Peluang Usaha Budidaya Kambing Etawa di Indonesia yang menjanjikan dan Menguntungkan


Peluang Usaha


Pada zaman sekarang, banyak di antaranya teman-teman kita kesulitan untuk mencari pekerjaan baik itu yang lulusan SMA atau perguruan tinggi. Apakah ada yang salah dengan kurikulum pendidikan kita? Atau memang minimnya lapangan kerja di Indonesia. Berdasarkan data di Google tahun 2017 disebutkan bahwa pencari kerja di Indonesia mencapai 170.000 orang pertahun. Sementara tiap tahun perguruan tinggi di Indonesia meluluskan sekitar 120.000 sarjana semua jurusan. Sementara, rata-rata lapangan kerja yang tersedia setiap tahun hanya sekitar 40-50 % dari jumlah lulusan tiap tahunnya. Hal ini tentunya akan menjadi masalah bagi setiap orang yang belum memiliki pekerjaan dan belum berpenghasilan.

Pada saat ini, untuk mencari pekerjaan tidaklah mudah. Kita harus mampu memiliki berbagai keterampilan sebagai nilai tambah untuk lolos seleksi pekerjaan. Selain itu, relasi yang luas juga amat penting untuk bisa memasuki dunia pekerjaan. Tapi, pernahkan Anda terpikir untuk lompat melewati zona aman dan memulai sebuah usaha? Jika memang Anda tertari, maka bacalah tulisan ini lebih lanjut.
Baca juga : Cara Fermentasi Jerami dan Debok yang Jitu sebagai Pakan Kambing Tanpa Ngarit

Peluang Usaha Ternak Kambing

Salah satu peluang usaha yang ada saat ini dan tentunya masih terbuka lebar adalah usaha atau bisnis kambing. Mengapa usaha kambing dikatakan memiliki prospek atau peluang ke depannya? Kita bisa menghitung atau mencari informasi mengenai jumlah penduduk di Indonesia dan berapa persen yang beragama Islam? Dan berapa dari sekian juta orang yang sangat menyukai olahan atau makanan dari daging kambing? Coba Anda perkirakan sendiri berapa jumlahnya. Nah, saat ini  memang sudah mulai ada beberapa orang yang mencoba untuk memulai usaha atau bisnis ternak kambing. Usaha tersebut dimulai dari budidaya kambing, jual beli bibit kambing, usaha kambing kurban, usaha kambing akikah sampai usaha jasa pelayanan katering akikah. Banyak sekali variasi dari usaha ternak kambing. Berikut ini penulis coba menguraikan beberapa peluang dari usaha ternak kambing:
  • Kebutuhan terhadap kambing yang selalu meningkat seiring dengan bertambahnya populasi dan kemampuan ekonomi penduduk Indonesia terutama untuk kegiatan hari raya kurban bagi umat muslim dan akikah.

  • Masih sedikitnya pengusaha yang bergerak di bidang peternakan terutama ternak kambing. Banyak orang beranggapan bahwa usaha ternak kambing adalah usaha orang kampungan dan identik dengan bau kambing sehingga banyak orang menghindari usaha ini. Hal ini bisa kita manfaatkan karena semakin banyak orang berpikir seperti itu maka semakin besar peluang yang kita miliki karena sedikitnya jumlah pesaing.

  • Tersedianya lahan yang luas ataupun sumber makanan yang tersedia untuk ternak kambing dari perkebunan yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan sperti limbah singkong, limbah kakao, daun nangka, limbah jagung, limbah kulit kacang, jerami padi dan sebagainya.

  • Selain bisa dijual berupa produk kambing, ada juga hasil kambing yang masih bisa dimanfaatkan yaitu limbah atau kotoran kambing sebagai pupuk organik. Hal ini bisa menjadi suatu peluang karena banyak para petani yang mencari pupuk organik asli, dan mereka lebih percaya untuk mendapatkannya dari pera peternak langsung. Biasanya pupuk kandang digunakan untuk menanam tanaman organik seperti padi organik atau sayuran organik.

  • Selain dijual berupa kambing, ternyata juga ada manfaat lain dari kambing yang sangat orang cari yakni manfaat susu kambing Etawa. Susu kambing Etawa sudah terbukti dapat mengobati berbagai penyakit seperti sakit maagh, kolesterol dan tekanan darah tinggi hingga stroke. Susu kambing mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat membantu mengikis kolesterol dalam darah sehingga dapat memperlancar aliran darah dan menghindarkan seseorang dari tekanan darah tinggi.

  • Jumlah permintaan kambing tiap tahunnya juga terus meningkat. Hal ini bukan terjadi karena faktor dari dalam negeri tetapi dari luar negeri. Saat ini sudah banyak negara dari timur tengah seperti turki, Yordania dan Arab Saudi yang menjadi tujuan ekspor ternak kambing karena disebabkan oleh salah satunya yaitu meningkatnya jumlah haji dan juga minat orang untuk berkurban tiap tahunnya.

  • Kambing Etawa juga memiliki prospek lainnya yaitu sebagai kambing kontes. Di Indonesia sendiri kontes kambing sudah secara rutin dilakukan tiap tahunnya dan hal ini sangat diapresiasi oleh seluruh peternak di Indonesia. Terlebih lagi, kambing yang memenangkan kontes akan dihargai dengan sangat tinggi bisa mencapai 30 sampai 70 juta rupiah. Hal ini berdampak pada meningkatnya nilai jual kambing Etawa terutama pejantan.


Itulah tulisan mengenai beberapa peluang usaha budidaya kambing Etawa.  Semoga tulisan mengenai Peluang usaha budidaya kambing Etawa di Indonesia yang Menjanjikan dan Menguntungkan dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membaca tulisan ini.
Tulisan terkait : 
  1. 6+ [Cara Ternak Kambing] yang Mudah Tanpa Cari Rumput dan Tanpa Gembala 
  2. 3+ [Kelebihan Kambing Toggenburg] Lengkap 
  3. 4+ [Kelebihan Kambing Saanen] Lengkap Yang Penting Dipahami
  4. 4+ Kelebihan Ternak Kambing Boer Lengkap 
  5. 5+ Kelebihan Kambing Etawa atau Kambing Jamnapari Lengkap 
  6. 25+ [Jenis-Jenis Kambing] di Indonesa dan Dunia lengkap 
  7. 5+ Kelebihan Ternak Kambing Kacang Lengkap


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Usaha Budidaya Kambing Etawa di Indonesia yang menjanjikan dan Menguntungkan"

Posting Komentar