Cara Mempermudah Kambing Melahirkan


Kambing Kesulitan Melahirkan

Ternakkambing.com-Dalam dunia peternakan, sebenarnya kambing, sapi, kerbau atau domba yang mengalami kesulitan dalam melahirkan bukanlah hal baru dan hal yang asing lagi.  Banyak kasus terjadi kambing, sapi maupun domba mengalami kesulitan untuk melahirkan yang akhirnya menyebabkan anakan yang dilahirkan mati dalam kondisi saat proses kelahiran maupun setelah dilahirkan.
Baca juga:
  1. Cara Memanfaatkan Urin Kambing Sebagai Pupuk
  2. Cara Kawin Suntik Kambing
  3. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap

Beberapa masalah mendasar seperti kurangnya pemahaman peternak terhadap perlakuan bagi induk kambing pada masa pra melahirkan dan saat melahirkan sangat kurang. Selain karena kurangnya pengetahuan dasar untuk mencegah masalah-masalah tersebut, ada juga masalah di luar manajemen peternakan yang memang diluar kendali peternak sebagai manusia.

Berbagai kesulitan induk kambing untuk melahirkan ada berbagai macam. Berikut ini merupakan hal-hal yang biasanya menjadi penyebab induk kambing mengalami kesulitan di dalam proses kelahiran.

Ukuran Anakan Kambing Terlalu Besar

Terkadang ada beberapa kasus ukuran anak kambing terlalu besar untuk dilahirkan. Beberapa penyebab anak kambing yang tumbuh terlalu besar saat di uterus induknya adalah:

  • Pemberian pakan yang terlalu banyak mengandung protein yang mengakibatkan anak kambing tumbuh lebih cepat dan lebih besar.

  • Perkawinan silang yang tidak tertata dengan baik. Perkawinan silang biasanya bertujuan untuk menghasilkan jenis kambing yang memiliki ukuran jumbo. Atas dasar tujuan inilah biasanya peternak berusaha mengawinkan kambing betinanya dengan pajantan unggul yang memiliki postur besar seperti etawa. Jika indukan betina kambing sangatlah kecil semisal betina kambing kacang yang dikawinkan dengan pejantan etawa, maka besar kemungkinan induk kambing nantinya akan kesulitan untuk melahirkan anaknya. Hal tersebut terjadi karena secara genetik kambing etawa memiliki ukuran tubuh yang jumbo seperti indukan jantannya. Oleh karena itu, janin yang tumbuh di dalam uterus induk betina juga akan memiliki ukuran yang besar saat dilahirkan dan memiliki bobot lahir yang tinggi. Hal seperti inilah yang biasanya menyebabkan kambing betina mengalami kesulitan melahirkan anaknya bahkan bisa berakibat fatal yang berujung kematian induk sekaligus anakannya.

  • Induk Kambing Yang Terlalu Muda sering juga mengalami kesulitan dalam proses kelahiran anak kambing. Kambing dara umur 8 bulan sebenarnya sudah bisa dikawinkan. Akan tetapi ada sedikit resiko bagi kambing dara yang belum sepenuhnya matang untuk bunting. Kambing dara yang sudah benar-benar siap bunting haruslah memiliki tanda-tanda berahi yang dimiliki kambing betina. Ciri-ciri kambing sudah berahi adalah ditandai kambing betina yang selalu mengembik, terkadang menaiki kambing lainnya, dan juga kambing tersebut terdapat lendir pada vulvanya. Kambing betina yang terlalu muda terkada belum sepenuhnya berkembang secara fisik, contohnya pinggang atau tulang kelaminnya tang belum melebar. Hal seperti itulah yang terkadang membuat kambing betina sulit melahirkan.

Baca juga:
  1. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  2. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa
  3. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap

Bagaimana Membuat Kambing Betina mudah untuk Melahirkan

Beberapa hal yang harus dilakukan oleh peternak sebelum kambing melahirkan atau selama kambing bunting.

  • Kambing masa bunting juga memerlukan energi serta nutrisi yang cukup. Peternak harus menjaga nutrisi agar tidak kekurangan atau kelebihan karena akan mempersulit proses kelahiran.

  • Jangan mencampur kambing bunting tua dengan kambing lainnya karena akan berakibat fatal jika kambing lain menginjak atau menindisnya.

  • Pada saat kambing hampir mendekati waktu melahirkan berilah kambing tersebut air rendaman rumput fatimah. Rumput fatimah adalah rumput yang tumbuh di Mekkah. Rumput ini mempunyai keistimewaan untuk membantu para wanita yang kesulitan melahirkan. Pernah penulis memiliki pengalaman yang unik dengan kambing miliki penulis. Suatu waktu kambing yang penulis pelihara mengalami kesulitan untuk melahirkan. Kejadian ini mungkin terjadi karena kambing baru pertama kali bunting dan juga kambing tersebut bunting pada usia muda. Ketuban sudah keluar dari vulva kambing, akan tetapi membutuhkan hampir lima jam untuk menunggu. Akhirnya, Ibu penulis memberikan air rendaman rumput fatimah. Dan atas izin serta pertolongan Tuhan, kambing tersebut langsung bisa mendorong keluar anaknya dan terlahirlah anak kambing tersebut dengan lancar tanpa bantuan penulis untuk menariknya.


Itulah ulasan mengenai penanganan kambing untuk mempermudah kambing melahirkan. Semoga tulisan tentang Cara Mempermudah Kambing Melahirkan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Silahkan tulis pertanyaan atau masukan yang ingin disampaikan pada kolom yang ada di bawah tulisan ini. Terima kasih karena sudah membaca tulisan ini.
Tulisan terkait:
  1. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap
  2. Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit Terbukti
  3. Manfaat Kambing Bagi Manusia Lengkap
  4. Kandang Kambing Kacang dan Pembuatannya
  5. Membuat Kandang Kambing Dari Bambu
  6. Desain Kandang Kambing Modern Efektif
  7. Cara Ternak Kambing Jawa Yang Benar dan Lengkap
  8. Ciri-Ciri Kambing Boer

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mempermudah Kambing Melahirkan"

Posting Komentar