Cara Mengatasi Induk Kambing Yang Tidak Keluar Air Susu


Induk Kambing Etawa

Ternakkambing.com-Kambing etawa merupakan ras atau jenis kambing yang dapat memproduksi susu dalam jumlah banyak. Kambing etawa terkenal sebagai kambing perah karena kambing etawa mampu memproduksi susu kambing dalam jumlah yang cukup banyak mencapai lebih dari 260 kg per masa laktasi per ekornya. Susu kambing etawa juga terkenal dari khasiatnya yang dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti maagh, darah tinggi, serangan jantung dan juga mencegah stroke.

Kambing etawa mulai memproduksi susu pada saat kambing baru saja selesai melahirkan anak kambing. kambing seharusnya bisa mengeluarkan susu mulai dari dua jam setelah induk kambing melahirkan anaknya. Akan tetapi, ada beberapa kasus kambing susah mengeluarkan susu walaupun sudah hampir satu hari induk kambing tersebut melahirkan. 
Baca juga:
  1. Cara Menangani kelahiran Kambing
  2. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  3. Cara Mempermudah Kambing Melahirkan

Beberapa hal yang menyebabkan induk kambing susah atau tidak mengeluarkan susu setelah melahirkan adalah karena beberapa hal di antaranya:
  • Induk kambing masih terlalu muda sehingga susu susah keluar
  • Kambing tersebut baru pertama kali melahirkan sehingga perlu penyesuaian atau rangsangan agar produksi susu lancar.
  • Kondisi fisik kambing yang kurang sehat atau kurang nutrisi juga dapat berpengaruh terhadap produksi susu yang dihasilkan
  • Kambing mengalami kelainan yang terjadi pada ambing, biasanya puting tidak terbuka sehingga air susu sulit keluar.

Alternatif Mengatasi Susu Kambing Tidak Keluar


Untuk mengatasi induk kambing yang sulit mengeluarkan susunya, maka alternatif yang dapat ditempuh oleh peternak adalah dengan memberikan daun katuk pada induk kambing. daun katuk dipercaya dapat memperlancar produksi susu kambing. daun katuk atau Sauropus androgynus merupakan tumbuhan yang banyak terdapat di Asia Tenggara. 
Baca juga:
  1. Cara Kawin Suntik Kambing
  2. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  3. Analisa bisnis kambing di Indonesia

Bagi manusia, tanaman katuk biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran bening. Daun katuk sendiri dimanfaatkan oleh manusia sebagai sayuran yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Kandungan gizi yang terdapat di dalam daun katuk sendiri adalah 7% protein dan 19% serat kasar. Daun katuk juga memiliki banyak vitamin K, selain pro-Vitamin A, B, dan C. Daun katuk juga memiliki magnesium dan zat besi yang tinggi, disusul oleh fosfor dan juga kalium. 

Pemberian daun katuk pada kambing untuk merangsang produksi susu adalah dengan cara memberikan daun katuk pada kambig sebanyak 0,5 kg per ekor. Jika induk kambing tidak menyukai dan tidak mau memakan daun katuk tersebut, maka sebaiknya daun katuk direbus dengan air sebanyak 300 ml dengan ditambah garam, seterlah mendidih selama 5 menit, saring air rebusan daun katuk dan dinginkan. Setelah dingin, berikan air rebusan daun katuk pada induk kambing. Induk kambing akan bisa memproduksi susu dalam jangka waktu 5 sampai 6 jam.

Itulah ulasan mengenai cara mengatasi induk kambing tidak bisa memproduksi susu. Semoga tulisan tentang Cara Mengatasi Kambing Yang Tidak Keluar Susu dapat bermanfaat bagi para pembaca. Silahkan tulis komentar dan pertanyaan di kolom bagian bawah tulisan ini jia ada komentar dan pertanyaan yang ingin disampaikan. Mohon maaf jika isi tulisan ini kurang lengkap untuk anda. Terima kasih sudah membaca.
Tulisan terkait:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Induk Kambing Yang Tidak Keluar Air Susu"

Posting Komentar