Obat Kambing Masuk Angin Terbukti


Pengobatan Kambing Masuk Angin


Ternakkambing.com-Kambing kerap kali mudah terserang sakit di musim penghujan. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh perubahan kondisi cuaca yang secara drastis dan juga karena faktor pakan yang basah terkena air hujan sehingga membuat pakan berdampak tidak baik bagi kambing terutama anak kambing. Secara biologis, penyakit kembung pada kambing disebabkan oleh banyaknya gas yang terdapat di dalam perut kambing akibat jumlah fermentasi berlebih sehingga menekan organ paru-paru dan jantung. Hal ini mengakibatkan kambing mengalami kesulitan bernafas. Banyak alternatif yang biasanya dilakukan oleh peternak untuk mengatasi kembung pada kambing dengan membuat obat anak kambing masuk angin. 

Penyakit kembung pada anak kambing disebabakan oleh beberapa hal sebagai berikut:
  • Pakan yang terlalu muda
  • Pakan yang terlalu basah atau mengandung banyak air
  • Pakan yang terlalu mengandung banyak protein (contoh legume)
  • Pakan mengandung banyak tanin (terdapat pada daun singkong)

Jenis-jenis pakan ini menyebabkan aktivitas fermentasi yang tinggi sehingga menimbulkan banyak gas yang terbentuk di dalam perut kambing. Gas-gas yang terbentuk ini di antaranya  adalah gas methana, gas karbondioksida (CO2), dan lain-lain. 
Baca juga : 17+ Penyakit Kambing dan Domba yang Sering Menyerang

Pengobatan Kambing Masuk Angin

Untuk kembung kambing yang tidak terlalu berat, biasanya dapat sembuh sendiri tanpa diobati. Tapi jika kembung kambing ini terlalu berlebih maka sebaiknya cobalah alternatif untuk memijit kambing pada bagian perutnya menggunakan minyak tanah, hal ini akan membantu mengeluarkan gas yang tertimbun. 

Pakan sebaiknya dikeringkan sebelum diberikan kepada kambing untuk mengurangi resiko kembung. Cobalah mengeluarkan kambing dari kandang untuk melakukan aktivitas dan bergerak guna mengurangi penumpukan gas di perut.

Obat tradisional kambing masuk angin yang biasanya diberikan kepada kambing yang mengalami masuk angin adalah air kelapa atau minuman bersoda, minyak kelapa dan juga bisa diberi minum air jahe. Pengobatan kambing yang masuk angin dapat dilakukan dengan cara berikut ini:
  • Cekoki kambing dengan menggunakan obat tradisional kambing masuk angin tersebut di atas yakni minyak kelapa atau minyak sawit. Cakoki sebanyak setengah gelas.
  • Cekoki kambing dengan minuman bersooda sperti seprit, lebih baik jika diberikan telur. Baluri perut kambing dengan menggunakan tumbukan bawang merang yang dicampur dengan minyak kayu putih. Urut perut dari bagian dean ke belakangsecara pelan dan cukup ditekan. Usahakan juga dilakukan selama minimal 15 menit. Angkat bagian kaki depan agar gas turun ke perut bawah. Biasanya setelah diurut selama 15bmenit, kambing akan mengeluarkan gas.
  • Tusuk anus kambing menggunakan tangkai pepaya yang sudah diolesi minyak goreng. Hal ini untuk membantu kambing memudahkan mengeluarkan gas. 
  • Berikan obat tradisional kambing masuk angin atau obat kambing yang tersedia di toko ternak. Atau bisa juga kita berikan penicillin untuk mengurangi jumlah bakteri penghasil gas dalam rumen.
  • Kambing juga diberi Tymposol dengan dicampur air yakni dengan perbandingan sebanyak 30-50 ml Tymposol dengan 0,3-0,5 liter air.

Itulah sedikit tulisan mengenai obat herbal kambing masuk angin dan obat kambing masuk angin serta sedikit cara pengobatan kambing masuk angin. Semoga tulisan mengenai obat kambing masuk angin ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan peternak. Terima kasih. 
Tulisan lain:
  1. 5+ Jenis Kambing Pedaging Unggul di Indonesia
  2. Jenis Kambing Pedaging dan Ciri-ciri yang Unggul
  3. 5+ Manfaat [Daging Kambing] Untuk Kesehatan Terutama Bagi Pasangan Muda
  4. 9+ Tahapan [Cara Ternak Kambing Jawa] Tanpa Ngarit dan Merumput Tepat
  5. Cara Ternak Kambing Etawa Bagi Pemula (Sub Persiapan Lahan Pakan) Penting
  6. 10+ Cara ternak Kambing Etawa Bagi Pemula yang tepat dan sukses

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obat Kambing Masuk Angin Terbukti"

Posting Komentar