4+ Kelebihan Ternak Kambing Boer Lengkap



Kelebihan Ternak Kambing Boer


Ternakkambing.com-pada tulisan sebelumnya telah diulas mengenai kelebihan kambing kacang dan kambing etawa. Pada tullisan kali ini penulis mencoba untuk mengulas mengenai kelebihan kambing Boer


Kambing Boer


Kambing Boer adalah salah satu jenis kambing yang menjadi favorit untuk budidaya oleh para peternak.  Kambing Boer merupakan jenis kambing tipe pedaging. Kambing merupakan kambing berasal dari Afrika Selatan. Kambing Boer memiliki pertumbuhan yang sangat cepat sehingga banyak orang membudidayakan kambing Boer sebagai kambing tipe pedaging. Pertumbuhan kambing Boer relatif cepat yakni bisa mencapai berat 35-45 kg.  Kambing Boer dapat dikenali dengan mudah. Hal ini karena kambing Boer memiliki ciri fisik yang cukup berbeda dengan kambing lainnya. Kambing Boer memiliki tubuh yang pendek serta tubuh yang lebar dan panjang. Pada umumnya kambing Boer memiliki warna bulu putih dan kepala berwarna merah kecoklat-coklatan. Kambing Boer dapat beradaptasi pada cuaca yang ekstrem yaitu mulai dari cuaca panas hingga cuaca dingin. Kambing Boer terbiasa hidup di daerah dengan semak belukar, di lereng-lereng gunung atau di padang rumput. Kambing Boer lebih menyukai tanaman semak dan daun-daunan daripada rerumputan. 
Baca Juga: 5+ Kelebihan Kambing Etawa atau Kambing Jamnapari Lengkap

Kelebihan Kambing Boer


Untuk memulai budidaya atau ternak kambing, hendaknya kita perlu teliti mengetahui jenis-jenis kambing yang bisa dibudidayakan dengan melihat kelebihan-kelebihan dari masing-masing jenis kambing.  Hal ini berkaitan dengan orientasi budidaya kambing ingin ditujukan untuk hal-hal seperti apa. Apabila anda ingin menghasilkan susu kambing, maka hendaknya anda memilih kambing perah seperti kambing Etawa. Apabila Anda ingin menghasilkan daging kambing, maka pilihan jenis kambing yang tepat bagi Anda adalah kambing Boer. 

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki kambing Boer yang perlu Anda ketahui jika hendak memelihara kambing Boer sebagai usaha Anda. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki kambing Boer:

Kambing Boer dapat tumbuh dengan cepat

Kambing Boer mampu tumbuh dengan pertambahan bobot tubuh 0.02 – 0.04 kg per hari. Pertambahan bobot tubuh yang begitu cepat inilah yang menyebabkan kambin Boer sangat diminati oleh peternak sebagai pilihan untuk kambing tipe pedaging karena pertumbuhannya yang sangat ceat dibanding dengan jenis kambing lainnya. Akan tetapi, untuk mencapai pertumbuhan yang begitu cepat dan baik tentunya peternak juga harus memperhatikan berbagai hal yang dapat mendukung pertumbuhan kambing Boer itu sendiri. 

Kambing Boer memiliki kualitas daging yang bagus

Kambingan Boer dapat tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kambing jenis lain. Hal ini yang berpengaruh terhadap kualitas daging kambing Boer. Semakin cepat kambing tumbuh, maka semakin cepat pula untuk mengkonsumsi daging kambing. Apabila kambing Boer semakin cepat tumbuh, maka semakin muda kambing Boer dapat dikonsumsi. Maka daging kambing Boer tidak sealot daging jenis kambing lainnya.

Persentase daging Kambing Boer tinggi

Kambing Boer memiliki persentase daging yang tinggi pada karkas yakni berkisar 40% - 50% dari bobot tubuh daging kambing. Hal ini yang menyebabkan kambing Boer menjadi pilihan sebagai jenis kambing tipe pedaging.

Bobot kambing Boer sangat tinggi

Selain memiliki kualitas daging yang baik dan persentase karkas yang tinggi, kambing Boer memiliki bobot tubuh yang tinggi yakni mencapai 80-90 kg untuk betina dan 120-150 kg untuk pejantan kambing Boer. Tentunya untuk bisa mencapai bobot yang tinggi dibutuhkan perawatan yang baik dan kontinyu.

Itulah pejelasan mengenai kelebihan kambing Boer yang perlu Anda ketahui. Semoga tulisanmengenai kelebihan-ternak-kambing-boer-lengkap dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih...




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Kelebihan Ternak Kambing Boer Lengkap"

Posting Komentar