Obat Kambing Lumpuh Efektif


Kambing Lumpuh


Ternakkambing.com-Berbagai kendala sering dihadapi oleh orang-orang dalam menjalankan usahanya. Tidak terlepas kemungkinan juga peternak kambing. Salah satu kendala peternak dalam menjalankan usaha ternak kambing adalah penyakit kambing. Ada sekitar 17 penyakit kambing. Dari sekian banyak penyakit tersebut, jenis penyakit kambing yang sering dialami peternak adalah kambing lumpuh.  Dalam tulisan ini akan kita bahas mengenai obat kambing lumpuh efektif.
Baca juga: Manfaat Susu Kambing Etawa Lengkap

Pengertian Kambing  Lumpuh

Pengertian kambing lumpuh adalah kambing yang mengalami kondisi sakit dan secara tiba-tiba tidak bisa berjalan bahkan berdiri. Kambing lumpuh disebut juga sebagai penyakit polio kambing. Penyakit kambing lumpuh atau polio kambing tidak jauh berbeda dengan polio pada baita. Sudah seharusnya peternak tidak asing lagi dengan istilah penyakit kambing lumpuh atau polio yang merupakan jenis penyakit yang mematikan.


Penyebab Kambing Lumpuh

Penyakit kambing lumpuh atau polio kambing atau disebut juga sebagai Poliochepalomalacia (PEM) adalah jenis penyakit metabolik. Penyakit kambing lumpuh menyerang sistem saraf pusat dan sistem pergerakan pada kambing. Penyebab kambing lumpuh adalah karena kambing mengalami kekurangan Vitamin B1 (Thiamin). Kekurangan Tiamin disebabkan karena asupan vitamin B1 yang kurang. Selain itu, kekurangan tiamin juga disebabkan oleh kelebihan pemberian pakan butiran dan konsentrat sehingga mempengaruhi aktivitas mikroba di dalam rumen. Pada kondisi ini, mikroba dalam rumen kambing yakni spesies Bacillus aneurinolyticus dan Clostridium Sporogenes akan menghasilkan enzim Tiaminase. Enzim tiaminase bersifat merusak tiamin sehingga menyebabkan katabolisme atau pencernaan karbohidrat gagal. Akibatnya, kambing mengalami kekurangan energi karena pencernaan karbohidrat di dalam tubuh kambing gagal yang akhirnya berujung pada penyakit kambing lumpuh atau PEM. 

Defisiensi tiamin atau vit B1 juga disebabkan oleh beberapa hal yaitu penggunaan terapi antiprotozoa amprolium dalam jangka waktu lama, penggunaan antithelmintik dalam dosis yang tinggi, pola pakan grazing dengan pupuk pasteurisasi, dan pakan yang telah terkontaminasi sulfur.


Gejala Kambing Lumpuh

Sebenarnya penyakit kambing lumpuh sanagt jarang terjadi, tetapi penyakit ini biasanya menyeran indukan bunting ataupun anak kambing. Para peternak sebaiknya mengetahui gejala-gejala penyakit kambing lumpuh sehingga kambing lumpuh bisa segera diatasi. Penyakit kambing lumpuh adalah penyakit yang sangat kronis sehingga kambing akan cepat sekali mati jika sudah terkena penyakit ini. Beberapa kasus di lapangan menyebutkan kambing yang mati secara mendadak disebabkan karena kembung. Akan tetapi, pada beberapa kasus kambing mati mendadak tersebut disebabkan oleh penyakit kambing lumpuh. tanda-tanda untuk mengenali kambing terserang penyakit kambing lumpuh adalah:
  • Kambing terlihat berjalan atau berdiri sempoyongan disertai kepala mendongak ke atas.
  • Temperatur tubuh meningkat
  • Detak jantung dan respirasi juga meningkat
  • Kelumpuhan pada otot kaki dan juga rahang bawah
  • Mata yang terlihat keruh dan keputih-putihan seperti terkena pink eye


Pengobatan Kambing Lumpuh

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati kambing lumpuh seperti diberikan obat kambing lumpuh dan sebagainya. Berikut ini beberapa alternatif atau pengobatan kambing lumpuh yang bisa kita lakukan.
  • Terapi atau pemberian vitamin B1 dengan injeksi ataupun melalui oral
  • Pemberian anti radang dan terapi cairan jika dirasa perlu. Hal ini untuk memberikan atau mengganti nutrisi kekurangan karbohidrat.


Pencegahan Kambing Lumpuh

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kelumpuhan pada kambing adalah:
  • Pemberian formulasi pakan yang tepat sesuai dengan nilai kebutuhan nutrisi harian kambing
  • Penambahan mineral di dalam pakan kambing
  • Kurangi penggunaan pakan konsentrat dan pakan kering yang terlalu tinggi
  • Pemberian pakan hijauan yang cukup


Itulah bahasan mengenai kambing lumpuh. semoga tulisan tentang Obat Kambing Lumpuh Efektif dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.
Tulisan lainnya:
  1. Cara Ternak Kambing Potong
  2. 12+ Jenis Makanan Kambing Selain Rumput
  3. 15 Manfaat Susu Kambing Untuk Kecantikan
  4. Harga Kambing Etawa 2017
  5. Kambing Terbesar dan Termahal
  6. Ternak Kambing Modal 5 Juta
  7. Pakan Ternak Kambing Alternatif Yang Baik
  8. Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Kambing Jawa Efektif
  9. Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Dengan EM4 Secara Tepat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obat Kambing Lumpuh Efektif"

Posting Komentar