Konsentrat Kambing Pedaging Bernutrisi


Konsentrat Kambing

Ternakkambing.com-Menurut Waluyo, Konsentrat kambing atau pakan ternak dari konsentrat merupakan pakan tambahan yang dapat menambah berat kambing dan domba dengan pertambahan sebanyak 9 sampai 12 kg per ekor dalam waktu tiga bulan (Waluyo dkk. 2016: 58). Konsentrat kambing pedaging bernutrisi dapat dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana dan juga murah. Bahan konsentrat kambing pedaging tidak harus diperoleh dengan membeli. Kita bisa menggunakan limbah atau sisa produk pertanian untuk membuat konsentrat kambing potong. 

Bahan-bahan pembuatan konsentrat kambing pedaging bernutrisi bisa berupa limbah padi yakni dedak atau kulit ari beras, tetes tebu, kulit kacang tanah, limbah jagung berupa tongkol jagung, limbah singkong, ampas kelapa atau juga ampas tahu. Bahan-bahan tersebut merupakan limbah yang masih memiliki kandungan nutrisi yang baik jika digunakan sebagai campuran pakan ternak atupun untuk membuat konsentrat. Untuk lebih mengetahui pembuatan konsentrat kambing pedaging bernutrisi, coba baca lebih lanjut tulisan ini.
Baca juga: Pakan Kambing Etawa Super 2

Pembuatan Konsentrat Kambing

Bahan-bahan:
  • 50% Tongkol jagung yang sudah digiling halus
  • 20% Dedak atau kulit ari padi
  • 20% kulit kacang tanah atau bungkil kelapa. Untuk memakai bungkil kelapa harus dilakukan fermentasi selama 24 jam. Pencampuran bungkil kelapa bisa langsung dilakukan jika tidak ada campuran ampas tahu dan dedak.

Cara pembuatan:

  • Tongkol jagung halus, dedak tepung gandum, dan kulit kacang dicampur menjadi satu
  • Semua bahan diaduk sehingga tercampur menjadi satu. Bahan-bahan yang sudah tercampur bisa dilakukan pengayakan jika terdapat pengggumpalan. 
  • Untuk membuat konsentrat lebih awet, maka bisa dilakukan pengeringan menggunakan oven


Pemberian Konsentrat Pada Kambing Pedaging

Konsentrat kambing pedaging dapat diberikan pada kambing sebagai makanan tambahan. Untuk pemberian konsentrat pada kambing pedaging adalah sebagai berikut.
Konsentrat diberikan pada kambing pedaging dengan pemberian sebanyak dua kali sehari dengan jumlah pemberian 10% dari bobot ternak.

Konsentrat kambing dapat dicampurkan dengan pakan fermentasi sebagai pengganti sumber protein seperti ampas tahu dengan perbandingan 20% konsentrat dan 80% serat atau hijauan.
Campuran konsentrat ini diberikan pada kambing yang sudah berumur lebih dari 3 bulan atau usia lepas sapih (Waluyo, 2016:60-61).

Itulah bahasan mengenai konsentrat kambing pedaging. semoga tulisan tentang Konsentrat Kambing Pedaging Bernutrisi bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Daftar Pustaka

Waluyo, Sri dkk. 2016. Beternak Kambing & Domba Cepat Gemuk, Tahan Penyakit, Bebas Bau. Jakarta : Agromedia Pustaka.

Tulisan lainnya:
  1. Pakan Kambing Etawa Super 1
  2. Jenis Kambing Jawa Super
  3. Cara Ternak Kambing Modern Yang Benar
  4. Tips ternak Kambing Agar Sukses
  5. Contoh Konsentrat Kambing Pedaging
  6. Jamu Kambing Agar Cepat Gemuk Ampuh




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsentrat Kambing Pedaging Bernutrisi"

Posting Komentar