Cara Menangani kelahiran Kambing


Masa Bunting Kambing

Ternakkambing.com-Kambing merupakan hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Masa bunting masing-masing jenis hewan berbeda-beda. Masa bunting kerbau adalah 11-12 bulan begitu juga dengan sapi, masa bunting kambing adalah 5-6 bulan. Karena masa bunting kambing adalah 6 bulan maka sebenarnya kambing bisa beranak sebanyak tiga kali dalam dua tahun. 
Baca juga:
  1. Cara Mempermudah Kambing Melahirkan
  2. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  3. Cara Kawin Suntik Kambing


Hal ini sebenarnya yang membuat kambing memiliki nilai lebih dari segi jumlah kelahiran per dua tahun dibandingkan dengan sapi karena dengan memelihara satu ekor induk kambing saja maka dalam waktu dua tahun kita akan bisa mendapatkan anakan 3 sampai 6 ekor. Oleh karena itu sebenarnya usaha ternak kambing masih memungkinkan dan menjanjikan. Peternak sebaiknya bisa menghitung atau membuat kalender masa bunting dari tiap kambing sebagai patokan dalam pelaksanaan ternak kambing sehingga kambing akan mudah unntuk menangani kambing yang melahirkan.

Tanda-Tanda Kambing Yang akan melahirkan

Setelah kambing memasuki usia bunting 5 bulan, induk kambing akan memiliki tanda-tanda akan melahirkan. Nah, pada saat seperti ini peternak seharusnya paham akan perhitungan waktu kelahirannya.

Berikut ini tanda-tanda yang akan muncul jika kambing sudah akan melahirkan.

  • Indukan kambing yang bunting biasanya mengalami gelisah dengan ditandai kambing menggaruk-garukkan ke depan, ke lantai dan ke tanah serta sambil mengembik
  • Vulva kambing memerah dan berlendirdenagnn disertai mencekungnya pinggul bagian atas
  • Kambing sering menengok dan memperhatikan bagian belakang sambil kambing mengembik
  • Proses kelahiran anak kambing biasanya dilakukan dengan posisi duduk berbaring.


Proses Kelahiran Anak Kambing

Jika sudah ada tanda-tanda tersebut, kambing akan segera mengalami proses kelahiran. Anak yang dilahirkan kambing biasanya terdiri dari dua ekor anakan, tetapi serig juga 1 ekor atau tiga ekor. 

Berikut ini skema proses kelahiran anak kambing.

  • Keluarnya ketuban dari induk yang berbentuk bulat berisi cairan
  • Beberapa waktu kemudian ketuban akan pecah dan kemudian disusul oleh kelahiran anak kambing
  • Anak kambing yang memiliki posisi normal akan keluar dengan normal juga walaupun tanpa bantuan untuk mengeluarkannya
  • Posisi anak kambing yang mengalami kelahiran normal dapat terlihat seperti gambar di atas.


Pada gambar di atas, untuk anak kambing yang mengalami kelahiran normal akan ditandai dengan arah kedua kaki depan yang keluar terlebih dahulu dan disusul oleh bagian kepala dan anggota badan anak kambing yang lainnya. jika terjadi kelahiran anak kambing yang mengalami posisi kaki belakang terlebih dahulu, maka sebenarnya posisi tersebut adalah posisi yang masih normal. Akan tetapi, anak kambing yang mengalami posisi kelahiran dengan kaki belakang terlebih dahulu harus sedikit dibantu oleh peternak ataupun oleh tenaga kesehatan hewan agar anak kambing bisa segera keluar karena dikhawatirkan anak kambing akan kesulitan bernafas saat proses kelahiran.
Baca juga:
  1. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  2. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  3. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa


Ada beberapa kasus induk kambing mengalami kesulitan melahirkan anak kambing karena posisi anak kambing yang tidak normal. Posisi anak kambing yang tidak normal terjadi seperti anak kambing yang melintang, kepala yang tertekuk ke belakang atau satu kaki depan keluar lebih dahulu sedangkan kaki belakang mengarah ke belakang. Pada proses seperti ini, anak kambing harus dibantu untuk dikeluarkan oleh peternak karena induk kambing akan mengalami kesulitan melahirkannya.

Cara Menangani Persalinan Anak Kambing Yang Mengalami Posisi Tidak Normal

Seringkali induk kambing akan mengalami kesulitan dalam melahirkan. Hal tersebut terjadi karena masalah-masalah yang disebutkan di atas. Oleh karena itu sebagai peternak penting untuk mengetahui cara menangani proses kelahiran anak kambing. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus peternak lakukan jika induk kambing mengalami kesulitan dalam melahirkan.

  • Bersihkan kuku jari tangan anda dengan memotong pendek dan jangan sampai ada kuku yang masih panjang. Bersihkan dengan menggunakan air dan juga sabun.

  • Dalam langkah kali ini, kasus yang akan kita bahas adalah posisi kaki anak kambing yang mengalami bagian kaki depan yang satu ke depan dan yang satunya tertinggal di belakang.

  • Masukkan tangan pada organ kelahiran kambing untuk mengeluarkan kaki depan yang tertinggal dengan cara meraihnya menggunakan jari telunjuk. Pada posisi seperti ini, jari tengah berada pada bagian kepala anank kambing. jika dirasa sulit maka sedikit dorong bagian kepala anak kambing masuk ke dalam lagi secara perlahan untuk mempermudah pengambilan kaki depan yang tertinggal dan menyangkut.

  • Setelah kaki depan satunya diraih, tarik perlahan dengan memegang kedua kaki anak kambing tersebut. 

  • Tarik terus bersamaan dengan dorongan sang induk mengeluarkan anak kambing sampai anak kambing keluar sepenuhnya.


Itulah tadi ulasan mengenai proses kelahiran anak kambing. semoga tulisan tentang Cara Menangani Kelahiran Anak Kambing dapat menjadi wawasan bagi para pembaca. Jika ada pertanyaan dan masukan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Mohon maaf jika masih ada kekurangan penulisan dalam tulisan ini. Terima kasih sudah membacanya.
Tulisan terkait:
  1. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap
  2. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap
  3. Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit Terbukti
  4. Manfaat Kambing Bagi Manusia Lengkap
  5. Kandang Kambing Kacang dan Pembuatannya
  6. Membuat Kandang Kambing Dari Bambu
  7. Desain Kandang Kambing Modern Efektif
  8. Cara Ternak Kambing Jawa Yang Benar dan Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menangani kelahiran Kambing"

Posting Komentar