Obat Nafsu Makan Kambing Manjur


Kambing Tidak Nafsu Makan

Ternakkambing.com-memiliki ternak kambing yang gemuk-gemuk dan tumbuh secara optimal adalah keinginan semua peternak kambing. Tapi bagaimana jika kambing yang kita miliki tidak memiliki nafsu makan. Bagaimana jika di tengah-tengah jalan kita mengalami kesulitan dan kerugian yang diakibatkan ternak kambing yang kita budidayakan tidak nafsu makan dan malah menjadi kurus. Dalam tulisan kali ini akan kita bahas mengenai obat nafsu makan kambing manjur yang bisa kita buat sendiri.

Ada banyak sebab yang mengakibatkan kambing tidak mau makan atau tidak nafsu makan. Kambing tidak mau makan biasanya disebabkan oleh faktor eksternal maupun faktor internal dari kambing. Faktor eksternal seperti kondisi cuaca yang kurang mendukung, kondisi kandang yang kotor dan sempit, kondisi kandang yang pengap, dan juga cuaca yang sangat panas. Faktor lainnya yaitu faktor internal yang bisa berupa penyakit kambing seperti kambing kembung, kambing mencret, atau kambing cacingan. Berikut ini beberapa alternatif yang bisa kita tempuh untuk meningkatkan nafsu makan kambing dengan cara memberikan obat nafsu makan kambing manjur atau dengan memberikan pakan fermentasi dan konsentrat.


Obat Nafsu Makan Kambing

Obat nafsu makan kambing yang dapat kita berikan supaya kambing kembali mau makan secara normal adalah dengan memberikan jamu kambing. Jamu kambing adalah camppuran berbagai ramuan yang berkhasiat untuk emningkatkan nafsu makan kambing menggunakan bahan-bahan yang mudah kita temukan di sekitar kita. Bahan-bahan alternatif untuk menambah nafsu makan kambing yang dapat kita pakai seperti daun pepaya, kunyit, temulawak, daun jambu, temu ireng dan lain sebagainya. Berikut ini mari kita bahas tentang cara membuat jamu tradisional penggemukan kambing sebagai salah satu cara meningkatkan nafsu makan kambing secara alami.


Jamu Pace Lempuyang

Jamu Pace Lempuyang adalah jamu tradisional untuk penggemukan kambing yang dibuat dari bahan-bahan lempuyang, pace atau buah mengkudu, temu ireng, dan juga kunyit. Komposisi untuk membuat pace lempuyang adalah:
  • 15 buah Pace atau mengkudu
  • 1 genggam temu ireng
  • 1 genggam kunyit
  • 1 genggam lempuyang

Empat bahan tersebut ditumbuk sampai lembut dan dijadikan satu atau bisa juga dengan cara diblender sampai halus. Aduk-aduk campuran tersebut kemudian dicampurkan ke dalam ransum sebanyak 1 banding sepuluh. Berikan campuran ransum dan jamu pace lempuyang sebanyak sekali sehari selama seminggu sampai kambing terlihat pulih dan kembali makan dengan lahap.
Baca juga : Alternatif Kambing Tidak Mau Makan

Jamu Telur Daun Pepaya

Jamu telur daun pepaya adalah ramuan tradisional untuk kambing yang dibuat dengan menggunakan daun pepaya dan telur sebagai bahannya. Ramuan ini juga bisa ditambahkan dengan asam jawa dan juga madu. Berikut ini cara membuat ramuan telur daun pepaya sebagai jamu tradisional untuk penggemukan kambing.
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 10 lbr daun pepaya
  • 3 butir telur ayam kampung
  • 4 siung asam jawa
  • 2 sendok madu

Cara membuatnya adalah sengan mencampur semua bahan dan menumbuknya menjadi satu sampai lembut. Setelah tercampur rata dan lembut, tambahkan 2 sendok madu dan berikan kepada kambing yang mengalami kurang nafsu makan.

Jamu daun Jambu Biji Pepaya

Ramuan jamu daun jambu biji pepaya adalah ramuan yang digunakan sebagai cara untuk meningkatkan nafsu makan kambing secara alami. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ramuan ini adalah bahan-bahan yang sangat berkhasiat untuk mengatasi kambing tidak mau makan. Seperti kita ketahui bahwa manfaat daun jambu biji adalah untuk mengatasi diare, sedangkan daun pepaya adalah sebagai penambah nafsu makan. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuat jamu daun jambu biji pepaya.
Bahan-bahan
  • 10 lembar daun pepaya
  • 20 lembar daun jambu biji
  • 4 jari temu lawak
  • 3 siung asam jawa

Cara membuatnya adalah dengan mencampur semua bahan menjadi satu dan kemudian menumbuknya sampai halus. Setelah halus, kita bisa campurkan jamu tersebut ke dalam pakan atau konsentrat kambing sebanyak satu kali dalam satu hari selama seminggu atau sampai nafsu makan kambing menjadi normal.

Itulah beberapa cara menangani kambing yang kehilangan nafsu makan. Semoga tulisan mengenai Obat Nafsu Makan Kambing Manjur dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih. 
Tulisan lain: 
  1. Obat Batuk Kambing Ampuh
  2. Cara Memasarkan Ternak Kambing Efektif
  3. Resep Tongseng Kambing Jawa Mantap Jiwa
  4. Obat Kambing Mencret Ampuh
  5. Obat Kambing Masuk Angin Terbukti
  6. 17+ Penyakit Kambing dan Domba yang Sering Menyerang


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Obat Nafsu Makan Kambing Manjur"

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. selamat sore...
    saya boleh tidak kang mengelola web ini, jikalau boleh ini no saya 089661375008

    BalasHapus