Cara Kawin Suntik Kambing


Kawin Suntik Pada Ternak

Ternakkambing.com-Kawin suntik pada ternak adalah proses pembuahan ternak betina menggunakan bantuan teknologi untuk meningkatkan keberhasilan pembuahan serta meningkatkan kualitas hasil pembuahan dari ternak untuk membentuk jenis ternak baru yang memiliki kualitas dan performa lebih baik dari induk sebelumnya. Kawin suntik pada ternak biasanya dilakukan pada sapi. 
Baca juga:
  1. Cara beternak Kambing Etawa Lengkap
  2. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  3. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa


Penerapan kawin suntik pada sapi bertujuan untuk menghemat pengeluaran pembelian pejantan yang berkualitas dan harus didatangkan dari tempat jauh. Dengan kawin suntik maka biaya yang harus dikeluarkan akan lebih kecil, selain itu tingkat keberhasilan pembuahan juga lebih tinggi. Tidak hanya pada sapi, saat ini kawin suntik juga bisa diterapkan pada ternak kambing. Kawin suntik pada kambing tidak berbeda jauh dengan kawin suntik pada sapi. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kawin suntik kambing maka mari baca lebih lanjut uraian di bawah ini tentang Cara kawin Suntik Kambing.

Kawin Suntik Pada Kambing

Kawin suntik pada kambing adalah kawin suntik yang diterapkan pada ternak kambing dengan tujuan untuk menghasilkan jenis kambing yang memiliki kualitas lebih baik dari indukannya. Alasan kawin suntik pada kambing tidak jauh berbeda dengan kawin suntik yang dilakukan pada sapi. Kawin suntik pada kambing juga memiliki alasan karena harga kambing unggul asli sangat tinggi mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah. 

Sebagai contoh jika kita ingin mendapatkan kambing jamnapari asli yang masih murni dari India, untuk membeli satu pasang kambing di India sudah memerlukan biaya yang tinggi. Ditambah lagi dengan harga transportasi yang tinggi membuat biaya untuk mendapatkan kambing kualitas baik sangatlah tingi. Oleh karena itu untuk memudahkan para peternak mendapatkan hasil kambing yang bagus dan berkualitas, maka kawin suntik kambing inilah menjadi solusi bagi para peternak kambing.
Baca juga:
  1. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap
  2. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap
  3. Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit Terbukti

Langkah atau Tahapan Kawin Suntik Kambing

Berikut ini akan kita bahas mengenai tahapan yang perlu dilakukan untuk melaksanakan kawin suntik kambing berikut dengan perlengkapannya.

Alat

Beberapa alat yang diperlukan untuk melakukan kawin suntik kambing adalah sebagai berikut.
  • Gun : Alat untuk memasukkan strain atau sperma ke dalam vagina kambing
  • Speculum : speculum berfungsi untuk membuka vagina dan menekan gun agar strain atau sperma masuk ke dalam vagina kambing
  • Container : Container adalah alat atau tabung yang berfungsi untuk menampung sperma atau strain agar tidak rusak sel-sel spermanya dengan menggunakan nitrogen.
  • Tempat Thawing Straw
  • Tempat thawing straw adalah tempat untuk menmpatkan straw atau sperma yang masih dalam pipet sperma agar steril dan tidak terkena debu atau kotoran
  • Gunting : Gunting disini berfungsi untuk memotong ujung straw agar straw terbuka untuk mengeluarkan spermma yang ada di dalam pipet straw.
  • Lampu senter : Lampu senter berfungsi untuk menerangi bagian dalam vagina kambing karena vagina kambing lebih kecil daripada kerbau. Hal ini bertujuan agar penempatan straw tidak salah.
  • Canester Tempat Straw : alat ini berfungsi untuk menempatkan straw dan mendorong masuk sperma yang berada pada straw ke dalam vagina kambing.
  • Hormon pemicu estrus: hormon pemicu estrus adalah hormon yang berfungsi untuk emrangsang ternak supaya segera terjadi estrus atau berahi sehingga ovum yang terdapat pada kambing siap untuk dibuahi dengan kawin suntik.
  • Vitamin : fungsi vitamin di sini adalah agar kambing tidak mengalami lemas dan lelah. Vitamin berguna untuk menjaga daya tahan tubuh kambing agar tidak sakit dan stres.


Cara Kawin Suntik Pada Kambing

Setelah alat-alat selesai terkumpul semua, maka sekarang saatnya untuk melakukan kawin suntik. Kawin suntik sebaiknya dilakukan oleh petugas peternakan yang sudah berpengalaman dan berlisensi untuk dapat menjamin keberhasilan kawin suntik pada kambing. berikut ini cara melakukan kawin suntik pada kambing:

Penyuntikan Hormon

Penyuntikan hormon dilakukan dengan tujuan untuk merangsang kambing betina supaya segera estrus. Estrus adalah pada saat kambing mengalami berahi yang ditandai dengan keluarnya lendir dari vulva.

Pemberian Vitamin

Setelah kambing selesai disuntik hormon, maka tahap berikutnya adalah pemberian vitamin  yang diberikan dengan meminumkan pada kambing. pemberian vitamin bertujuan untuk memberikan daya tahan tubuh kambing agar kambin tidak mengalami stres dan sakit.
baca juga:
  1. Manfaat Kambing Bagi Manusia Lengkap
  2. Kandang Kambing Kacang dan Pembuatannya
  3. Membuat Kandang Kambing Dari Bambu


Penyuntikan Straw Kambing

Setelah selah 2 atau tiga jam kambing akan bereaksi mengalami estrus. Kambing siap untuk dikawin suntik dengan peralatan yang sudah disiapkan sebelumnya. Penyuntikan dilakukan dengan bantuan dua orang untuk memegangi kambing. Cara untuk menyuntik straw pada kambing adalah sebagai berikut:
  • kambing dipegang kaki belakangnya kemudian diangkat sampai posisi vulva kambing berada di atas dan mudah untuk dipasang speculum. 
  • Setelah speculum terpasang, regangkang bagian vulva kambing dengan menekan speculum sehingga rongga vulva kambing pun terbuka.
  • Senter digunakan untuk mencari jalur yang mengarah pada uterus. Setelah diketahui bagian lubang yang mengarah ke uterus straw dimasukkan dengan menggunakan alat yang bernama gun.
  • Setelah penyuntikkan straw berhasil, kambing bisa diturunkan dan dilepaskan.
  • Kambing yang berhasil dikawin suntik akan terlihat setelah beberapa minggu kemudian ditandai dengan bagian perut yang makin membesar.


Itulah ulasan mengenai cara kawin suntik pada kambing. semoga tulisan tentang Cara Kawin Suntik Kambing dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada pertanyaan maupun masukan silahkan sampaikan dengan menulis pada kolom komentar di bawah tulisan ini. Terima kasih.
Tulisan terkait:
  1. Desain Kandang Kambing Modern Efektif
  2. Cara Ternak Kambing Jawa Yang Benar dan Lengkap
  3. Obat Kambing Lumpuh Efektif
  4. Cara Ternak Kambing Potong
  5. 12+ Jenis Makanan Kambing Selain Rumput

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Kawin Suntik Kambing"