Membuat Kandang Kambing Dari Bambu


Pengertian Kandang Kambing dari Bambu

Ternakkambing.com-Kandang kambing memiliki fungsi yang sangat strategis dalam pemeliharaan ternak kambing. Kandang kambing menjadi tempat bagi kambing untuk tidur, berlindung dari cuaca, dan sebagai tempat berkembang biak. Untuk membuat kandang kambing, banyak pilihan bahan yang bisa digunakan. Ada beberapa kandang kambing berdasarkan bahan pembuatan yaitu kandang kambing dari bambu, kandang kambing dari kayu, kandang kambing kombinasi kayu dan bambu, kandang kambing besi, dan kandang kambing lantai semen. Pada tulisan ini kita akan membahas terkait kandang kambing dari bambu.

Tujuan Kandang Kambing Dari Bambu

Kandang kambing dari bambu memiliki beberapa tujuan di antara adalah sebagai berikut:
  • Untuk mengurangi pengeluaran biaya pembuatan kandang dari kayu.
  • Memanfaatkan material bambu yang kita miliki dari tanaman bambu kita
  • Memudahkan pengerjaan

Baca juga: Cara Ternak Kambing Jawa Yang Benar dan Lengkap

Manfaat Kandang Kambing dari Bambu

Kandang kambing dari bambu memiliki beberapa manfaat baik bagi peternak maupun untuk kambing. Beberapa manfaat kandang kambing bambu adalah sebagai berikut ini:
  • Sebagai tempat berlindungnya ternak kambing dari hujan dan kepanasan
  • Meilndungi kambing dari serangan binatang buas
  • Sebagai tempat tinggal dan berkembang kambing
  • Tempat untuk melakukan segala aktifitas sampai kambing tumbuh dewasa


Kelebihan Kandang Kambing dari bambu

Kandang kambing dari bambu memiliki beberapa kelebihan dari kandang kambing material lainnya. berikut ini kelebihan kandang kambing dari bambu:
  • Biaya bahan baku murah
  • Bahan baku mudah didapatkan
  • Pembuatan kandang kambing dari bambu mudah dikerjakan
  • Tidak perlu banyak tenaga, bahkan bisa kita kerjakan berdua atau bertiga saja


Kekurangan Kandang Kambing dari Bambu

Kandang kambing dari bambu memiliki beberapa kekurangan seperti:
  • Bahan tidak tahan lama
  • Kurang kuat
  • Masih membutuhkan bahan lainnya seperti kayu balok
  • Kurang rapi


Pembuatan Kandang Kambing dari Bambu

Kandang kambing dari bambu bisa menjadi alternatif bagi para peternak pemula yang ingin menjalankan usaha ternak kambing. Biaya pembuatan kandang kambing dari bambu cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan biaya pembuatan kandang dari kayu maupun biaya pembuatan kandang dari besi dan bahan lainnya. lalu bagaimana cara membuat kandang kambing dari bambu? Berikut ini cara pembuatan kandang kambing dari bambu setahap demi setahap:


Menyiapkan Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kandang kambing dari bambu yaitu bambu dengan jenis bambu wulung atau bambu hijau dengan ukuran (1m, 2m, 3m, 4m, dan 6m), kayu usuk dengan panjang 4m, kayu balok dengan ukuran (4m dan 6m). Bambu dengan berbagai ukuran tersebut berbeda-beda keguanaannya. Untuk bambu ukuran 1meter nantinya digunakan untuk tiang penyekat kandang kambing, bambu ukuran 2 meterdigunakan sebagai penyekat atau pembatas kandang kambing, ukuran 3 dan 4 meter digunakan sebagai lantai kandang kambing. Sementara kayu usuk digunakan sebagai tatakan lantai kandang kambing dan atap, sementara kayu balok berfungsi untuk digunakan sebagai tiang dan rangka  utama kandang kambing. Bahan yang lainnya adalah  atap, dalam hal ini kita gunakan saja asbes yang cukup rngan dan bisa menahan panas terik matahari.

Menentukan pola kandang kambing

Buatlah gambar pola kandang kambing berdasarkan kebutuhan dan jumlah bahan yang sudah disiapkan. Untuk ukuran kandang kambing dengan jumlah 10 ekor, maka sebaiknya kandang sebaiknya berukuran paling tidak berukuran 8 meter persegi. Perhitungannya yaitu untuk satu ekor kambing diperlukan kandang seluas 0,6m x 1,5m. Untuk hal ini penulis menyarankan untuk membuat kandang dengan ukuran 4m x 8m dengan pola kandang berhadapan dengan tengah-tengah sebagai jalan peternak untuk memberikan makan kambing.


Menyiapkan lantai dasar kandang kambing

Kandang kambing yang baik seharusnya memudahkan peternak untuk membersihkannya. Untuk hal ini penulis memberikan saran untuk membuat lantai dasar kandang kambing terbuat dari semen sehingga memudahkan pembuangan kotoran kambing yang jatuh ke bawah. Pembuatan lantai dasar kandang kambing dibuat dengan semen dengan kemiringan sekitar 10 derajat sampai 20 derajat ke samping luar dengan tujuan agar kotoran dan urine kambing dapat turun ke samping luar kandang. Selain itu perlu juga dibuatkan parit guna menampung kotoran dan urin yang terbuang sedalam sekitar 30cm.

Menyiapkan Kerangka Kandang kambing

Kerangkka kandang kambing dibuat dari kayu balok yang sudah disiapkan tadi. Kerangka kandang kambing dibuat dengan ukuran 4m x 8m dan ditambah 0,5m-1m masing-masing sisi sebagai tempat melebihkan atap agar air tidak masuk kandang saat hujan.


Menyiapkan rangkaian lantai kandang kambing

Setelah rangka terbentuk, tahap berikutnya adalah menyiapkan lantai kandang kambing dari bambu. Lantai kandang kambing dibuat dengan ukuran 2mx4m. Setelah rangkaian lantai kandnag selesai dibuat, kita bisa pasangkan rangkaian pada kerangka inti kandang kambing.

Pemasangan atap

Atap di pasang sengan menggunakan ususk dari bambu yang lurus. Lebih baik lagi pemasangan atap menggunakan kayu usuk supaya lebih rapi dan tidak terjadi gemlombang yang akan berakibat terlepasnya atap.


Pembuatan sekat masing-masing dengan ukuran 2mx4m

Pembuatan sekat dibuat dengan ukuran 2mx4m dengan tujuan untuk bisa mengelompokkan ternak berdasarkan umur, jenis kelamin dan kondisi ternak kambing. Pembuatan sekat ini dibuat dengan menggunakan bambu berukuran 1m dan 2m. Setelah pembuatan sekat selesai dilakukan, tinggal pebuatan tempat pakan kambing di samping kanan dan kiri kandang di bagian tengah atau lorong tengah kandang.

Pengecekan

Tahap terakhir pembuatan kandang yakni pengecekkan. Tahap pengecekkan bertujuan untuk memeriksa apakah ada hal yang masih tertinggal dan perlu diperbaiki sebelum kambing memasuki kandang. Hal ini penting dilakuakan untuk menghindari kecelakaan pada kambing semisal karena kandang roboh dan sebagainya.

Itulah ulasan tentang kandang kambing dari bambu. Semoga tulisan tentang Membuat Kandang Kambing Dari Bambu dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.
Tulisan lainnya:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Kandang Kambing Dari Bambu"

Posting Komentar