5+ Kelebihan Kambing Alpin Lengkap



Kelebihan Ternak Kambing Alpin


Ternakkambing.com-Di Indonesia ada banyak sekali jenis kambing yang dapat dibudidayakan. Terkadang kita bingung untuk memilih jenis apa yang cocok untuk kita budidayakan. Apalagi jika dihadapkan dengan banyaknya pilihan dan juga kelebihan-kelebihan yang dimiliki masing-masing kambing. Lebih baik lagi jika kita mengetahui masing-masing kelebihan jenis kambing dengan sangat baik. berikut penjelasan mengenai kelebihan kambing Alpin yang dapat menjadi pilihan ternak Anda.
Baca juga : 4+ Kelebihan Ternak Kambing Boer Lengkap

Kambing Alpin


Kambing Alpin adalah kambing asli yang berasal dari pegunungan Alpen di Swiss. Akan tetapi, kambing Alpin menyebar di seluruh dataran di Eropa.  Kambing Alpin banyak diternakkan di Amerika Serikat. Kambing Alpin rata-rata memiliki warna bulu putih kekuning-kekuningan, hitam , coklat, kemerah-merahan atau warna tebing bahkan banyak juga warna kobinasi dari warna-warna yang ada di atas. Kambing Alpin berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan kambing Swiss asli. Hal ini yang menjadi salah satu kelebihan kambing Alpin untuk bididaya. 

Kelebihan Kambing Alpin


Kelebihan atau keunggulan jenis ternak dapat dikatakan menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan seorang peternak dalam menjalankan usaha ternaknya. Hal ini penting untuk diperhatikan oleh kita apabila kita ingin memulai usaha budidaya ternak. Sebagai contoh disini, jika kita ingin usaha budidaya ternak dan mendapatkan hasil berupa daging kambing, maka janganlah kita memilih jenis kambing peranakan Etawa sebagai pilihan jenis ternak kita. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika kita memilih jenis kambing tipe pedaging seperti kambing Boer sebagai pilihan. Oleh karena itu, dalam tulisan ini akan dibahas mengenai kelebihan salah satu kambing favorit yang biasa diternak yaitu kambing Alpin.

Ada beberapa kelebihan kambing Alpin sebgai alternatif pilihan ternak untuk budidaya. Berikut ini beberapa kelebihan kambing Alpin yang perlu diketahui:

Kambing Alpin memiliki ukuran tubuh yang besar

Kambing Alpin merupakan salah satu kambing yang memiliki ukuran tubuh yang besar jika dibandingkan dengan jenis kambing lainnya. Kambing Alpin jantan dapat mencapai ukuran 34-40 inci saat berdiri. Sedangkan pada kambing Alpin betina memiliki ukuran atau postur tubuh yang juga besar yakni tidak kurang dari 30 inchi saat berdiri. Inilah salah satu keunggulan yang dimiliki kambing Alpin sehingga banyak masyarakat memilih kambing Alpin sebagai pilihan ternak mereka.

Kambing Alpin Memiliki Bobot Tubuh yang tinggi

Selain memiliki ukuran tubuh yang tinggi dana besar, berat kambing Alpin juga tinggi. Untuk kambing Alpin pejantan sendiri memiliki ukuran berat yang tidak kurang dari 170 kg. Sedangkan pada kambing Alpin betina dapat mencapai berat tubuh tidak kurang dari 135 kg pada betina dewasa. Kambig Alpin menjadi salah satu primadona pilihanpar peternak untuk dibudidayakan dan dmanfaatkan sebagai kambing pedaging

Kambing Alpin Memiliki Kemampuan Adaptasi yang Bagus

Selain memiliki ukuran yang tinggi, besar dan juga memiliki bobot tubuh yang tinggi kambing Alpin juga merupakan kambing yang bersifat adaptif atau memiliki sifat yang mampu bertahan atau beradaptasi pada kondisi atau cuaca tertentu. Kambing Alpin dapat dengan meudah menyesuaikan dengan kondisi dan lingkungan apapun baik kondisi wilayah tersebut beriklim tropis maupun sedang.


Kambing Alpin Merupakan Salah Satu Favorit Konsumen

Kambing Alpin yang memiliki ukuran tubuh yang besar juga memiliki kemampuan pertumbuhan yang cepat. Hal ini berpengaruh terhadap kualitas kambing Alpin. Kambing Alpin cenderung memiliki kualitas daging yang empuk, oleh karena itu tidak heran jika masyarakat menyukai kambing Alpin untuk dikonsumsi dengan dimasak menjadi steak dan sebagainya.

Itulah tadi ulasan mengenai kelebihan-kelebihan kambing Alpin yang penting untuk kita ketahui. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat terutama bagi pembaca dan penulis. Sekian artikel kali ini mengenai kelebihan-kambing-alpin-lengkap, terimakasih telah mau membaca tulisan ini. Jangan lupa membaca tulisan-tulisan lainnya mengenai ternak kambing. Sampai jumpa...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5+ Kelebihan Kambing Alpin Lengkap"

Posting Komentar