Analisa bisnis kambing di Indonesia


Ternak Kambing

Ternakkambing.com-Kambing adalah hewan herbifora yang mengkonsumsi tumbuhan dan hijauan sebagai sumber energi untuk kelangsungan hidup. Kambing merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan dan juga menyusui sehingga kambing disebut sebagai hewan mamalia. Kambing mampu beranak tiga kali dalam dua tahun. Sekali kambing bunting membutuhkan watu selama 5 bulan sampai kambing beranak. Beberapa hal tersebut sebenarnya adalah sebagian kecil dari analisa bisnis kambing yang memiliki prospek bagus.


Jenis-Jenis Kambing

Kambing merupakan salah satu hewan atau komoditi ternak yang menguntungkan dan menjanjikan. kambing memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Jenis-jenis kambing yang bisa kita pelihara sebagai komoditi bisnis yang kita tekuni ada banyak ragamnya. Berikut ini beberapa jenis kambing yang bisa kita budidayakan di Indonesia dan sangat cocok sebagai komoditi bisnis kita.


Kambing Etawa

Kambing Etawa adalah jenis kambing yang berasal dari India. dari segi analisa bisnis kambing, kambing etawa memiliki peluang dalam bisnis kambing etawa. Kambing etawa mampu memproduksi susu dalam jumlah yang banyak yang memiliki nilai bisnis yang tinggi. Berdasarkan nalisa bisnis kambing, bisnis kambing etawa sanagtlah menjanjikan karena kita bisa menjual semua produk yang dihasilkan kambing etawa.
Baca juga:

  1. Analisa Usaha Ternak Kambing Etawa
  2. Usaha ternak Kambing Jawa Lengkap
  3. Pakan Ternak Kambing Etawa Lengkap


Kambing Boer

Kambing boer merupakan kambing penghasil daging terbaik di dunia. Kambing boer didatangkan masuk ke Indonesia sekitar tahun 80-an. Kambing boer mampu memproduksi daging dalam jumlah yang banyak dengan persentase karkas kambing boer 50%. Analisa bisnis kambing boer menyebutkan bahwa kambing boer sangatlah produktif dan adaptif terhadap lingkungan dan pakan di Indonesia sehingga peluang bisnis kambing boer di Indonesia sangatlah menjanjikan.

Kambing Kacang

Kambing kacang adalah jenis kambing yang sudah lama berkembangbiak di Indonesia. Analisa bisnis kambing kacang menyebutkan bahwa kambing kacang merupakan jenis kambing yang sangat produktif. Kambing kacang mampu berproduksi sebanyak tiga kali dalam dua tahun bahkan ada juga yang mencapai empat kali karena kambing kacang mampu untuk dikawinkan setelah kambing beranak umur 20 hari. Analisa bisnis kambing menyebutkan bahwa kambing kacang begitu menjanjikan karena kambing kacang atau kambing jawa mampu beranak 2 hingga tiga ekor setiap kali beranak. Hal ini tentunya menjadi keunggulan kambing kacang atau kambing kacang sendiri secara analisa bisnis kambing.
Baca juga:

  1. Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit Terbukti
  2. Manfaat Kambing Bagi Manusia Lengkap
  3. Kandang Kambing Kacang dan Pembuatannya

Kambing Boerawa

Kambing booerawa merupakan jenis kambing baru hasil persilangan antara kambing boer dan kambing etawa. Secara analisa bisnis kambing, kambing boerawa memiliki nilai ganda dalam mendapatkan keuntungan. Keuntungan ganda tersebut adalah karena kambing boerawa mampu memproduksi daging dalam jumlah yang tinggi dan juga kambing boerawa mampu memproduksi susu kambing dengan jumlah yang tidak kalah dari kambing etawa asli. Sehingga analisa bisnis kambing menyebutkan bahwa kambing boerawa memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan.

Kambing Boerka

Kambing boerka meruakan kambing hasil persilangan antaran kambing boer dan kambing kacang. Secara analisa bisnis kambing boerka memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkangkan karena kambing boerka mampu berproduksi dengan sangat baik. Kambing boerka memiliki karkas sebesar 43-45% dari bobot hidup. Selain itu, kambing boerka mampu berproduksi sebanyak tiga kali sampai 4 kali dalam dua tahun. Dalam satu kali kelahiran kambing boerka mampu menghasilkan anakan sebanyak 2 sampai 3 ekor serta tingkat hidup anak kambing yang dilahirkan meningkat sebanyak 50% dari sebelumnya sbelum kambing boer disilangkan dnegan kambing kacang. Oleh karena itu dalam analisa bisnis kambing, usaha ternak kambing boerka sangat menjanjikan dikembangkan.

Peluang pasar Kambing di Indonesia

Pasar kambing di Indonesia memiliki peluang yang sangat tinggi. Saat ini jumlah penduduk di Indonesia selalu bertambah dan kebutuhan kambing juga meningkat. Hal tersebut terjadi karena kebutuhan kambing sebagai kambing kurban dan juga kambing akikah terus bertambah sedangkan jumlah produksi kambing tiap tahunnya tidak mengalami penambahan. Hal inilah yang sebenarnya menjadi peluang bisnis secara analisa bisnis kambing di Indonesia.

Selain dari dua hal besar tersebut, kebutuhan rutin akan kambing tiap bulannya adalah berasal dari warung makan olahan kambing dan warung sate kambing. Banyak beberapa pengusaha warung makan beralih pada daging kambing untuk mengganti daging sapi karena harga daging sapi yang selalu meningkat mencapai di atas 100ribu rupiah. Sednagkan harga daging kambing sendiri di pasaran hanya 50ribu sampai 70ribu rupiah.

Peluang pasar ekspor kambing juga terbuka lebar. Rata-rata permintaan ternak kambing mengalami peningkatan tiap tahunnya dari luar negeri. Negara utama yang membutuhkan ternak kambing adalah negara-negara Timur tengah yang mayoritas olahan masakan disana memiliki bahan baku daging kambing.
Baca juga:

  1. Membuat Kandang Kambing Dari Bambu
  2. Desain Kandang Kambing Modern Efektif
  3. Cara Ternak Kambing Jawa Yang Benar dan Lengkap

Permodalan Yang Semakin Mudah

Bantuan modal yang semakin mudah dan menjanjikan membuat para peterna atau pengusaha baru mudah untuk mendapatkan modal dalam mengembangkan usahanya. Secara umum bantuan modal dari bank rakyat Indonesia hanya membebankan bunga sebesar 0,0-0,5% per bulan bagi para peminjam dan KUR atau kredit Usaha Rakyat. Dengan demikian secara analisa bisnis kambing di Indonesia sangatlah layak usaha kambing dikembangkan dengan kemudahan permodalan pemerintah terutama bagi para peternak dan petani.

Temuan dan teknologi Yang Semakin berkembang

Temuan yang selalu dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi dan universitas selalu ada dan bertambah jumlahnya. Peluang ini menjadi hal yang sangat menjanjikan bagi para peternak karena peternak bisa mendorong pertumbuhan kambing dengan lebih cepat lagi daripada sebelumnya tanpa adanya teknologi untuk kemajuan ternak kambing. Secara analisa bisnis ternak kambing, hal ini menjadi peluang yang sanagt bagus bagi peternak untuk mengembangkan bisnis ternak di Indonesia.

Itulah tadi ulasan mengenai Analisa bisnis ternak kambing di Indonesia. Semoga tulisan tentang Analisa Bisnis Kambing di Indonesia dapat bermanfaat bagi para pembaca dan peternak yang ingin mengembangkan bisnis ternak kambing. Mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan tulisan ini. Silahkan sampaikan pertanyaan dan masukan pada kolom komentar di bawah tulisan ini. Terima kasih.
Tulisan lainnya:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analisa bisnis kambing di Indonesia"

Posting Komentar