Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing


Pengertian Rumput Odot

Ternakkambing.com-Rumput odot atau rumput gajah mini adalah jenis rumput yang sangat disukai oleh ternak kambing. Menurut cerita, rumput odot dibawa masuk ke Indonesia oleh seorang TKI berasal dari Tulung Agung bernama Pak Odot. Nama latin rumput odot adalah Pennisetum pupureum cv. Mott. Rumput odot berasal dari Amerika dan juga rumput odot masih satu famili dengan rumput gajah. Rumput odot memeiliki kandungan air yang cukup tinggi yakni sekitar lebih dari 80% dan dengan kandungan protein sebanyak 14%. 


Kandungan Nutrisi Rumput Odot

Rumput odot memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:
  • Protein kasar sebanyak 14%
  • Protein kasar pada daun 14,35%
  • Protein kasar pada batang 8,1%
  • Kadar lemak kasar pada daun 2,72%


Keunggulan rumput Odot

Rumput odot memiliki keunggulan dibandingkan dengan rumput yang lain. Keunggulan rumput odot adalah mampu tumbuh dengan lebih cepat dibandingkan rumput lain yang sejenis, memiliki batang yang pendek dan mepuk, berdaun lembut dan tidak berbulu, mampu beradaptasi pada lahan kritis sekalipun, tidak perlu dilakukan perwatan khusus, terdapat 50-80 batang dalam satu rumpun.
Baca juga:
  1. Gambar Kandang Kambing Sederhana Tapi Modern
  2. Efek Negatif Gedebok Fermentasi Pakan Kambing
  3. Dampak Negatif Pakan Fermentasi

Cara Penanaman Rumput Odot

Cara penanaman rumput odot dapat dilakukan dengan cara stek. Penanaman stek dilakukan dengan memotong batang odot kemudian dibenamkan di dalam tanah. Batang yang ditanam dipotong sepanjang 15-20cm kemudian ditanamkan sedalam 5-10 cm. Penanaman rumput odot dapat dilakukan dengan cara monokultur. Penanaman monokultur bertujuan untuk memacu pertumbuhan rumput odot dengan baik. Hal ini dilakukan karena rumput odot memiliki batang yang pendek sehingga akan sangat sulit tumbuh jika ditanam bersama rumput gajah atau tanaman lain yang memiliki ukuran lebih tinggi dari rumput odot. 
Baca juga:
  1. Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya
  2. Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya

Untuk menanam rumput odot, penanaman dilakukan dengan membuat gundukan tanah dengan lebar sekitar 60-80 cm dan ketinggian sebesar 20cm. Jarak tanam antar ruas batang adalah sekitar 50-70 cm. Pada tahap pertumbuhan rumput odot kita perlu menambahkan pupuk untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Pemupukan dapat diaplikasikan pada umur 15 hari setelah tanam dengan memakai pupuk kimia majemuk yaitu NPK sebanyak 60 kg per hektar. Pemupukan juga dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk cair dari urin sapi atau pupuk cair buatan.
Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa

Pemanenan rumput odot dapat dilakukan mulai usia tanam sekitar 70-80 hari setelah tanam. Rumput yang sudah layak dipanen memiliki ciri berupa ruas batang berukuran sekitar 15cm. Untuk pemanenan rumput odot sebaiknya mulai dilakukan jika rumput sudah berusia lebih dari 60 hari.

Itulah ulasan mengenai rumput odot. Semoga tulisan tentang Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing dapat bermanfaat bagi pembaca. Jika ada pertanyaan dan masukan, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah tulisan ini. Mohon maaf jika dalam penulisan ini masih banyak kekurangan. Terima kasih.
Tulisan lainnya:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Rumput Odot Bagi Kambing"

Posting Komentar