Dampak Negatif Pakan Fermentasi


Pakan Fermentasi

Ternakkambing.com-Pakan fermentasi merupakan pakan hiajauan dan bahan lainnya yang difermentasi menggunakan mikroorganisme untuk menghasilkan energi dan nutrisi yang lebih berkualitas. Bahan-bahan yang biasa difermentasi adalah hijauan, limbah pertanian seperti daun singkong, jerami padi, dan sebagainya. Fermentasi pakan jerami menjadi salah satu solusi bagi peternak untuk menyediakan pakan yang dapat diawetkan untuk mengantisipasi kekurangan pakan di saat jumlah pakan yang tersedia di lahan sedikit. 

Pakan hasil fermentasi memiliki komposisi nutrisi yang berbeda daripada bahan pakan sebelum difermentasi. Pada proses fermentasi pakan kambing terjadi penambahan sejumlah energi dan juga nutrisi lainnya yang sebelumnya tidak tersedia dalam hijauan. 
Baca juga:
  1. Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing
  2. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  3. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa

Tujuan Pakan Fermentasi

Dalam dunia peternakan sendiri, fermentasi bahan pakan kambing bertujuan untuk:
  • Menyediakan pakan kambing di saat hijauan sulit didapatkan
  • Menambah nilai nutrisi kambing sehingga lebih komplit
  • Mengawetkan bahan pakan hijauan yang berlimpah di saat hujan


Dampak Negatif Pakan fermentasi

Pakan fermentasi merupakan pakan alternatif yang merupakan hasil olahan teknologi pakan ternak untuk menghasilkan pakan dengan energi yang lebih tinggi dan bernutrisi. Pakan fermentasi digunakan sebagai pengganti hijauan yang sangat minim di saat musim kemarau. Pakan fermentasi sebenarnya sangat menguntungkan bagi peternak karena menjadi solusi untuk ketersediaan pakan di saat masa-masa sulit untuk mendapatkan pakan. Akan tetapi pemberian pakan fermentasi yang terus menerus juga sangat merugikan ternak.
Baca juga:
  1. Cara Mengatasi Induk Kambing Yang Tidak Keluar Air Susu
  2. Cara Menangani kelahiran Kambing
  3. Cara Mempermudah Kambing Melahirkan

Beberapa hal yang diakibatkan pemberian pakan fermentasi yang diberikan secara terus-menerus seperti berikut ini:
  • Kambing mengalami defisiensi nutrisi
  • Kambing menjadi semakin kurus
  • Pertumbuhan kambing terlambat
  • Kambing terkena penyakit yang disebabkan defisiensi nutrisi pakan


Kurangnya Pemahaman Dasar

Hal-hal tersebut di atas sebenarnya bukanlah merupakan akibat mutlak dari pemberian pakan fermentasi atau hijauan fermentasi. Beberapa kesalahan para peternak dalam menerapkan pemberian pakan fermentasi karena para peternak belum memahami hal-hal mendasar dalam pemberian pakan ternak. 

Nutrisi, vitamin dan mineral yang lengkap sangat dibutuhkan oleh kambing untuk memicu pertumbuhan kambing dan juga produksi susu pada kambing. terkadang peternak hanya asal menerapkan hal baru yang sepertinya terlihat indtan dan sangat mudah untuk menjalankan usaha ternak kambing dan pada akhirnya akan membuat kambing mengalami defisiesnsi nutrisi yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan kambing itu sendiri. 
Baca juga:
  1. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  2. Cara Kawin Suntik Kambing
  3. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap

Kesalahan Pemberian Pakan Fermentasi

Berikut ini merupakan kesalahan yang terjadi dalam pemberian pakan fermentasi pada ternak kambing yang kita pelihara:

Hanya satu macam bahan fermentasi

Pemberian pakan fermentasi dengan satu jenis bahan pakan sangat berbahaya bagi kesehatan kambing. kambing memerlukan berbagai jenis nutrisi, vitamin dan juga mineral untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Jika hal ini dilakukan maka kambing akan mengalami berbagai penyakit dan sebagainya.

Kambing tidak diberi tambahan vitamin

Kambing yang hanya diberi pakan fermentasi dan tidak diberi tambahan vitamin dan juga mineral tidak menutup kemungkinan akan mengalami penurunan kualitas kesehatan karena beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kambing tidak tersedia dengan baik.

Tidak memberikan mineral pada pakan

Pemberian mineral pada pakan sangatlah penting bagi kambing untuk memenuhi kebutuhan mineral yang tidak tersedia dalam bahan pakan fermentasi. Kekurangan mineral akan menyebabkan kambing menderita kelumpuhan, keguguran dan juga polio.


Tidak menambahkan bahan yang mengandung nutrisi lain

Bahan-bahan pakan pada kambing seharusnya beragam. Hal ini untuk mengantisipasi kekurangan suatu nutrisi pada bahan pakan yang diberikan pada kambing. terkadang peternak yang belum mengetahui banyak tentang ilmu pakan hanya langsung percaya dan menerapkan produk baru yang ditawarkan tanpa menggali informasi yang lebih jauh tentang ilmu pakan ternak kambing.

Sekian bahasan kali ini mengenai dampak negatif pemberian pakan fermentasi tanpa diimbangi dengan jenis pakan lainnya. Semoga tulisan tentang Dampak Negatif Pakan Fermentasi tanpa kombinasi dengan bahan pakan lainnya akan bermanfaat bagi para pembaca. Silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah tulisan ini jika ada hal yang ingin ditanyakan atau ingin disampaikan. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam tulisan ini. Terima kasih.
Tulisan Terkait:
  1. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  2. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa
  3. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap
  4. Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit Terbukti
  5. Manfaat Kambing Bagi Manusia Lengkap
  6. Kandang Kambing Kacang dan Pembuatannya
  7. Membuat Kandang Kambing Dari Bambu
  8. Desain Kandang Kambing Modern Efektif
  9. Cara Ternak Kambing Jawa Yang Benar dan Lengkap
  10. Ciri-Ciri Kambing Boer
  11. Obat Kambing Lumpuh Efektif

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Dampak Negatif Pakan Fermentasi"