Kandang Kambing Kacang dan Pembuatannya


Kandang Kambing Kacang

Ternakkambing.com-Kandang kambing merupakan tempat tinggal kambing dimana kambing melakukan segala aktifitasnya mulai dari tidur, makan, tumbuh, berkembangbiak dan juga bermain. Kandang kambing perlu dibuat dengan kokoh, aman, dan nyaman bagi kambing. Kandang kambing kacang dapat dibuat dengan bahan-bahan sederhana dan murah dan juga dapat dibuat dengan bahan berkualitas dengan harga tinggi. Dalam tulisan ini kita akam membahas cara membuat kandang kambing kacang.
Baca juga: Membuat Kandang Kambing Dari Bambu

Fungsi Kandang Kambing Kacang

Kandang kacang dapat berfungsi sebagai tempat tinggal kambing secara umum. Berikut ini fungsi kandang kambing kacang:
  • Kandang kambing kacang berfungsi untuk tempat tinggal dan hidup kambing selama dipelihara
  • Kandang kambing kacang berfungsi untuk melindungi ternak dari serangan binatang buas
  • Kandang kambing kacang berfungsi untuk berlindung ternak kambing dari hujan, panas dan dingin
  • Kandang kambing kacang berfungsi untuk mengamankan ternak dari pencuri
  • Kandang kambing kacang berfungsi untuk menjauhkan kambing kacang dari serangga, bakteri, dan cacing penyebab penyakit
  • Kandang kambing kacang pejantan berfungsi untuk tempat mengawinkan kambing
  • Kandang kambing kacang berfungsi untuk melakukan penggemukan

Jenis Kandang Kambing Kacang

Berikut ini merupakan jenis-jenis kandang kambing kacang berdasarkan tipe kandang dan bahan pembuatan kandang kambing:


Tipe Kandang Kambing Kacang

Kandang Biasa atau Kandang Nglemprak

Kandang biasa adalah jenis kandang kambing yang dibuat dengan lantai di bawah yang terbuat dari semen. Untuk melindungi kambing kacang dari dinginnya lantai, kandang ini perlu diberi rerumputan atau jerami kering. Kandang ini biasanya digunakan untuk membudidayakan kambing pedaging skala besar dengan luas peternakan yang juga luas.

Kandang Panggung

Kandang panggung adalah jenis kandang kambing yang dibuat dengan cara dibuat panggung. Tujuan kandang panggung adalah untuk melindungi kambing dari serangga maupun cacing yang bersarang di tanah. Selain itu kandang panggung lebih bersih karena kotoran kaming langsung jatuh ke tanah dan terpisah dari kambing. Kandang kambing pangguung juga biasanya dibuat guna menghemat pengeluaran biaya bahan semen dan pasir.


Kandang kambing Tipe Baterei

Kandang kambing tipe baterei adalah kandang kambing yang dibuat dengan memisahkan kambing menjadi satu satu per kotak baterei kandang. Kandang kambing baterei biasanya digunakan sebagai tempat penggemukan kandang kambing jantan yang cenderung suka berkelahi jika ada kambing baru atau sesama pejantan. Kandang kambing baterei juga biasa digunakan untuk memelihara kambing perah karena dengan cara dipisahkan satu satu kambing tidak saling berebut makanan.


Kandang Kambing Tipe Koloni atau Kelompok

Kandnag kambing tipe koloni merupakan kandang kambing yang digunakan untuk memelihara beberapa ekor kambing dalam satu petak kandang. Kandang kambing koloni biasanya digunakan untuk membesarkan kambing anakan lepas sapih menuju dewasa. Kandang kambing koloni juga sering diterapkan di Australia untuk memelihara kambing boer dengan skala yang sangat luas.


Pembuatan Kandang Kambing Kacang

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk pembuatan kandang kambing kacang adalah sebagai berikut:


Menentukan Ukuran Kandang kambing kacang dan kapasitasnya

Untuk menentukan ukuran kandang kambing kacang, perlu juga untuk menentukan jumlah kambing kacang yang akan kita pelihara. Dalam hal ini penulis menyarankan untuk membuat kandang kambing kacang dengan ukuran 4m x 6m. Ukuran kandang 4m x 6m digunakan untuk memelihara kambing sebanyak 20 ekor. Perhitungannya adalah untuk ukuran kandang seluas 8 meter persegi digunakan untuk memelihara kambing sebanyak 10 ekor.


Menyiapkan Bahan pembuatan Kandang Kambing Kacang

Setelah ukuran kandang ditentukan berdasarkan rencana pemeliharaan, tahap berikutnya adalah menyiapkan bahan pembuatan kandang kambing kacang. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat satu unit kandang kapasitas 20 ekor adalah : Balok kayu 10 cm sebanyak 4 kubik, kayu usuk sebanyak 5 kubik, kayu reng sebanyak 8 kubik, asbes sebanyak 20 buah. Selain menggunakan kayu, kita juga bisa menggunakan bambu. Bambu yang digunakan untuk membuat kandang kambing haruslah bambu yang kuat dan lurus. Beberapa jenis bambu yang bagus untuk emmbuat kandang kambing adalah bambu petung, bambu hijau, bambu wulung dan bambu tali. Pilihlah bambu yang berukuran besar dan lurus. Gunakan bambu yang sudah tua dan usahan untuk menebang bambu pada bulan 3 kalender jawa untuk mendapatkan mangsa ke 9 karena bambu akan berada pada usia paling tua dalam satu tahunnya sehingga awet digunakan. Selain itu bahan-bahan tersebut sebaiknya direndam terlebih dahulu pada obat anti serangga atau anti rayap selama satu bulan. Hal ini untuk memperpanjang umur kandang kambing kacang.

Proses Pembuatan Kandang Kambing Kacang

Berikut ini beberapa proses pelaksanaan pembuatan kandang kambing kacang:

Pembuatan Lantai Dasar Kambing Etawa

Lantai dasar kandang kambing etawa dibuat dengan menggunakan semen. Campuran adukan semen yaitu  dengan perbandingan semen : pasir sebanyak 1 : 8. Pembuatan lantai dasar kandang kambing dibuat dengan kemiringan sekitar 10-20 derajat. Tujuan kemiringan ini untuk mempermudah pembuangan kotoran dan urin kambing. Di bagian luar dibutakan parit kecil dengan kedalaman sekitar 30 cm dengan lebar 30 cm. Tahap terakhir pembuatan lantai dasar kandang kambing adalah pengacian. Tujuan pengacian adalah agar lantai dasar kandang kambing licin dan mudah membuang atau mengalirkan urin ke parit. 


Pembuatan Rangka Kandang Kambing Kacang

Setelah lantai kandang yang dibuat sudah mengering, tahap berikutnya adalah membuat kerangka kandnag dengan balok yang sudah disiapkan. Kerangka kandang kambing bisa dibuat dengan dua model yakni satu sisi kandang satu atap atau dua sisi kandang satu atap. 

Pemasangan Lantai Kandang kambing

Lantai kandang kambing dibuatdengan menggunakan kayu usus dan reng. Selain dengan menggunakan kayu reng, kita juga bisa menggunakan bambu. Pembuatan lantai kandang kambing dibuat dengan ukuran 2m x 4m. Pemasangan dilakukan dengan arah reng sejajar ke samping atau mengarah ke belakang petak kandang. Pembuatan pola ini bertujuan untuk mem[ermudah pembersihan kandang dari kotoran kambing dan sisa rumput.

Pemasangan dinding dan sekat kandang kambing

Pembuatan sekat kandang kambing berbeda-beda berdasarkan tipe kandang serta jumlah koloni kambing per petaknya. 

Pemeriksaan Kandang kambing

Setelah semuanya selesai, tahap terakhir adalah pemeriksaan kandang kambing. Pemeriksaan dilakukan dengan tujuan apakah kandang kambing sudah aman dari hujan, panas dan tidak bocor. Usahakan semua bagian telah rapi sehingga kambing tidak akan terluka terkena paku atau terjepit kakinya karena tertatuh pada lubang adi lantai.

Itulah ulasan mengenai kandang kambing kacang. Semoga tulisan tentang Kandang Kambing Kacang dan Pembuatannya dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.
Tulisan lainnya:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandang Kambing Kacang dan Pembuatannya"

Posting Komentar