Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing


Daun Pepaya Mampu Menghambat Perkembangan Parasit Pada Kambing

Ternakkambing.com-Hambatan suatu usaha yang kita jalankan pastinya selalu ada. Begitu pun dengan usaha ternak kambing. berbagai hambatan usaha ternak kambing mulai dari hal yang kecil sampai yang besar pasti ada.  Hambatan usaha ternak kambing dimulai dari masalah teoritis sampai pada masalah teknis pasti selalu ada. Hambatan dalam hal teknis di bidang peternakan seperti penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus, kondisi cuaca dan sebagainya. Salah satu dari hambatan tersebut adalah gangguan parasit. Gangguan parasit pada kambing terkadang menjadi salah satu hal yang menyulitkan peternak kambing. 

Pakan Mengandung Tanin

Pemberian pakan pada kambing yang mengandung tanin telah teruji untuk menghambat perkembangan parasit atau cacing yang terdapat pada kambing. dari beberapa jenis hijauan yang biasa dipakai untuk pakan adalah daun pepaya dan daun ketela. Daun pepaya dan daun ketela pohon terbukti memiliki potensi sebagai antiparasit (anthelmintik).
Baca juga:
  1. Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”
  2. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa
  3. Cara Mengatasi Induk Kambing Yang Tidak Keluar Air Susu

Ransum Daun Pepaya

Pemberian daun pepaya maupun ketela pohon pada ternak kambing akan menurunkan perkembangan cacing secara signifikan. Tanin yang terkandung di dalam daun pepaya dan ketela pohon memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan larva cacing dan populasi cacing dewasa (Joko Daryatmo, S. Pt., M. Pt.).

Oleh karena itu, tidak masalah jika suatu ransum pakan yang diberikan pada ternak kambing kita mengandung daun pepaya dan daun ketela pohon. Berdasarkan pemaparan di atas, tidak masalah jika kita memberikan pakan kambing kita bahan-bahan pakan yang mengandung tanin karena bisa mengurangi populasi cacing di dalam perut kambing yang bisa menghambat pertumbuhan dan pertambahan bobot badan kambing.

Selain daun pepaya dan daun ketela pohon, daun lainnya seperti daun turi, daun nangka, daun beringin dan juga daun mahoni bisa digunakan sebagai pakan kambing karena masih memiliki efek yang sama yakni mampu mengatasi parasit pada tubuh cacing. 
Baca juga:
  1. Cara Menangani kelahiran Kambing
  2. Cara Menangani kelahiran Kambing
  3. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk


Akan tetapi, perlu diperhatikan oleh peternak dalam memberikan bahan pakan yang terlalu banyak mengandung tannin seperti daun ketela pohon. Beberapa kasus yang terjadi, kambing mengalami keracunan karena terlalu banyak mengkonsumsi daun ketela pohon. Dalam praktiknya, pemberian daun ketela pohon juga perlu dibatasi karena akan sangat berbahaya bagi ternak kambing karena dapat menyebabkan terbentuknya gas di dalam rumen. Ternbentuknya gas di dalam rumen yang terlalu banyak dapat menyebabkan kambing mengalami sesak napas karena gas menekan paru-paru. Selain itu fungsi kerja jantung juga terganggu karena tertekan oleh gas tersebut yang dapat berujung pada kematian.

Demikianlah ulasan mengenai dampak daun pepaya pada kambing. Semoga tulisan tentang Dampak Pemberian Daun Pepaya Pada Kambing dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada masukan dan pertanyaan dappat Anda tulis pada kolom komentar di bawah tulisan ini. Terima kasih telas membaca tulisan ini.

Daftar Pustaka
Universitas Gadjah Mada.(09 Agustus 2010). Daun Pepaya Efektif Menghambat Perkembangan Parasit Pada Kambing. Diperoleh 13 Desember 2017, dari https://ugm.ac.id/id/berita/2540-daun.pepaya.efektif.hambat.perkembangan.parasit.pada.ternak.kambing/
Tulisan terkait:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak Daun Pepaya Terhadap Kambing"

Posting Komentar