Ciri-Ciri Kambing Boer


Kambing Boer

Ternakkambing.com-Ada banyak jenis kambing yang bisa diternakkan untuk dimanfaatkan dagingnya, susunya, maupun kulitnya. Di ndonesia sendiri kurang lebih ada dua puluhan jenis kambing. Diantara berbagai jenis kambing yang ada tersebut, ada kambing yang dimanfaatkan sebagai penghasil susu seperti kambing etawa, kambing alpin dan kambing saanen. Sedangkan kambing yang dimanfaatkan sebagai kambing potong atau kambing pedaging di antaranya adalah kambing boer, kambing kacang, kambing boerawa dan kambing boerka. Masing-masing kambing memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda. Ciri-ciri kambing boer sangat berbeda dengan kambing lainnya.
Salah satu jenis kambing penghasil daging terbaik di dantara sekian jenis kambing pedaging adalah kambing boer. Kambing boer adalah kambing asli Afrika selatan yang sudah didatangkan ke Indonesia sejak sekitar 65 tahun yang lalu. Kambing boer disebut-sebut sebagai kambing pedaging sesungguhnya karena kambing boer mampu tumbuh mencapai bobot 150 kg per ekor dengan persentase karkas sebanyak 50%. Badan yang panjang dan lebar merupakan salah satu ciri-ciri kambing boer. Tentunya hal ini merupakan keunggulan istimewa kambing boer yang tidak dimiliki oleh kambing jenis lainnya.
Baca juga: 4+ Kelebihan Ternak Kambing Boer Lengkap
Di Indonesia sendiri, jenis kambing boer murni atau kambing boer asli sangatlah jarang. Kambing boer yang disebut-sebut sekarang ini kebanyakan merupakan kambing boer hasil persilangan dengan kambing lokal yang ada di Indonesia. Harga kambing boer asli sendiri tidaklah murah, harganya bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah karena perlu didatangkan dari Afrika Selatan ataupun dari Australia. Untuk kalangan peternak di Indonesia sendiri, harga kambing boer merupakan harga yang terlalu tinggi. Hal inilah yang menyebabkan perkembangan kambing boer sedikit sulit di peternak. Akan tetapi, para peternak lokal bisa mendapatkan kambing boer hasil persilangan dengan kambing lokal atau keturunannya. Dengan cara ini, maka peternak masih bisa mendapatkan keturunan kambing boer dengan harga masih jutaan rupiah saja. Lalu bagaiman ciri-ciri kambing boer? Pada tulisan ini kita akan membahas apa itu ciri-ciri kambing boer.

Apa Ciri-ciri Kambing Boer

Berikut ini ciri-ciri kambing boer yang bisa kita amati melalui penampilan luar dan pemeriksaan dengan alat.
  • Pejantan kambing Boer memiliki bobot mencapai 150 kg per ekor 
  • Kambing boer mampu mencapai bobot 35 sampai 45 kg pada usia 5-6 bulan
  • Kambing boer memiliki tubuh yang panjang dan juga lebar
  • Kaki kambing boer cenderung pendek jika dibandingkan dengan kambing lainnya
  • Kambing boer memiliki bulu yang halus dan pendek
  • Warna bulu kambing boer adalah coklat, putih, atau kombinasi kedua warna tersebut  yakni putih dominan dan coklat pada bagian leher hingga kepala
  • Memiliki garis putih pada bagian muka untuk beberapa kambing boer
  • Memiliki bentuk muka yang cembung


Itulah ulasan mengenai ciri-ciri kambing boer. Semoga tulisan tentang Ciri-Ciri Kambing Boer dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih. 
Tulisan lainnya:
  1. Obat Kambing Lumpuh Efektif
  2. Cara Ternak Kambing Potong
  3. 12+ Jenis Makanan Kambing Selain Rumput
  4. 15 Manfaat Susu Kambing Untuk Kecantikan
  5. Harga Kambing Etawa 2017
  6. Kambing Terbesar dan Termahal
  7. Ternak Kambing Modal 5 Juta
  8. Manfaat Susu Kambing Etawa Lengkap
  9. Pakan Ternak Kambing Alternatif Yang Baik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri-Ciri Kambing Boer"

Posting Komentar