Efek Negatif Gedebok Fermentasi Pakan Kambing


Pakan Kambing

Ternakkambing.com-Kambing merupakan hewan ruminansia yang memiliki pencernaan sebanyak dua kali proses pencernaan. Kambing menelan bahan hijauan dan memasukannya ke dalam rumen untuk dilakukan fermentasi. Setelah itu, pakan dikembalikan lagi ke mulut untuk dilakukan pengunyahan kembali. Pakan kemudian menuju ke lambung ternak yang sebenarnya untuk diambil sari-sari makanannya. Di dalam rumen, bahan pakan akan mengalami proses fermentasi oleh bakteri fermentasi yang terdapat di dalam rumen. 

Aktivitas fermentasi pakan di dalam rumen oleh mikroorganisme membutuhkan energi berupa gula dan juga nitrogen. Di dalam rumen, gula dipecah menjadi energi dan kemudian untuk mengurai bahan-bahan lainnya. dalam tahap ini, ketersediaan energi sangatlah penting bagi mikroorganisme. Selain itu, serta juga sangat penting untuk menjaga agar tidak terjadi proses katalisasi gula yang menyebabkan pencernaan gagal.
Baca juga:
  1. Dampak Negatif Pakan Fermentasi
  2. Dampak Daun Pepaya Terhadap KambingCara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”

Sesungguhnya, jika pakan tidak difermentasi terlebih dahulu mikroba di dalam kambing juga akan melakukan fermentasi di dalam rumen kambing. energi yang dihasilkan oleh mikroba inilah yang akan dimanfaatkan oleh kambing sebagai energi dan nutrisi kambing. 

Pakan kambing memerlukan ketersediaan jumlah serat yang cukup. Pakan kambing sebenarnya harus mencukupi kebutuhan serat dan juga mineral serta vitamin lainnya. ada beberapa hal yang menyebabkan kambing mengalami kegagalan dalam mencerna makanan karena mengalami kekurangan serat. Hal yang dapat ditimbulkan adalah kambing kekurangan mineral dan menyebabkan kambing terkena kelumpuhan dan berbagai penyakit defisiensi nutrisi lainnya.


Kesalahan Pemberian Gedebok Fermentasi

Saat ini banyak wacana dan artikel yang menyuguhkan cara ternak praktis dengan menggunakan fermentasi gedebok. Sebenarnya hal tersebut adalah benar. Akan tetapi terkadang informasi yang disampaikan tidak sepenuhnya, atau terkadang beberapa peternak hanya menangkap sebagian cara praktis yang ada dan tidak memperhatikan kebutuhan lain yang mendasar yang dibutuhkan oleh ternak kambing yang kita pelihara. Gedebok fermentasi tidak akan efektif jika pemberiannya tidak diimbangi dengan penambahan hijauan dan bahan pakan lain untuk memnuhi kebutuhan mineral kambing.

Beberapa Dampak Buruk Gedebok Fermentasi pada kambing Tanpa Penambahan Nutrisi dan Mineral yang berasal dari bahan pakan lainnya:
Baca juga:
  1. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa
  2. Cara Mengatasi Induk Kambing Yang Tidak Keluar Air Susu
  3. Cara Menangani kelahiran Kambing

Defisiensi Nutrisi

Gedebok menyediakan serat yang cukup bagi kambing tetapi tidak bisa menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan kambing. dalam aplikasi gedebok fermentasi untuk pakan kambing, sebaiknya dikombinasikan dengan bahan pakan lainnya.


Kambing Mengalami Keterlambatan Pertumbuhan

Kambing yang hanya diberi pakan fermentasi gedebok pisang secara melulu memang masih dapat menerima jika kambing memang dalam kondisi kelaparan. Akan tetapi, bukan hanya terhitung makannya saja untuk memacu pertumbuhan dan perkembangan kambing. kebutuhan nutrisi, minerla dan vitamin yang terdapat pada bahan makanan lainnya juga mutlak dibutuhkan. Kita tidak bisa memberi makan kambing hanya dengan satu jenis bahan makanan saja karena dalam satu bahan makanan tentunya hanya terbatas pada nutrisi-nutrisi tertentu saja.

Kambing akan Terkena Berbagai Penyakit yang Berhubungan dengan Nutrisi

Kambing yang setiap hari hanya diberi satu bahan makanan berupa gedebok pisang fermentasi akan mengalami kekurangan nutrisi dan mineral. Kekurangan nutrisi dan mineral ini akan berdampak pada kesehatan kambing seperti kambing. beberapa penyakit kambing yang berhubungan dengan kekurangan nutrisi adalah lumpuh kambing, kembung dan juga polio kambing.

Itulah dampak buruk pemberian gedebok fermentasi secara terus-menerus tanpa diimbangi dengan bahan pakan lainnya. semoga tulisan tentang Efek Negatif gedebok Fermentasi Bagi Kambing tanpa tambahan bahan pakan lain dapat bermanfaat bagi para pembaca. Mohon bisa menyampaikan saran pada kotak komentar di bawah artikel ini. Terima kasih.
Tulisan terkait:
  1. Cara Mempermudah Kambing Melahirkan
  2. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  3. Cara Kawin Suntik Kambing
  4. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  5. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  6. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa
  7. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap
  8. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efek Negatif Gedebok Fermentasi Pakan Kambing"

Posting Komentar