Harga Kambing Boer Seekor


Asal Usul Kambing Boer


Ternakkambing.com- Harga Kambing Boer Seekor | Kambing boer merupakan jenis kambing yang berasal dari Afrika Selatan. Kambing boer merupakan jenis kambing tipe pedaging yang memiliki kualitas daging yang bagus. Selain itu, kambing boer memiliki pertambahan bobot badan yang lebih bagus dibandingkan dengan jenis kambing lainnya. kambing boer juga memiliki persentase karkas yang tinggi yakni mencapai 50% dari bobot hidup kambing boer. Oleh karena itu, banyak para praktisi dan peneliti ternak kambing boer mengatakan bahwa kambing boer merupakan jenis kambing pedaging yang sesungguhnya. Kambing boer memang merupakan jenis kambing tipe pedaging yang terbaik di antara jenis-jenis kambing lainnya di dunia sehingga sangat menentukan harga kambing boer seekor.
Baca juga : Jenis Kambing Pedaging dan Ciri-ciri yang Unggul

Ciri-ciri Kambing boer

Kambing boer memiliki perbedaan yang sangat mencolok jika dibandingkan dengan jenis kambing lainnya. ciri-ciri kambing boer yang sangat membedakan dengan jenis kambing lainnya adalah dari bentuk dan ukuran tubuh kambing boer yang terlihat pendek namun gempal penuh dengan daging di seluruh bagian tubuh kambing boer. Hal tersebut seringkali sangat menjadikan tingginya harga kambing boer seeekor. Berikut ini ciri-ciri yang dimiliki oleh kambing boer.
  • Kambing boer umumnya berwarna putih dengan kepala yang berwarna merah, atau berwarna merah kecoklatan penuh pada seluruh tubuh kambing boer
  • Kambing boer juga memiliki telinga yang sedikit panjang dan menjuntai ke bawah.
  • Kambing boer memiliki bentuk muka yang cembung, biasanya dahi kambing boer berwarna putih lurus dari hidung sampai ke dahi.
  • Kambing boer memiliki tanduk terutama pada pejantan kambing boer.
  • Kambing boer umumnya memiliki tinggi sekitar 50cm – 60cm.
  • Kambing boer dewasa memiliki panjang sekitar 50cm – 70cm.
  • Kambing boer jantan dewasa  memiliki bobot antara 100kg – 135kg, sedangkan betina dewasa kambing boer memiliki bobot antara 75kg – 100kg.
  • Kambing boer memiliki persentase karkas sebesar 50% dari bobot hidup.
  • Kambing boer juga memiliki pertambahan bobot tubuh yang cepat yaitu kambing boer usia 6 bulan mampu mencapai bobot tubuh sebesar 35kg.


Manfaat Kambing Boer

Budidaya kambing boer umumnya bertujuan untuk menghasilkan daging kambing dengan kualitas bagus. Budidaya kambing boer tidak bertujuan untuk menghasilkan susu karena kambing boer tidak dapat memproduksi susu kambing dengan jumlah banyak. Tidak banyak manfaat lain dari kambing boer selain dibudidayakan dengan tujuan sebagai penghasil daging dengan kualitas terbaik dari semua jenis kambing-kambing lainnya sehingga harga kambing boer seekor sangat ditentukan dari penampilan kambing boer itu sendiri.
Baca juga:
  1. 4+ Kelebihan Ternak Kambing Boer Lengkap
  2. Cara Ternak Kambing Modern Yang Benar
  3. Usaha ternak Kambing Jawa Menguntungkan


Keunggulan Kambing Boer

Kambing boer memang tidak dapat memproduksi susu dalam jumlah banyak seperti kambing etawa dan kambing saanen. Akan tetapi, kambing boer memiliki kualitas daging yang lebih baik daripada jenis kambing lainnya di seluruh dunia. Hal-hal tersebut dapat berpengaruh terhadap harga kambing boer seekor.  Berikut ini merupakan keunggulan kambing boer yang perlu anda ketahui:
  • Kambing boer memiliki jumlah atau persentase karkas paling tinggi di antara semua jenis kambing yaitu sebesar 50%.
  • Kambing boer mampu tumbuh dengan sangat cepat, lebih cepat dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.
  • Kambing boer sangat tahan terhadap berbagai cuaca.
  • Kambing boer mampu beradaptasi dengan baik dan tahan terhadap berbagai paenyakit.
  • Kambing boer memiliki bobot tubuh yang tinggi yaitu mampu mencapai 135kg bobot jantan dewasa dan 100kg bobot betina dewasa. 


Harga Kambing Boer Seekor di Australia dan di Indonesia


Harga Kambing Boer Seekor di Australia

Kambing boer menjadi kambing primadona sebagai penghasil daging. Oleh karena itu kambing boer sangat diminati oleh peternak dan juga konsumen. Hal ini tentunya berakibat pada harga kambing boer seekor sendiri. Selain itu, seringnya diadakan kontes kambing boer membuat kambing boer semakin populer di mata masyarakat dan para peternak. Semua itu tentunya dapat berakibat pada meningkatnya harga kambing boer seekor. 

Berdasarkan beberapa data yang penulis dapatkan dari kontak para peternak di Australia, harga kambing boer seekor usia sapih sampai 6 bulan berkisar antara 120-180 dollar Australia. Jika dihitung dengan nilai rupiah, maka harga kambing Boer seekor adalah Rp 1.240.000,- sampai Rp 1.870.000,- harga kambing boer seekor. Sedangkan harga kambing boer seekor dewasa di Australia berkisar antara 300-600 dolar Australia.  Jika dihitung dengan kurs rupiah maka harga kambing boer seekor dewasa bisa mencapai Rp 3.120.000,- sampai Rp 6.240.000,-  harga kambing boer seekor.

Harga Kambing Boer Seekor di Indonesia

Kambing boer di Indonesia sudah banyak dibudiayakan oleh peternak. Peternak di masing-masing daerah memiliki patokan harga sendiri untuk setiap kambing boer sendiri. Harga kambing boer seekor di Indonesia sendiri berbeda-beda tergantung jenis, dan usia kambing boer. Harga kambing boer seekor di Indonesia untuk usia sapih sampai umur 6 bulan baik jantan maupun betina seharga Rp 1.200.000,- sampai 2.500.000,-. 

Sementara, harga kambing boer seekor dewasa yang masih produktif seharga Rp 6.000.000,- sampai Rp 15.000.000,-. Untuk harga kambing boer seekor yang sudah afkir memiliki harga sekitar Rp 2.500.000,- sampai Rp 5.000.000,-. Harga kambing boer seekor tersebut bukan harga mutlak. Harga seekor kambing boer yang penulis paparkan tersebut berdasarkan hasil observasi harga yang ditawarkan oleh peternak kambing boer di berbagai wilayah di Indonesia.

Itulah informasi mengenai harga kambing Boer seekor. Semoga tulisan tentang Harga Kambing Boer Seekor dapat menjadi wawasan bagi para pembaca dan peternak kambing boer di Indonesia. Jika ada pertanyaan dan masukan terkait harga kambing boer seekor, silahkan tulis di kolom komentar di bawah tulisan ini. Mohon maaf jika dalam penulisan Harga Kambing Boer Seekor terdapat banyak kekurangan. Terima kasih.
Tulisan terkait:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Harga Kambing Boer Seekor"

Posting Komentar