3+ [Kelebihan Kambing Toggenburg] Lengkap


Kelebihan Ternak Kambing Toggenburg

Ternakkambing.com-Salah satu hal penting mendasar yang perlu kita ketahui untuk memulai usaha ternak kambing adalah mengetahui dengan baik jenis kambing apa yang akan kita budidaya. Banyak sekali jenis kambing yang ada didunia yang bisa dibudidayakan atau yang sudah mengalami domestikasi untuk dibudidayakan. Salah satu jenis kambing yang sudah mengalami domestikasi dan dibudidayakan adalah kambing Toggenburg. Dalam tulisan ini akan kami bahas mengenai kelebihan kambing Toggenburg.
Baca juga : 5+ Kelebihan Kambing Alpin Lengkap

Kambing Toggenburg


Kambing Toggenburg merupakan kambing yang telah berkembangbiak dan dibudidayakan di wilayah Toggenburg, Swiss. Kambing Toggenburg merupakan kambing hasil keturunan dari kambing Alpin yang berasal dari Inggris. Kambing Toggenburg merupakan salah satu jenis kambing tertua yang dibudidayakan untuk dimanfaatkan susunya. Kambing Toggenburg mulai dibudidayakan dan dimanfaatkan sejak tahun 1600. Lambat laut kambing Toggenburg tersebar ke berbagai wilayah di Antero dunia salah satunya Amerika. Kambing Toggenburg diprediksi tersebar sampai ke Amerika pada tahun 1853. Kambing Toggenburg juga merupakan salah satu tipe kambing perah yang dimanfaatkan susunya. Kambing Toggenburg masih memiliki gen induknya yakni kambing Alpin sehingga kambing Toggenburg merupakan kambing tipe perah.

Kelebihan Kambing Toggenburg


Kambing Togenburg merupakan keturunan dari kambing Alpin. Hal ini juga menandakan bahwa kambing Toggenburg memiliki sifat yang mirip dengan indukannya yakni kambing Alpin yang merupakan tipe kambing pperah. Akan tetapi, perlu kita ulas mengenai kambing Toggenburg karena tidak sepenuhnya sifat dari indukannya yakni kambing Alpin diturunkan semua ke kambing Toggenburg. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki kambing Toggenburg:

Kambing Toggenburg mampu memproduksi susu dalam jumlah banyak

Untuk satu kali masa laktasi, kambing Toggenburg mampu memproduksi susu dengan jumlah mencapai 600 kg. Untuk menghasilkan jumlah susu yang banyak, tentunya kita juga harus memperhatikan pakan berupa hiajaun yang berkualitas. Hal ini merupakan salah satu faktor penting karena hijauan mendukung produksi susu pada kambing perah.

Kambing Toggenburg bersifat produktif

Kambing Toggenburg sangat produktif. Pada usia 7-8 bulan betina kambing Toggenburg sudah mampu berproduksi. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri jika memilih kambing Toggenburg untuk dijadikan kambing perah karena setelah lepas sapih kita hanya perlu menunggu sekitar 10 bulan agar kambing bisa memproduksi susu. Hal ini lebih cepat dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.

Pakan Irit

Selain mampu memproduksi susu dalam waktu yang sangat dingkat, kambing Toggenburg juga memiliki keunggulan yakni konsumsi pakan yang irit. Bobot kambing Toggenburg baik betina maupun jantan rata-rat hanya 55 kg. Sementara persentase pakan kambing perhari adalah 10% berat tubuh kambing tersebut. Jadi, untuk 1 ekor betina Toggenburg hanya membutuhkan sekitar 5 kg pakan.

Demikian tulisan tentang kelebihan kambing Toggenburg. Semoga tulisan mengenai kelebihan kambing toggenburg dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya mengenai ternak kambing. Terima kasih...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3+ [Kelebihan Kambing Toggenburg] Lengkap"

Posting Komentar