Obat Kambing Mencret Ampuh


Obat Anak Kambing Mencret

Ternakkambing.com-Banyak kejadian kambing mencret berujung kematian. Hal ini biasanya karena penanganan yang terlambat atau salah yang dilakukan oleh peternak. Perlunya pengetahuan bagi peternak untuk mengobati kambing mencret sangat dianjurkan. Hal tersebut bisa didapatkan dengan bertanya kepada mantri hewan ataupun membaca referensi seperti buku panduan ternaka atau dari internet seperti kali ini.
Baca juga : Obat Kambing Masuk Angin Terbukti
Kondisi mencret pada kambing merupakan suatu gejala bahwa kambing yang kita pelihara mengalami masalah atau gangguan pada organ pencernaannya. Hal menyebabkan terjadinya diare atau mencret pada kambing adalah:
  • Perubahan pola pakan atau pakan yang secara mendadak
  • Perubahan cuaca, kualitas pakan dan juga kuantitas paka serta kondisi air.
  • Infeksi dari mikroba atau mikroorganisme pada saluran pencernaan
  • Dan terjadinya asidosis pada rumen

Menurut data yang ada di lapangan, faktor penyebab yang paling banyak adalah perubahan pola pakan atau pakan yang sanagt drastis sehingga membuat perut  kambing mengalami stres. Lalu, bagaimana menangani kasus mencret pada kambing seperti ini.

Pada banyak kasus, kambing yang sering mengalami mencret adalah kambing muda atau anak kambing. Beberapa obat anak kambing mencret yang bisa kita temui di sekitar kita adalah daun pepaya, daun jambu biji atau daun mahoni. Daun jambu biji mengandung serat dan juga senyawa yang bisa mengatasi aktivitas bakteri penyebab diare. Pada banyak kasus, jambu biji disukai kambing yang sedang mengalami mencret. Selain itu, daun jambu biji juga bagus digunakan sebagai obat mencret kambing jawa atau obat mencret kambing etawa. Obat mencret kambing etawa selain dari jambu biji juga dapat menggunakan arang kayu yang di tumbuk karena dapat menyerap kandungan air.


Pengobatan Mencret Pada Kambing

Sebelum terjadi mencret pada kambing, hal yang sebaiknya dilakukan adalah pencegahan mencret pada kambing. Pencegahan mencret pada kambing dapat dilakukan dengan menjaga ebersihan kandang, kebersihan pakan, dan juga menjaga kebersihan kambing. Kambing mencret juga kerap kali disebabkan oleh perubahan tempat dan cuaca.

Sementara itu, untuk melakukan pengobatan kambing mencret dapat dilakukan dengan memberikan obat-obatan seperti Rumen Aider. Rumen Aider diberikan untuk mencega stress pada kambing. Apabila kambing sudah terlanjur terkena mencret, maka sebaiknya diberikan obat diare seperti diapet, entrostop, atau daun jambu biji. Kambing juga diberikan minyak tanah dengan cara dicekoki supaya mencegah timbulnya kembung akibat efek samping diare. 

Demikianlah tulisan mengenai obat mencret pada kambing. Semoga tulisan mengenai Obat Mencret Pada Kambing Ampuh dapat bermanfat bagi pembaca. Terima kasih.
Tulisan lain:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obat Kambing Mencret Ampuh"

Posting Komentar