4+ [Kelebihan Kambing Saanen] Lengkap Yang Penting Dipahami



Kelebihan Ternak Kambing Saneen


Ternakkambing.com-Ada banyak pilihan jenis kambing di dunia terutama di Indonesia. Di dunia ada lebih dari 25 jenis kambing yang dapat menjadi alternatif pilihan untuk budidaya. Sedangkan di Indonesia sendiri ada lebih dari 12 jenis kambing yang bisa menjadi pilihan untuk bididaya. Kita perlu cermat dalam memilih jenis kambing jika kita memang ingin memulai usaha pokok kambing kurban atau usaha sampingan dengan beternak kambing. Hal yang akan kami ulas dalam tulisan ini yaitu mengenai kelebihan kambing Saanen
Baca Juga : 5+ Kelebihan Kambing Alpin Lengkap

Kambing Saanen


Sebagian besar orang mungkin sudah sering mendengar mengenai istilah kambing Kacang atau Kambing Etawa. Akan tetapi, mungkin sedikit dari saudara kita yang sudah mendengar istilah atau nama kambing Saanen. Kambing Saanen adalah kambing yang tumbuh dan berkembang di daerah lembah Saanen di Swiss. Hal inilah yang melatarbelakangi istilah atau nama kambing Saanen. Kambing Saanen merupakan salah satu jenis kambing perah atau kambing penghasil susu setelah kambing Ettawa. Kambing Saanen mampu menghasilkan susu 3,8 liter perharinya. Kambing Saanen memiliki warna bulu dominan putih di seluruh tubuhnya. Kambing Saanen juga memiliki tanduk baik pejantan maupun betinanya. 

Kelebihan Kambing Saanen


Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki kambing Saanen yang penting untuk kita ketahui:

Kambing Saanen mampu memproduksi susu dalam jumlah banyak

Kambing Saanen tergolong jenis kambing perah atau penghasil susu. Dalam sehari kambing Saanen mampu memproduksi sebanyak 3,8 liter susu. Hal ini yang membuat orang tertarik untuk membudidayakan kambing Saanen sebagai pilihan untuk memproduksi susu kambing.

Kandungan lemak pada susu kambing Saanen sangat rendah

Apabila anda menginginkan susu dengan jumlah kandungan lemak yang rendah, maka susu kambing dapat menjadi pilihan bagi Anda terutama susu kambing Saanen. Susu kambing Saanen memiliki kandungan lemak yang sangat rendah yakni hanya 2,5% sampai 3%. Karena kandungan lemak yang sangat rendah inilah maka susu kambing terutama susu kambing Saanen sangat baik untuk kesehatan terutama orang dengan penyakit darah tinggi atau orang yang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Selain itu banyak juga manfaat susu kambing saanen untuk kesehatan yang akan diulas pada tulisan yang lainnya.

Kambing Saanen mengkonsumsi lebih sedikit makanan perharinya

Ukuran kambing Saanen tidak lebih besar dari kambing perah lainnya yakni kambing Ettawa. Kambing Saanen memiliki bobot sekitar 68-90 kg untuk pejantan dan 36-63 kg untuk betina. Ukuran yang kecil inilah yang berpengaruh terhadap konsumsi pakan dan hijauan perharinya. Karena ukurannya yang lebih kecil daripada kambing Ettawa maka keunggulan yang dimiliki kambing Saanen adalah konsumsi pakan yang lebih hemat. Secara matematis untuk mengetahui jumlah konsumsi pakan kambing per harinya adalah dengan mengalikan total bobot kambing dengan angka 30%. Maka hasil perkalian itulah angka konsumsi pakan yang perlu diberikan atau dikonsumsi kambing.

Kambing Saanen cenderung lebih tenang

Untuk menjalankan usaha budidaya peternakan, terkadang kita disibukkan oleh ternak kita yang agresif ataupun sulit untuk berperilaku tenang. Kambing Saanen merupakan jenis kambing yang memiliki karakter tenang untuk dipelihara. Pada habitat aslinya, kambing Saanen berasal dari dari yang beriklim sedang atau subtropis. Oleh karena kambing Saanen pada dasarnya memerlukan kondisi yang sejuk dan tidak perlu melakukan pergerakan, maka kambing Saanen cenderung bersifat tenang untuk mengurangi pembakaran kalori. Hal inlah yang menyebabkan kambing Saanen cenderung tenang dipelihara di daerah tropis seperti di Indonesia.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kambing Saanen yang perlu kita ketahui sebelum membudidayakan kambing Saanen. Sekian tulisan kali ini mengenai kelebihan kambing Saanen, semoga dapa bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk membaca tulisan kami yang lain. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ [Kelebihan Kambing Saanen] Lengkap Yang Penting Dipahami"

Posting Komentar