambing. 
  • Pencampuran obat dalam makanan. Obat oxytetracycline dapat dicampurkan dengan makanan pada kambing sebanyak 85 mg per ekor kambing per harinya selama kambing mengalami sakit.
  • Pemberian furazone powder atau LA 200 dengan cara disuntikkan pada kambing atau diteteskan pada mata kambing. 

Daftar Pustaka

Blood dkk. 1983. Veterinary Medicine. Lea & febiger: Philadelphia. 

Itulah ulasan mengenai kambing yang terkena sakit mata dan penyakit kambing. Semoga tulisan tentang Obat Sakit Mata kambing (Pink Eye) dapat menjadi wawasan bagi para pembaca. Jika ada masukan dan pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah tulisan ini. Mohon maaf jika dalam penulisan ini masih terdapat banyak kekurangan. Terima kasih.
Tulisan lainnya:
  1. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  2. Cara Kawin Suntik Kambing
  3. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  4. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  5. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Obat Sakit Mata Kambing (Pink Eye)"

  1. selamat sore...
    saya boleh tidak kang mengelola web ini, jikalau boleh ini no saya 089661375008

    BalasHapus