Tips ternak Kambing Agar Sukses


Ternak Kambing

Ternakkambing.com-Usaha ternak kambing merupakan usaha untuk menambah nilai ternak kambing dengan cara melakukan perawatan, pengembangbiakkan ternak  kambing, dan pengolahan hasil pokok serta hasil sampingan ternak sehingga menghasilkan sesuatu yang berdayaguna dan memiliki nilai tambah. Usaha ternak kambing perlu dilakukan dengan manajemen yang baik dengan memperhatikan aspek-aspek yang dapat mendukung dan menghambat usaha ternak kambing. Usaha ternak kambing sebaiknya dilakukan dengan bertahap dengan menimbang kemampuan modal dan juga kebutuhan pasar apabila anda baru memulai usaha ternak dengan modal yang terbatas. Dalam tulisan kali ini, akan kita bahas mengenai beberapa tips ternak kambing agar sukses sehingga bisa terhindar dari kerugian yang kemungkinan akan terjadi.


Tips Ternak Kambing

Beberapa hal perlu kita perhatikan dalam menjalankan usaha ternak kambing baik itu usaha ternak kambing bagi pemula atau usaha ternak kambing yang sudah berjalan. Beberapa tips ternak kambing agar sukses yang dapat kita terapkan adalah sebagai berikut.
Baca juga: Obat Nafsu Makan Kambing Manjur

Tips Ternak Kambing Pemula

Beberapa tips yang bisa anda gunakan yang baru saja memulai usaha ternak kambing adalah sebgai berikut:

Tentukan jenis usaha ternak yang akan dijalankan

Ada beberapa jenis usaha ternak yang bisa kita jalankan yaitu usaha penggemukan kambing atau usaha kambing potong, usaha pembesaran kambing, usaha jual beli kambing, usaha pembibitan kambing, usaha kambing perah, usaha penjualan daging kambing dan olahannya atau usaha sampingan ternak kambing.

Hitung Besaran Modal

Untung menjalankan sebuah usaha, sebaiknya yang perlu kita lakukan adalah dengan mellihat kapasitas yang kita miliki. Kapasitas yang perlu kita ukur disini adalah terkait dengan kemampuan modal yang kita miliki. Modal dalam menjalankan usaha peternakan kambing adalah berupa modal uang, tanah, tenaga dan ide. 

Awali Usaha dengan Skala Kecil Terlebih Dahulu

Untuk memulai usaha ternak kambing, hal yang sebaiknya anda lakukan adalah dengan memulai usaha dari skala kecil terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko kerugian yang diakibatkan oleh kesalahan atau hal yang tidak diinginkan seperti ternak kambing terserang penyakit dan mati atau sebagainya. Mulailah usaha ternak kambing dengan skala kecil mulai dari 10 ekor untuk bisa memahami manajemen ternak dan juga kondisi pasar yang ada. Jika usaha yang kita jalankan sudah berjalan dengan baik selama 2 atau 3 tahun maka kita sudah bisa mengembangkan usaha yang kita miliki.

Hindari Meminjam Uang di Bank apalagi Pada Rentenir

Usaha ternak kambing juga memiliki resiko. Resiko yang ada dalam menjalankan usaha ternak kambing bermacam-macam mulai dari resiko sulitnya penjualan, resiko mahalnya harga pakan atau konsentrat, resiko terkena penyakit bahkan kematian ternak kambing. Oleh karena itu, maka sebaiknya hindari peminjaman uang baik di bank maupun pada rentenir yang selalu memiliki bunga dan selalu bertambah. Lebih baik usaha kecil berjalan lancar daripada usaha besar teteapi banyak kendalanya.

Jalinlah Komunikasi yang Baik

Untuk mendukung usaha ternak kambing, hal ini tidaklah memberikan pengaruh secara langsung. Akan tetapi, menjalin hubungan yang baik dengan berbagai pihak seperti sesama peternak pemerintah akan mempermudah berkembangnya usaha kita karena kita bisa membuka pintu pemasaran kepada calon-calon konsumen kita.


Lakukan Promosi

Kagiatan melakukan promosi bisa dilakukan dengan berbagai hal untuk meningkatkan usaha ternak kita. Promosi tersebut bisa dilakukan dengan cara online ataupun secara langsung kepada para sasaran konsumen. Hal ini penting dilakukan apalagi menjelang hari raya kurban yang sudah tentu banyak orang mencari dan membeli kambing.

Itulah beberapa tips mengenai memulai usaha ternak kambing. Semoga tulisan tentang Tips Ternak Kambing Agar Sukses bermanfaat bagi pembaca. Baca juga tulisan lainnya mengenai tips ternak kambing etawa. Terima kasih.
Tulisan lain:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips ternak Kambing Agar Sukses"

Posting Komentar