Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”


Usaha Ternak Kambing Etawa

Ternakkambing.com-Usaha atau Ternak Kambing Etawa merupakan usaha yang menjanjikan saat ini dimana meningkatnya jumlah permintaan belum bisa diimbangi oleh jumlah produksi kambing etawa. Apalagi jumlah populasi manusia yang terus meningkat saat ini dan juga mayoritas penduduk di Indonesia merupakan umat muslim yang selalu membutuhkan kambing guna melaksanakan kewajibannya seperti akikah dan juga qurban. Belum lagi permintaan daging kambing, susu kambing dari pasar dalam negeri dan juga luar negeri seperti wilayah timur tengah yang selalu meningkat jumlah permintaannya.

Kandang Kambing Etawa

Agar tercapai suksesnya ternak kambing etawa, perlu kehati-hatian dalam mempersiapkan segala aspek yang mendukung usaha ternak kambing etawa. Salah satu hal tersebut adalah kandang kambing etawa dan lokasinya. Berikut ini akan kita ulas mengenai kandang kambing Etawa yang perlu para peternak perhatikan dalam menjalankan usaha ternak kambing Etawa.
Baca juga:

  1. Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa
  2. Cara Mengatasi Induk Kambing Yang Tidak Keluar Air Susu
  3. Cara Menangani kelahiran Kambing

Lokasi Kandang Kambing Etawa

Tujuan dari ternak kambing etawa adalah untuk menghasilkan susu kambing. Faktor lingkungan sangat mendukung jumlah rata-rata produksi susu kambing per ekornya. Sebaiknya, untuk memulai usaha ternak kambing etawa, dilaksanakan di wilayah yang memiliki kriteria sebagai berikut:
Daerah tersebut memiliki suhu udara antara 20-23 0C
Jauh dari kebisingan dan kegaduhan yang akan membuat stress ternak

Material Kandang

Bahan atau material yang digunakan untuk membuat kandang akan sangat baik jika menggunakan besi karena memiliki masa penggunaan yang panjang akan tetapi kita bisa menggunakan kayu dengan kualitas sedang dan tentunya sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Untuk atap, jika memungkinkan menggunakan atap genteng atau dengan  menggunakan asbes. Jangan sekali-kali anda mencoba membuat atap kandang kambing etawa dengan menggunakan seng karena hal tersebut akan membuat kambing etawa mengalalmi stress dan akhirnya mati kepanasan.


Pembuatan Kandang Kambing Etawa

Berikut ini pemaparan tahapan pembuatan kandang kambing etawa yang perlu dilaksanakan.

Pembersihan lahan

Sebelum memulai pembuatan kandang, sebaiknya kita bersihkan terlebih dahulu lokasi calon kandang kambing yang akan kita gunakan dari rumput dan juga akar-akar kayu besar, serta pohon-pohon besar yang kemungkinan akan mengakibatkan kerusakan pada atam kandang. Pembersihan lokasi kandang bertujuan untuk membuat lokasi kandang aman dari hewan-hewan reptil predator seperti ular, biawak dan juga ular phyton.
Baca juga:

  1. Cara Mempermudah Kambing Melahirkan
  2. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  3. Cara Kawin Suntik Kambing

Pembuatan Skema Kandang Kambing

Setelah lahan lokasi kandang selesai dibersihkan, langkah selanjutnya adalah pembuatan skema kandang. Pembuatan skema kandang kambing bertujuan untuk membuat kandang yang akan didirikan sesuai dengan kapasitas kambing yang akan diternak. Selain itu pembuatan skema kandang kambing untuk menyesuaikan antara anggaran yang ada dengan perencanaan pembuatan kandang kambing sampai selesai.


Pelaksanaan Pembuatan Kandang Kambing


Setelah pembuatan skema selesai, tahap selanjutnya adalah pelaksanaan pembuatan kandang kambing. Pembuatan kandang kambing dilakukan dengan beberapa tahapan sebagai berikut ini:

  • Pengukuran tanah yang akan dibuat kandang
  • Pembuatan pondasi dan lantai dasar kandang
  • Pembuatan Rangka Kandang menggunakan kayu balok
  • Pemasangan kayu usuk dan pemasangan lantai kandang panggung
  • Pembuatan bilik atau dinding penyekat kandang kambing
  • Pembuatan tempat makan dan minum kambing
  • Pemeriksaan kekokohan kandang kambing


Itulah ulasan mengenai cara pembuatan kandang kambing etawa. Semoga tulisan tentang Cara Ternak Kambing Etawa dapat bermanfaat bagi para pembaca. Mohon maaf jika dalam penulisan tulisan ini masih banyak terdapat kesalahan. jika ada pertanyaan dan masukan, silahkan tulis pada kolom komentar yang ada di bawah tulisan ini. Terima kasih.
Tulisan terkait:

  1. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  2. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  3. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa
  4. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap
  5. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap
  6. Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit Terbukti
  7. Manfaat Kambing Bagi Manusia Lengkap
  8. Kandang Kambing Kacang dan Pembuatannya



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ternak Kambing Etawa “Persiapan Kandang Dan Lokasi Kandang yang Tepat”"

Posting Komentar