Manfaat Susu Kambing Etawa Lengkap


Susu Kambing Etawa


Ternakkambing.com-Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat susu kambing etawa lengkap. Susu merupakan hasil emulsi lemak di dalam air dengan komposisi pokok berupa air, protein, lemak dan laktosa. Susu kambing memiliki keunggulan dibandingan dengan susu sapi.susu kambing memiliki ukuran globula sebesar 1-10 mikro meter. Sedangkan jumlah globula yang mempunyai ukuran globula kurang dari 5 mikro meter terdapat lebih banyak pada susu kambing yakni sekitar 80% jika dibandingkan globula pada susu sapi yang hanya sekitar 60%. 

Susu kambing juga mengandung komposisi asam lemak rantai sedang yaitu berupa asam kaprilat (C8:0), asam kaproat (C6:0), dan asam kaprat (C10:0) dalam jumlah yang lebih banyak. Asam lemak esensial yang terkandung di dalam susu kambing tersebut mempunyai pengaruh yang positif bagi kesehatan. Beberapa asam lemak tersebut menyebabkan karakteristik yang khas pada susu kambing yakni beraroma prengus atau goaty (Setyawardani, 2007: 5). Untuk memahami lebih lanjut tentang manfaat susu kambing etawa lengkap, mari kita baca uraian kandungan nutrisi susu kambing di bawah ini.
Baca juga : Pakan Ternak Kambing Alternatif Yang Baik

Kandungan Nutrisi Susu Kambing

Kandungan nutrisi pada susu kambing dinilai per 100 gram porsi makanan adalah sebagai berikut.
No.
Nama
Jumlah
Satuan
1
Air
87
g
2
Energi
288
Kj
3
Energi
68
Kkal
4
Protein
3,4
g
5
Karbohidrat
4,4
g
6
Lemak Total
3,8
g
7
Serat
0
g
8
Ampas
0,8
g
9
Mineral


Besi (Fe)
0,05
Mg
Fosfor (P)
110
Mg
Kalsium (Ca)
133
Mg
Magnesium (Mg)
13,97
Mg
Mangan (Mn)
0,018
Mg
Potassium (K)
204
Mg
Sodium (Na)
49
Mg
Seng (Zn)
0,3
Mg
Slenium (Se)
1,4
Mg
10
Vitamin


Vitamin C (asam ascorbic)
1,29
Mg
Niacin
0,277
Mg
Riboflavin
0,138
Mg
Thiamin
0,048
Mg
(Setyawardani, 2007: 9).

Perbandingan Kandungan Nilai Gizi pada Susu Kambing Dengan Susu Sapi

Pada dasarnya, perbandingan nilai gizi yang terdapat susu kambing dan susu sapi tidak jauh berbeda. Nilai gizi yang terkandung di dalam susu sapi adalah 3,2% protein, 4,1% laktosa, 3,6% lemak, dan 0,7% mineral. Sementara susu kambing memiliki nilai gizi berupa 3,8% lemak, 3,4% protein, 4,1% laktosa, dan 0,8% mineral.

Berikut ini merupakan gambaran perbandingan susu kambing dengan susu sapi.

Vitamin dan Mineral Pada Susu Kambing & Sapi

Susu kambing memiliki kandungan vitamin A lebih tinggi daripada susu sapi. Pada susu kambing, terkandung lebih banyak vitamin B, terutama riboflavin. Sedangkan susu sapi lebih unggul pada kandungan vitamin B6 dan B12. Pada susu kambing, kandungan niacin lebih tinggi daripada susu sapi. Susu kambing juga mengandung mineral yang cukup tinggi seperti kalium, kalsium, fosfo, magnesium, klorin dan juga mangan, tetapi mengandung rendah garam (sodium), sulfur dan zat besi.

Enzim Pada Susu Kambing

Enzim yang terkandung pada susu kambing di antaranya adalah ribonuklease, lipase, alkalin fosfatase serta xantin oksidase  yang dibutuhkan untuk mencerna susu.

Lemak & Protein

Pada susu kambing, lemak dan protein lebih mudah dicerna karena lemak pada susu kambing memiliki lebih tinggi asam lemak berantai pendek. Ukuran partikel dan lemak pada susu kambing juga lebih kecil. Kandungan kolesterol pada susu kambing lebih sedikit dibandingkan dengan kandungan lemak pada susu sapi. Oleh karena itu, susu kambing aman dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet. 
(Moeljanto & Bernardius, 2002: 10-11).

Manfaat Susu Kambing

  • Susu kambing lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh karena memiliki globula lemak yang berdiameter lebih kecil dan lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Oleh karena itu susu kambing sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan pencernaan atau orang Indonesia yang cenderung susah untuk mencerna susu sapi.
  • Susu kambing mampu memperbaiki fungsi saluran pencernaan karena mengandung asam lemak kaprilat dan kaprat. Asam lemak ini mengandung lebih sedikit asam lemak rantai sedang dibandingkan dengan susu sapi.
  • Susu kambing aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan alergi atau bersifat hipoalergenik karena memiliki kandungan lemak yang lebih rendah daripada susu sapi. Jumlah gelembung lemak yang terdapat pada susu kambing hanya 1/9 dari gelembung susu sapi.
  • Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa ada  hubungan antara konsumsi susu kambing etawa dengan peningkatan kemampuan penyerapan zat besi (Fe) dan tembaga (Cu) terutama pada penderita gangguan pencernaan.
  • Susu kambing memiliki kandungan kalsium (Ca) dan asam amino triptofain yang tinggi.
  • Susu kambing mampu meningkatkan regenerasi sistem saraf dan juga mampu menjaga vitalitas dan fleksibilitas tubuh karena mengandung senyawa sodium bio-organik yang tinggi.
  • Susu kambing kaya akan flourin dan betakasein yang berfungsi untuk terapi tuberkulosis (TBC) dan juga asma.
  • Susu kambing baik untuk ibu hamil dan menyusui karena mampu memperlancar produksi ASI.
  • Susu kambing mengandung senyawa yang dapat memperhalus kulit dan juga mampu memperkecil pori-pori wajah sehingga baik digunakan untuk masker wajah dan lulur.
(Setyawardani, 2007: 6).

Khasiat Lain Yang Dimiliki Susu Kambing

  • Susu kambing bersifat antiseptik secara alami sehingga bisa menekan perkembangbiakan bakteri di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan oleh kadar flourine 10-100 kali lipat lebih besar daripada susu sapi.
  • Susu kambing aman dikonsumsi bagi tubuh karena bersifat basa
  • Susu kambing tidak menyebabkan diare karena memiliki protein yang lembut dan memiliki efek laktasif yang ringan
  • Kandungan lemak yang terdapat pada susu kambing lebih mudah dicerna karena memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus serta lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi. Ukuran butiran lemak pada kambing lebih kecil daripada sapi yakni butiran lemak pada kambing hanya sebesar 3,49 mikrometer sedangkan pada sapi sebesar 4,55 mikrometer. Karena hal inilah susu kambing tidak menimbulkan alergi bagi yang mengkonsumsi.
  • Susu kambing mengandung beberapa zat seperti Sodium (Na), kalsium (Ca), Fluorin (F), dan Fosfor (P) yang lebih dominan dibandingkan dengan kandungan gizi lainnya sehingga susu kambing berkhasiat untuk:
  • Menetralisasi asam lambung dan membantu pencernaan
  • Membantu menyembuhkan alergi pada kulit, pencernaan dan saluran pernafasan
  • Susu kambing mampu menyembuhkan beberapa penyakit paru-paru seperti asma, TBC, dan juga infeksi akut.
  • Susu kambing juga mampu menyembuhkan kelainan yang terjadi pada ginjal seperti sindrom neprotik, infeksi pada ginjal dan juga asam urat
  • Membantu untuk menyembuhkan rematik dan juga mencegah osteoporosis.
  • Mampu menambah vitalitas dan juga daya tahan tubuh
  • Mengatasi impotensi dan gangguan seksual pada pria maupun wanita
  • Susu kambing juga mempunyai efek antikanker
(Moeljanto & Bernardius, 2002: 6-7).

Daftar Pustaka

Setyawardani, Triyana. 2007. Membuat Keju, Yoghurt, & Kefir dari Susu Kambing. Purwokerto: Penebar Swadaya.
Moeljanto & Bernardius. 2002. Khasiat & Manfaat Susu Kambing. Bogor: Agromedia Pustaka.

Itulah bahasan mengenai beberapa manfaat susu kambing. Semoga tulisan tentang Manfaat Susu Kambing Lengkap ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.
Tulisan lainnya:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Susu Kambing Etawa Lengkap"

Posting Komentar