Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa


Kambing Etawa

Ternakkambing.com-Kambing etawa merupakan jenis kambing yang memiliki fungsi untuk memproduksi susu. Kambing etawa merupakan jenis kambing yang berasal dari daerah di India yaitu daerah Jamnapari. Di daerah asalnya, kambing etawa dimanfaatkan sebagai kambing penghasil susu dan juga daging. Kambing etawa memiliki perawakan yang tinggi dan panjang. Kambing etawa mampu memproduksi susu hingga lebih dari 250 liter per masa laktasi. Popularitas kambing etawa di Indonesia sendiri masih naik daun. di beberapa daerah sering diadakan kontes kambing etawa untuk mendapatkan indukan kambing yang berkualitas. 
Baca juga:
  1. Cara Mengatasi Induk Kambing Yang Tidak Keluar Air Susu
  2. Cara Menangani kelahiran Kambing
  3. Cara Mempermudah Kambing Melahirkan


Kambing etawa betina dapat dikawinkan jika sudah memasuki usia 8 bulan ke atas. Kambing etawa mampu memproduksi susu lebih dari jenis kambing lainnya. untuk mendukung produksi susu kambing etawa perlu perlakuan khusus dibandingkan dengan kambing pedaging. Jika kambing pedaging sendiri perlu tambahan konsentrat untuk memicu pertumbuhan dan pertambahan daging, maka berbeda dengan kambing etawa.  

Peningkatan Produksi Susu Kambing


Ada beberapa hal yang bisa diterapkan untuk memicu produksi susu kambing etawa yang kita pelihara. Beberapa cara untuk meningkatkan produksi susu kambing etawa adalah sebagai berikut ini:


Mengatur kandang kambing yang sejuk untuk indukan betina

Seperti halnya sapi perah yang memerlukan daerah dengan kondisi sejuk. Kambing etawa juga membutuhkan tempat untuk tumbuh dan berkembang biak dengan kondisi dingin dan sejuk. Kondisi sejuk akan membantu kambing etawa meningkatkan produksi susu. Dengan kondisi kandang yang sejuk akan berdampak pada pengeluaran energi kambing. dengan kondisi seperti ini maka energi untuk memproduksi susu tidak terbuang menjadi panas yang dikeluarkan tubuh kambing.

Menempatkan kandang di daerah yang jauh dari keramaian

Kambing etawa membutuhkan ketenangan dalam pertumbuhan dan perkembangan. Kambing yang masih dalam masa produksi akan sangat mudah sekali terkena stres. Stres pada kambing akan berdampak pada jumlah produksi susu kambing. untuk meningkatkan produksi susu kambing etawa, sebaiknya kita tingkatkan juga kondisi untuk menghindarkan stres kambing seperti tidak membuat kaget kambing, menjaga agar perkandangan tidak dimasuki oleh binatang buas seperti ular dan juga biawak.
Baca juga:
  1. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  2. Cara Kawin Suntik Kambing
  3. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap

Memberikan Pakan Hijauan dengan Komposisi Lebih banyak

Pada hakikatnya, susu terdiri lebih dari 85% air. komposisi air yang terdapat pada susu kambing diperoleh dari pakan dan juga minuman. Dengan meningkatkan pemberian pakan hijauan yang lebih banyak maka produksi susu kambing etawa akan meningkat. Jenis-jenis pakan yang bisa meningkatkan susu kambing seperti rumput odot, daun legum dan daun-daunan seperti daun jambu biji dan sebagainya. 

Untuk pemberian pakan kambing dalam masa produksi susu, sebaiknya hindari pakan yang banyak mengandung tanin karena kambing tidak akan bisa menyerap nutrisi dari bahan pakan yang ia konsumsi. Tanin terdapat pada jenis daun seperti singkong.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan produksi susu kambing etawa. Semoga tulisan tentang Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa dapat bermanfaat bagi para pembaca. 
Tulisan terkait:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Etawa"

Posting Komentar