Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa


Peluang Usaha Ternak Kambing

Ternakkambing.com-Usaha ternak kambing merupakan sebuah usaha yang memiliki peluang besar saat ini baik di Indonesia maupun di pasar Luar negeri. Mengapa ternak kambing memiliki peluang yang besar saat ini? Alasan ternak kambing memiliki peluang yang besar saat ini karena jumlah permintaan kambing baik di pasar domestik maupun internasional terus meningkat. 

Permintaan di pasar domestik meningkat karena beberapa hal di antaranya jumlah penduduk muslim di Indonesia yang semakin bertambah dan pertambahannya ini disertai daya beli dan kesadaran masyarakat muslim Indonesia untuk melaksanakan ibadah kurban dan akikah bagi anak yang baru lahir. Begitupun kondisi pasar luar negeri, permintaan terhadap kambing di Indonesia dari luar negeri terus-menerus mengalami peningkatan. 
Baca juga: 
  1. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap
  2. Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit Terbukti
  3. Manfaat Kambing Bagi Manusia Lengkap

Peningkatan permintaan kambing ini disebabkan di antaranya karena jumlah industri olahan daging kambing yang terus bertambah seperti di Malaysia yang mulai ada industri pengolahan daging kambing menjadi produk-produk konsumsi. Permintaan dari pasar luar negeri berikutnya adalah dari daerah Timur Tengah yang merupakan negara paling banyak mengkonsumsi olahan daging kambing. Menurut masyarakat di daerah Timur Tengah, daging kambing ataupun daging domba cenderung lebih aman dan sehat daripada daging sapi karena kolesterol di dalam daging kambing lebih rendah daripada kolesterol yang terdapat pada daging sapi.

Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa

Peluang usaha ternak kambing yang begitu menjanjikan dan bisa dilakukan oleh semua masyarakat terutama masyarakat di desa seharusnya terus didorong untuk berkembang. Selain itu bantuan tenaga penyuluh dan juga tenaga kesehatan hewan hendaknya bisa menjangkau daerah-daerah pedesaan yang notabene lebih banyak peternak kambing yang membutuhkan bantuan dan pengetahuan tentang penanggulangan penyakit kambing. peluang usaha ternak kambing ini janganlah sampai terlewatkan. Berikut ini adalah analisa usaha ternak kambing etawa yang dapat menjadi patokan bagi saudara-saudara yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak kambing.
Baca juga :
  1. Kandang Kambing Kacang dan Pembuatannya
  2. Membuat Kandang Kambing Dari Bambu
  3. Desain Kandang Kambing Modern Efektif

  • Kambing Etawa memiliki masa produksi selama lima tahun terhitung sejak kambing etawa dilahirkan. Normalnya kambing etawa dipelihara untuk produksi sampai usia kambing tersebut lima tahun. Setelah usia lima tahun, produksi kambing jantan maupun betina akan mengalami penurunan.

  • Induk betina kambing etawa mampu beranak sebanyak tiga kali dalam dua tahun. Jika satu kali beranak kambing etawa mampu menghasilkan 2 ekor anak kambing, maka dalam dua tahun kambing etawa mampu menghasilkan anakan sebanyak enam ekor. Bisa kita hitung jika kita memiliki indukan sebanyak sepuluh ekor saja maka dalam dua tahun kita bisa mendapatkan kambing sejumlah 60 ekor.

  • Dalam populasi kandang, kambing etawa satu ekor bisa menghasilkan 12 kg pupuk kandang dan 5 liter urin sebagai pupuk cair. Artinya, selama satu bulan saja kambing 10 ekor mampu menghasilkan pupuk kandang sebanyak 120 kg dan 50 liter urin kambing. Harga jual pupuk kandang per kg adalah Rp 300 per kg. Sedangkan harga jual urin kambing yang sudah diolah menjadi pupuk fermentasi EM4 adalah Rp 3000,- per liter. Maka dari 10 ekor kambing mampu menghasilkan rupiah senilai Rp 360.000,- + Rp 150.000,- = Rp 510.000,-

  • Kambing etawa dalam satu kali masa laktasi mampu menghasilkan sekitar 250 liter susu kambing. dalam dua tahun, kambing etawa mampu beranak dan memasuki masa produksi susu sebanyak tiga kali. Maka dalam dua tahun per ekor kambing etawa mampu menghasilkan 750 liter susu. Harga susu kambing etawa saat ini mencapai Rp 40.000,- per liter. Dalam dua tahun dari satu ekor kambing etawa betina akan menghasilkan Rp 30.000.000. dan untuk 10 ekor kambing etawa betina mampu menghasilkan nilai sebanyak Rp 300.000.000,- per dua tahun.

  • Harga cempe atau anak kambing bervariasi. Untuk anak kambing pertama yang sudah berusia 16 bulan dan sudah berproduksi kembali akan dihargai sebanyak 6 juta rupiah indukan sekaligus anaknya yang dikalikan dua ekor anak pertama maka menghasilkan Rp.12.000.000,-.  Sementara anakan yang kedua yang sudah berusia 10 bulan akan dihargai dengan nilai dua setengah juta rupiah per ekor dikali dua menjadi Rp 5.000.000,-. Sementara anakan kambing yang baru lahir dan sudah berusia 3 bulan ini merupakan anakan kambing ketiga biasanya dihargai sampai tujuh ratus lima puluh ribu rupiah per ekor dikalikan dua senilai Rp 1.500.000,-. Jadi dalam dua tahun hasil dari anakan dari satu ekor indukan adalah sebesar Rp 18.500.000,- dikali 10 ekor induk awal menjadi Rp 185.000.000,-. 

  • Biaya pakan dan perawatan kambing etawa dalam satu bulan mengacu pada hitungan per ekor kambing sebesar Rp 500.000,- berikut perawatan anakannya. Maka dalam dua tahun pengeluaran yang harus dikorbankan adalah Rp 120.000.000,- untuk semua kambing.


Artinya dari keseluruhan hitungan tersebut maka hitungan usaha ternak kambing dalam dua tahun  dapat dirinci pada tabel di bawah.

Tabel Pengeluaran dan Penghasilan Usaha ternak Kambing Etawa

No.
Jenis Biaya
Pengeluaran
Pendapatan
1
Biaya Pakan dan perawatan
Rp 120.000.000,-

2
Panjualan susu

300.000.000,-
3
Penjualan pupuk kandang dan pupuk cair

12.000.000,-
4
Nilai anakan

185.000.000,-


Rp 120.000.000,-
Rp 497.000.000,-

Tabel Keuntungan Usaha Ternak Kambing

Rp 497.000.000,- - Rp 120.000.000,-
Rp 377.000.000,-

Maka pendapatan perbulan yang bisa didapatkan jika usaha ternak kambing tidak terkendalah hal lain di luar manajemen usaha ternak adalah Rp 15.700.000,- .
Baca juga: 
  1. Cara Ternak Kambing Jawa Yang Benar dan Lengkap
  2. Ciri-Ciri Kambing Boer
  3. Obat Kambing Lumpuh Efektif

Demikian ulasan mengenai usaha ternak kambing etawa. Semoga tulisan tentang Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa dapat menjadi wawasan bagi para pembaca. Silahkan tulis masukan dan pertanyaan pada kolom komentar di bawah tulisan ini jika ada hal yang ingin disampaikan. Mohon maaf jika masih ada kekurangan dalam penulisan tulisan ini. Terima kasih telah membaca tulisan ini.
Tulisan terkait:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa"

Posting Komentar