Kelebihan Kambing Boerawa Lengkap yang Penting untuk dipahami


Kelebihan Ternak Kambing Boerawa

Ternakkambing.com-Kambing merupakan jenis ternak yang sangat umum dipelihara oleh masyarakat di Indonesia. Umumnya, kambing diternakkan secara tradisional dan hanya sebagai sampingan. Akan tetapi, sekarang ini banyak orang yeng mulai membudidayakan kambing sebagai usaha utama. Bagi anda yang ingin memulai usaha ternak kambing, alangkah lebih baik anda memulai dengan memahami jenis-jenis kambing dan  kelebihannya. Dalam tulisan ini akan diuraikan mengenai kelebihan kambing Boerawa (Boer Etawa).
Baca juga : 4+ Kelebihan Ternak Kambing Boer Lengkap

Kambing Boerawa

Kambing Boerawa merupakan kambing hasil persilangan antara kambing Boer dan kambing Etawa. Tujuan awal dihasilkannya kambing Boerawa adalah untuk mendapatkan ternak kambing yang memiliki sifat dwiguna. Arti dwiguna disini adalah kambing Boerawa memiliki dua fungsi yaitu fungsi sebagai kambing pedaging dan kambing perah. Kambing pedaging adalah kambing yang dibudidayakan untuk diambil dagingnya karena memiliki kualitas daging yang bagus. Kemudian kambing perah adalah jenis kambing yang memiliki fungsi untuk diambil susunya.

Kelebihan Kambing Boerawa

Kambing Boerawa  merupakan keturunan kambing Boer dan Etawa. Indukan kambing Boerawa merupakan jenis kambing yang meemiliki kelebihan yang sangat berbeda. Kambing Boer memiliki fungsi sebagai kambing tipe pedaging, sementara kambing Etawa merupakan kambing yang berfungsi menghasilkan susu. Kambing Boerawa memiliki dua fngsi dari indukannya yakni dapat menghasilkan daging dengan kualitas bagus dan juga dapat menghasilkan susu dengan jumlah yang banyak hampir sama dengan kambing Etawa. Kambing Boerawa merupakan kambing unggulan yang dapat menjadi pilihan untuk dibudidayakan. Kambing Boerawa menjadi kambing primadona karena karakternya yang memiliki dua fungsi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan kambing Boerawa, mari simak di bawah ini. Berikut ini kelebihan-kelebihan kambing Boerawa :

Kambing Boerawa Mamapu Menghasilkan Susu yang Banyak

Kambing Boerawa merupakan kambing yang masih keturunan kambing perah yakni kambing Etawa. Hal ini berpengaruh terhadap kemampuan kambing Boerawa yaitu mampu untuk menghasilkan susu dalam jumlah yang banyak.

Kambing Boerawa memiliki Perawakan yang Besar

Kambing Boerawa merupakan keturunan dari dua jenis kambing unggul yaitu kambing Boer dan Etawa. Kambing Boer memiliki kualitas daging dan persentase karkas yang tinggi. Sementara kambing Etawa memiliki rangka yang tinggi dan panjang. Hasil persilangan ini menghasilkan kambing Boerawa yang memiliki postur tubuh yang tinggi dan panjang serta jumlah daging yang banyak. Kambing Boerawa memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari kambing Etawa. 

Kambing Boerawa mampu Menghasilkan jumlah daging yang Banyak

Kambing Etawa menghasilkan jumlah kambing yang banyak karena mewarisi sifat indukannya yakni kambing Boer. Jumlah karkas kambing Boerawa yakni mencapai 48-50 %. Kambing Boerawa juga memiliki bobot yang tinggi yakni mencapai 199-150 kg untuk kambing pejantannya. Maka, jika dirata-rata, daging yang mampu dihasilkan kambing Etawa pejantan besar dapat mencapai 75 kg.

Pertumbuhan Kambing Boerawa sangat cepat

Kambing Boerawa mampu tumbuh mencapai 0,17 kg/hari. Hal ini sangat efisien jika Anda menginginkan jenis ternak yang memiliki fungsi dwiguna, yakni pejantan mampu menghasilkan jumlah daging dengan jumlah banyak. Dan betina yang mampu menghasilkan susu dalam jumlah yang banyak.

Harga Jual Kambing Boerawa Tinggi

Jika dibandingkan dengan ternak lainnya, harga kambing Boerawa relatif lebih tinggi. Hal ini dikarenakan sifat unggul kambing Boerawa sehingga banyak orang ingin membeli kambing Boerawa untuk diternak.

Demikianlah pemaparan mengenai kelebihan kambing Boerawa yang penting untuk kita ketahui. Semoga tulisan mengenai Kelebihan Kambing Boerawa Lengkap yang Penting untuk dipahami dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian tulisan ini, terima kasih.
Tulisan terkait : 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelebihan Kambing Boerawa Lengkap yang Penting untuk dipahami"

Posting Komentar