Cara beternak Kambing Etawa Lengkap


Usaha Budidaya Kambing Etawa

Ternakkambing.com-Budidaya kambing etawa adalah usaha yang menjanjikan jika dilakukan dengan ketekunan dan kesabaran. Dengan usaha budidaya kambing etawa kita bisa mendapatkan kambing anakan dan  mendapatkan keuntungan susu kambing etawa yang memiliki harga yang tinggi yakni mencapai harga Rp 50.000,- per liter susu kambing etawa.

Beternak kambing etawa memerlukan kejelian, ketelitian dan juga ketekunan yang sangat besar. Cara beternak kambing etawa harus mampu memadukan cara beternak kambing etawa tradisional dan cara beternak kambing etawa modern atau intensif.
Baca juga:
  1. Analisa bisnis kambing di Indonesia
  2. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa
  3. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap

Alasan Utama Beternak kambing Etawa

Alasan utama beternak kambing etawa ada beberapa yang bisa dirincikan. Berikut ini beberpa alasan utama beternak kambing etawa:
  • Cara beternak kambing etawa cenderung mudah dijalankan
  • Cara beternak kambing etawa tidak membosankan
  • Cara beternak kambing etawa bisa dilakukan dengan cara intensif dan juga semi intensif
  • Untuk menghasilkan jumlah susu yang banyak, cara ternak kambing etawa cenderung mudah hanya dengan menyiapkan rumput yang cukup
  • Harga susu kambing etawa cenderung tinggi dibandingkan dengan harga susu sapi dan untuk meningkatkan jumlah susu kambing etawa cenderung memiliki cara ternak kambing etawa yang mudah kambing etawa banyak disilangkan dengan jenis kambing lain sehingga peluang pasar sangat mudah dan cara beternak kambing etawa juga tidaklah sulit kambing etawa memiliki potensi yang cukup besar sebagai kambing penghasil susu dan juga daging. Cara beternak kambing etawa juga banyak macamnya.


Tahap beternak Kambing Etawa

Untuk memulai usaha beternak kambing etawa dapat dilakukan dengan cara-cara beternak kambing etawa yang mudah. Cara beternak kambing etawa dapat dilakukan dengan tahapan-tahapan penting beternak kambing etawa berikut ini.

Menentukan Indukan dan Memilih Calon Bibit Kambing Etawa

Untuk mengembangkan usaha ternak kambing etawa, kita harus secara teliti memilih dan mengkaji ternak kambing yang kita budidaya. Cara beternak kambing etawa yang pertama adalah ketepatan memilih indukan. Jangan sembarangan dan asal pilih indukan yang kita budidayakan. Usahakan memilih indukan yang memiliki kualitas yang bagus dengan postur tubuh kambing yang tinggi dan sehat. Pada saat ini banyak pengembang kambing etawa. Untuk mendapatkan bibit yang bagus usahakan membeli bibit dari peternak yang memiliki catatan kelahiran kambing etawa
Baca juga:
  1. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap
  2. Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit Terbukti
  3. Manfaat Kambing Bagi Manusia Lengkap

Cara Beternak Kambing Etawa Tahap Membuat Kandang Kambing Etawa

Kandang kambing etawa memiliki fungsi yang sangat penting dalam membudidayakan kambing etawa. Beternak kambing etawa tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Cara beternak kambing etawa harus memperhatikan kondisi kandang kambing sehingga kambing bisa merasa nyaman dan aman untuk tinggal dan berkembang. Cara beternak kambing etawa yang baik harus mempersiapkan kandang yang tepat berupa kandang panggung karena untuk menghindari kambing etawa tidur di atas kotoran kambing etawa.

Cara Beternak Kambing Etawa Tahap Memberi Pakan Kambing Etawa

Untuk mengembangkan dan mendapatkan produksi susu yang maksimal, peternak harus memperhatikan cara beternak kambing etawa tahap pemberian pakan. Semakin bagus cara beternak kambing etawa dalam pemberian pakan maka semakin bagus hasil yang akan didapatkan. Pakan kambing etawa sebetulnya terdiri dari komposisi hijauan pakan ternak yang dalam komposisinya terdiri dari daun-daunan dan rumput-rumputan. Persentase pemberian rumput yang baik tidak ada batasan. Untuk mencukupi mineral yang dibutuhkan kambing, maka pemberian konsentrat pada pakan mutlak diberikan sebanyak 0,5 kg.

Cara Beternak Kambing Etawa Tahap Pemberian vaksin

Kambing etawa juga memiliki resiko terserang penyakit pada kambing seperti antraks, Penyakit Mulut dan Kuku, Diare, Cacingan dan berbagai penyakit lainnya. cara beternak kambing etawa yang baik tidak boleh melupakan tahap pemberian vaksin. Pemberian vaksin pada kambing bersifat unutk mencegah timbulnya penyakit mematikan dan merugikan. Cara beternak kambing yang baik harus selalu memberikan vaksin secara rutin minimal satu kali dalam satu tahun.
Baca juga:
  1. Kandang Kambing Kacang dan Pembuatannya
  2. Membuat Kandang Kambing Dari Bambu
  3. Desain Kandang Kambing Modern Efektif

Cara Beternak Kambing Etawa Tahap Pemberian obat cacing

Beternak kambing etawa membutuhkan ketelitian dan keasabaran yang tinggi. Selain itu cara beternak kambing etawa yang baik tidak melupakan pemberian obat cacing bagi kambing. pemberian obat cacing bagi kambing etawa dalam cara beternak kambing etawa bertujuan untuk mencegah timbulnya cacing dalam perut kambing yang dapat mengakibatkan kambing mengalami penurunan pertumbuhan kambing etawa. Selain itu pemberian obat cacing pada cara beternak kambing yang baik berfungsi mempercepat pertumbuhan kambing etawa.


Cara Beternak Kambing Etawa Tahap Pemerahan Susu Kambing

Dalam cara beternak kambing etawa, pemerahan susu kambing harus dilakukan secara rutin. Pemerahan susu secara rutin ini dapat merangsang produksi susu kambing etawa secara maksimal. Dalam cara beternak kambing etawa tahap pemerahan susu kambing diperlukan peralatan yang higienis dan tidak terdapat bakteri yang menyebabkan susu kambing rusak. Pemerahan susu kambing dalam cara beternak susu kambing dilakukan pada pagi dan sore hari antara jam 7 sampai jam 9 dan antara jam 3 sampai jam 5 sore.

Cara Beternak Kambing Etawa Tahap Penyapihan Anak Kambing Etawa

Penyapihan anak kambing etawa dalam cara beternak kambing etawa bertujuan untuk memacu induk kambing segera berahi dan mau kawin lagi. Dengan cara beternak kambing etawa tahap ini, induk kambing akan mampu kawin lagi setelah satu bulan. Induk kambing etawa akan melahirkan sebanyak tiga kali dalam dua tahun dengan cara beternak kambing etawa tahap ini.

Cara Beternak Kambing Etawa Tahap Pemberian Susu Pengganti

Cara beternak kambing etawa yang baik tidak boleh melupakan kebutuhan anak kambing etawa untuk mengkonsumsi susu pengganti. Susu pengganti induk kambing etawa dapat menggunakan susu sapi formula yang dapat dibeli di toko-toko susu. Pembaerian susu sapi pada anakan kambing memiliki tujuan agar anak kambing tetap tumbuh optimal dan sehat. Oleh karena itu cara beternak kambing etawa tahap pemberian susu sangat penting.

Itulah ulasan mengenai cara beternak kambing etawa. Semoga tulisan tentang Cara beternak Kambing Etawa Lengkap dapat bermanfaat bagi para pembaca. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan tulisan ini. Silahkan tuliskan masukan dan pertanyaan dengan menuliskannya pada kolom di bawah tulisan ini. Terima kasih.

Tulisan lainnya:
  1. Cara Ternak Kambing Jawa Yang Benar dan Lengkap
  2. Ciri-Ciri Kambing Boer
  3. Obat Kambing Lumpuh Efektif
  4. Cara Ternak Kambing Potong
  5. 12+ Jenis Makanan Kambing Selain Rumput

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara beternak Kambing Etawa Lengkap"

Posting Komentar