Manfaat Kambing Bagi Manusia Lengkap


Kambing

Ternakkambing.com-Kambing merupakan hewan ternak yang sudah sangat familiar bagi manusia karena kambing sudah dipelihara dari beratus-ratus tahun yang lalu. Kambing merupakan hewan ternak rumminansia kecil yang memiliki dua lambung, artinya kambing juga mencerna makanan sebanyak dua kali. Saat ini ternak kambing sangat diminati oleh banyak orang karena pemeliharaannya yang mudah dan juga memiliki banyak manfaat.
Baca juga: Cara Ternak Kambing Jawa Yang Benar dan Lengkap
Kambing biasanya dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi. kambing memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Lalu apa saja manfaat kambing bagi manusia? Berikut ini akan kita bahas mengenai manfaat kambing bagi manusia.


Kambing dapat dimanfaatkan dagingnya

Kambing merupakan hewan ternak yang biasanya dimanfaatkan sebagai hewan potong untuk diambil dagingnya. Daging kambing memiliki banyak protein dan juga lemak sehingga daging kambing bermanfaat bagi manusia. selain itu , daging kambing juga dipercaya untuk meningkatkan tekanan darah sehingga cocok sekali bagi orang yang mengalami tekanan darah rendah. Berbagai literatur banyak menyebutkan ada banyak (manfaat daging kambing bagi manusia).

Kambing dapat dimanfaatkan bulunya

Ada beberapa jenis kambing yang bulunya bermanfaat bagi manusia seperti kambing domba untuk dimanfaatkan bulunya untuk dijadikan wool. Wol atau bulu kambing biasanya dipakai untuk membuat jaket, benang, kasur, selimut, seprei dan lain-lain. Bulu kambing dipakai untuk menggantikan kapas sebagai bahan baku industri garmen. Bulu kambing sangat cocok untuk membuat jaket dingin atau jaket tebal di negara-negara yang memiliki iklim dingin seperti di Eropa. Itulah manfaat bulu kambing bagi manusia.

Kambing dimanfaatkan manusia sebagai penghasil pupuk

Kambing mengkonsumsi berbagai tumbuh-tumbuhan dan tanaman yang didalamnya terkandung unsur hara yang berasal dari tanah. Setelah kambing mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan dan tanaman, kambing akan menghasilkan kotoran dan urin yang mengandung nitrogen dan unsur lainnya yang sangat bermanfaat bagi tanah. Karena kandungan unsur hara yang tinggi pada kotoran kambing, banyak para petani memanfaatkan kotoran kambing sebagai pupuk. Itulah manfaat kotoran kambing bagi manusia yang dimanfaatkan sebagai pupuk.


Kambing dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan susu

Kambing memiliki banyak manfaat yang bermacam-macam seperti disebutkan di atas. Saat ini ada beberapa jenis kambing yang dapat menghasilkan susu dalam jumlah banyak. Sebenarnya semua kambing betina mampu menghasilkan susu. Akan tetapi, jumlah susu yang dihasilkan oleh jenis kambing berbeda-beda. Beberapa kambing yang mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak seperti kambing etawa dan kambing alpin. Susu kambing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. beberapa manfaat susu kambing etawa adalah untuk memenuhi kebutuhan kalsium, vitamin dan juga menyehatkan kulit.

Kambing dimanfaatkan sebagai hewan kurban bagi umat muslim

Dalam ibadah umat islam, kambing memiliki manfaat dijadikan sebagai hewan kurban. Herwan kurban bisa menggunakan, sappi, unta, kerbau dan juga kambing atau domba. Di Indonesia sendiri, biasanya orang-orang lebih suka melakukan kurban dengan menggunakan kambing karena cenderung memiliki harga yang terjangkau bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah. 

Kambing dimanfaatkan manusia sebagai hewan akikah

Salah satu syarat seorang anak lahir adalah disembelihkannya hewan kambing. Ini merupakan salah satu syarat orang muslim yang baru lahir dan berusia satu minggu. Akikah kambing ini bertujuan untuk memenuhi kewajiban umat muslim atas karunia anak yang lahir ke dunia dan sebagai wujud rasa syukur. Kambing akikah bagi anak perempuan adalah satu sedangkan syarat kambing akikah bagi anak laki-laki adalah dua ekor.


Kambing dimanfaatkan sebagai hewan aduan

Kambing domba biasanya digunakan sebagai kambing aduan untuk media hiburan dan juga tradisi. Kambing domba yang biasa digunakan sebagai kambing aduan adalah jenis kambing domba garut. Kambing domba garut adalah domba asli Indonesia yang tepatnya berasal dari daerah Garut Jawa Barat.

Kambing dimanfaatkan sebagai Kambing Kontes

Saat ini, di Indonesia masih populer dengan adanya festival atau kontes ternak. Salah satu hewan yang dijadikan sebagai hewan kontes adalah kambing. Tidak seperti kambing domba garut untuk bertarung. Kontes kambing satu ini merupakan kontes kambing terbesar dan tergagah dari tampilan fisiknya. Jenis kambing yang digunakan untuk mengikuti kontes ini adalah jenis kambing dari jenis kambing etawa atau peranakan etawa. Kambing etawa dipilih karena memiliki ukuran tubuh yang tinggi dan juga gagah. Kambing etawa memiliki bulu yang panjang di bagian paha dan juga dada, hal ini membuat kambing etawa terlihat gagah. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis kambing peranakan etawa yang terkenal yakni kambing etawa kaligesing dan kambing etawa senduro. Kedua jenis kambing ini memiliki ukuran tubuh jumbo. Hal yang membedakan dari kedua jenis ini adalah nampak pada warna bulunya. Kambing etawa senduro cenderung memiliki warna bulu dominan putih, sedangkan kambing etawa kaligesing memiliki warna bulu putih di bagian badan sampai leher, sedangkan leher sampai kepala berwarna hitam.

Itulah ulasan mengenai manfaat kambing bagi kehidupan manusia. semoga tulisan tentang Manfaat Kambing Bagi Manusia dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kambing Bagi Manusia Lengkap"

Posting Komentar