Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya


Kambing Melahirkan

Ternakkambing.com-Secara alami, kambing merupakan hewan yang memiliki instink untuk mengetahui anggota kelompoknya, induknya atau saudaranya. Kambing mengenali kelompoknya dengan mengikuti jejak bau yang ditinggalkan. Secara fisiologi, kambing memiliki kelenjar pembau yang menghasilkan bau prengus pada kambing. fungsi kelenjar bau ini sebenarnya adalah untuk mengenali kerabat atau kelompoknya di alam. 
Baca juga: Kambing Cacat dan faktor Penyebabnya
Seekor anak kambing mampu mengenali indukannya walaupun mereka tercampur dalam satu kandang dan terdapat beberapa ekor indukan. Induk kambing juga mampu mengenali anaknya dari bau yang ada dan dikeluarkan oleh anaknya. Kambing yang baru melahirkan biasanya akan sangat sensitif untuk menjaga anaknya. Terkadang indukan kambing yang agresif akan berusaha melindungi anaknya dengan cara menanduk jika ada sesuatu yang mendekat. 
Baca juga:
Indukan kambing mampu mengenali anakannya setelah anakan kambing dilahirkan dengan cara menjilati ari-ari yang keluar bersama anak kambing tersebut. Dengan cara menjilati anak kambing, maka indukan kambing akan menyimpan informasi bau yang dimiliki anaknya di dalam otak, dengan begitu induk kambing tidak akan salah untuk membedakan anak kambing miliknya dan anak kambing yang lain.

Kesalahan Penanganan Saat Kambing Melahirkan

Beberapa kesalahan yang kerap kali terjadi dalam menangani induk kambing melahirkan dapat berakibat fatal terhadap anak kambing dan induknya. Anak kambing yang baru lahir biasanya basah penuh dengan cairan lendir yang dikeluarkan bersamaan dengan lahirnya anak kambing. beberapa kesalahan yang dapat mengakibatkan induk kambing tidak mau menyusui anaknya adalah sebagai berikut:

Penanganan Induk kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Hal-hal yang menyebabkan kambing tidak mau menyusui anaknya:

Peternak membersihkan anak kambing dengan cara mengelap secara menyeluruh

Cara yang dilakukan oleh peternak dengan cara membersihkan anak kambing tersebut memiliki tujuan yang cukup benar karena untuk cepat mengeringkan tubuh anak kambing. akan tetapi, ada dampak yang dihasilkan jika kita mengelap anak kambing tersebut dengan kain yakni induk kambing tidak akan mengenali anak kambing tersebut karena memiliki bau yang berbeda karena sudah terkena bau kain lap atau handuk yang dipakai. Hindari mengelap secara menyeluruh badan kambing, cukup mengelap bagian hidung dan mulut kambing untuk membantu pernapasan dengan menggunakan tisu atau kain kasa yang tidak berbau.
Baca juga:

Coba Peras Susu Induk Kambing

Jika induk kambing tersebut tidak mau menyusui karena air susunya tidak mau keluar, maka sebaiknya peternak coba memeras susu kambing dan menempatkannya pada wadah untuk diberikan pada anak kambing. pemberian susu pada anak kambing dapat dilakukan dengan menggunakan dot bayi.

Hubungi Dokter Hewan atau Petugas Peternakan

Jika air susu kambing tidak juga keluar, maka langkah terakhir adalah dengan memanggil dokter hewan untuk menanganinya.
Baca juga:
Sekian uasan mengenai kambing yang tidak mau menyusui anaknya. Semoga tulisan tentang Kambing Yang Tidak Mau Menyusui Anaknya dapat bermanfaat bagi para pembaca. Silahkan masukan pertanyaan dan komentar jika ada, mohon maaf jika tulisan kurang sempurna. Terima kasih sudah membaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya"

Posting Komentar